Trik Jitu Membangun Relasi Yang Baik Dengan Supplier

Sebagai retailer, hubungan yang baik tidak hanya dilakukan dengan konsumen saja, tetapi harus juga membangun relasi yang baik dengan supplier. Hal ini penting karena supplier merupakan penyedia produk yang membuka jalan keuntungan bagi Anda sebagai retailer. Jika korelasi Anda dengan supplier baik, maka akan lebih gampang bagi Anda untuk mencari keuntungan. Sebagai rujukan, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, pengiriman yang lebih cepat, atau prioritas lainnya yang menguntungkan Anda. Lalu, bagaimana cara membangun korelasi yang baik dengan supplier?

Pada dasarnya, hubungan akan terbangun dengan baik bila kedua pihak sama-sama tahu posisi masing-masing kemudian masing-masing pihak menjalankan kewajiban yang sesuai dengan posisinya tersebut sehingga masing-masing pihak mendapatkan haknya. Sebagai retailer, Anda harus menjalankan kewajiban Anda terhadap supplier dengan baik sehingga hak-hak andapun akan dipenuhi oleh supplier.

Kewajiban Anda yang pertama yaitu menyampaikan gosip yang cukup dan benar perihal perjuangan Anda kepada supplier. Masing-masing supplier memiliki kebijakan tersendiri wacana info apa saja yang mereka butuhkan. Oleh lantaran itu, berikanlah info sesuai dengan apa yang diperlukan. Pastikan info yang Anda berikan benar biar semua berjalan lancar. Jangan berusaha untuk menipu sebab kebenaran pada kesannya akan terbongkar dan justru akan membuat Anda di blacklist.

Kewajiban kedua ialah mengikuti aturan yang dipersyaratkan oleh supplier. Perhatikanlah semua aturan dengan detail, jangan hingga ada yang Anda tubruk. Pelanggaran terhadap aturan sanggup mengakibatkan supplier membatasi korelasi dengan Anda atau bahkan memutuskan korelasi. Perhatikanlah aturan-aturan yang bersifat sensitif mirip harga jual, cara promosi, dan pembayaran.

Ada beberapa supplier yang menawarkan kebebasan pada retailer untuk menentukan harga jual, namun ada juga yang sudah menentukan harga jual tertentu dan memperlihatkan persentase keuntungan pada retailer. Untuk jenis kedua ini, Anda harus berhati-hati jangan hingga merubah harga jual seenak Anda. Jika Anda ingin merubah harga jual, termasuk bila ingin menawarkan diskon, harus berkonsultasi dahulu dengan pihak supplier.

Aturan promosi juga bisa berbeda antara supplier satu dengan lainnya. Ada beberapa supplier yang sangat memperhatikan bagaimana produknya dipromosikan. Supplier tersebut menciptakan aturan yang detail mulai dari media daerah berpromosi, cara berpromosi, bahkan hingga pemilihan kata untuk berpromosi. Jadi, pastikan Anda mengikuti petunjuknya dengan benar.

Lakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian. Ada beberapa supplier yang mengatakan tenggat waktu tertentu bagi para retailer terpercaya untuk membayar tagihan. Agar kepercayaan supplier pada Anda terjaga, pastikan Anda tidak melampaui tenggat waktu yang ditetapkan. Selalu ingat bahwa problem uang ialah duduk perkara sensitif dan juga besar lengan berkuasa pada kelangsungan usaha supplier.

Jika Anda mengalami masalah, kurang nyaman, atau ada sesuatu yang tidak Anda mengerti, segeralah berkomunikasi dengan supplier Anda. Supplier yang baik yakni supplier yang terbuka dan mau mengkomunikasikan semua duduk kasus hingga didapatkan titik temu terbaik. Namun, perhatikanlah sopan-santun dalam berkomunikasi biar tidak menyakiti dan komunikasi berjalan dengan baik.

Tinggalkan komentar