Tips Dan Strategi Marketing Instagram Agar Brand Berkembang

Tips dan Strategi Marketing Instagram Bagaimana caranya agar merk bisnis di Instagram jadi berkembang? Adakah tips dan strategi marketing Instagram khusus biar hal tersebut tercapai?

Jawabannya ada pada ulasan berikut ini. Simak sampai habis apa saja tips dan strategi marketing Instagram untuk mengembangkan merk Anda, jangan hingga ada yang terlewat!

Manfaatkan tools dan fitur gratis

Berbagai aplikasi dan tools hadir untuk mempermudah aktivitas Anda dalam Instagram. Aktivitas pun semakin mudah dan waktu luang Anda pun semakin bertambah. Lebih baik lagi, ternyata banyak lho tools yang tidak berbayar alias gratis.

Jika Anda menggunakan akun Instagram khusus bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur Insights. Fitur tersebut memberikan informasi terkait impression (tayangan) serta engagement (keterlibatan).

Melakukan cross-promote konten

Salah satu tips dan strategi marketing Instagram yang mudah dilakukan adalah cross-promote konten Instagram Anda. Artinya, setiap kali memposting konten, promosikan konten tersebut pada akun-akun media sosial yang Anda miliki. Hal ini dapat meningkatkan jumlah followers, lho.

Tips dan strategi marketing Instagram agar followers tak berkurang: hindari kebanyakan posting!

Terlalu banyak posting sebenarnya kurang baik. Hal ini dapat membuat followers Anda jenuh dan malah berhenti mem-follow akun. Hal ini dapat menantang, terutama jika Anda belum mengetahui waktu posting yang ideal bagi audiens Anda.

Cobalah lakukan tes ini untuk melihat respon audiens Anda: coba untuk posting dua kali dalam sehari, lalu bandingkan kedua waktu tersebut. Carilah waktu dengan tingkat engagement atau keterlibatan followers yang lebih tinggi.

Senantiasa berinteraksi dengan followers

Interaksi dengan followers adalah kunci! Sebisa mungkin, jalinlah interaksi dengan followers Anda.

Sempatkan untuk membalas komentar followers pada postingan Anda. Anda juga dapat menjalankan proses interaksi untuk menarik followers baru. Misalnya saja, dengan membuat caption berisikan ajakan interaktif seakan-akan “tag 3 orang sobat kamu yang bakal suka ini”.

Bikinhashtag yang dapat meningkatkan engagement

Hashtag dapat meningkatkan engagement. Buatlah hashtag yang dapat digunakan customer untuk memposting foto mereka dengan produk Anda. Setelah itu, gunakan hashtag tersebut untuk mencari foto-foto customer dengan produk merk Anda. Kemudian, repost foto-foto tersebut!

Hal ini dapat mendatangkan dua keuntungan. Pertama, makin banyak customer yang posting foto produk Anda dengan memakai hashtag tersebut karena mereka ingin ditampilkan di feeds Anda. Kedua, setiap kali seseorang memposting hashtag tersebut, nama perusahaan dan nama produk Anda akan terekspos ke followers orang tersebut. Lumayan untuk promosi gratis, bukan?

Kehabisan ide? Boleh repurpose konten, kok!

Sudah kehabisan ide untuk buat konten baru? Repurpose konten saja! Istilah repurpose sendiri berarti mengadaptasi sesuatu untuk dipakai dalam tujuan yang berbeda.

Anda bisa me-repost gambar orang lain, kemudian memberi caption sesuai dengan kebutuhan Anda. Eits, tentunya Anda harus memberikan kredit kepada kreator asli konten tersebut. Tag dan sebutkan kreatornya di caption.

Kreativitas: bumbu utama konten yang ‘yummy’

Konten yang kreatif dan unik akan terlihat lebih menarik. Buatlah konten yang out of the box alias tidak biasa. Lakukan brainstorming dengan tim serta memperhatikan tren yang sedang happening yaitu beberapa cara untuk memunculkan pandangan gres kreatif.

Mengaplikasikan tips dan strategi marketing Instagram baiknya berbarengan

Yap, supaya hasil lebih maksimal, aplikasikan seluruh tips di atas. Anda juga perlu telaten, alasannya hasil yang baik tak didapatkan secara instan. Butuh kerja cerdas dan ketekunan.

Bagaimana, sudah menyimak sampai habis? Penasaran kah dengan informasi-informasi lainnya seputar Instagram marketing? Mudah saja, tinggal baca artikel-artikel ter-update lainnya dari Mebiso.

Selamat belajar, selamat berbisnis!

Baca artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/280964

Tinggalkan komentar