Tips Ampuh Meningkatkan Pendapatan Dan Menghemat Pengeluaran

Tips Ampuh Meningkatkan Pendapatan dan Menghemat Pengeluaran – Apakah Anda termasuk orang yang suka shoping di mall atau super market? Makan malam di sebuah restoran ternama? Atau sering mengadakan pesta bersama sahabat –sobat atau rekan kerja Anda? Jika jawabanya “iya”, maka hati – hatilah! Bisa jadi Anda termasuk seorang pemboros.

Orang yang hidup boros akan selalu merasa kekurangan. Hal itu alasannya uang yang dimilikinya cepat habis dan tidak tersisa. Akibatnya, honor atau penghasilanya selama satu bulan habis dalam hitungan minggu atau bahkan hari.

Faktor Penyebab Perilaku Boros. Ada banyak faktor penyebab orang berperilaku boros, antara lain:

1. Tidak Memiliki Perencanaan yang Baik

Ada pepatah menyampaikan “perencanaan yang baik yakni setengah dari keberhasilan”. Artinya, bila kita mempunyai suatu peran yang harus kita jalankan dan selesaikan, maka kita harus membuat suatu planning yang baik dan matang. Setelah itu, kita gres bisa bekerja dan mennyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan perencanaan yang telah kita susun sebelumnya.

Orang yang hidup boros biasanya dia tidak memiliki planning keuangan yang baik, sehingga berapapun uang yang masuk ke kantong atau tabungan di awal bulan akan sering habis sebelum satu bulan.

2. Gaya Hidup Konsumtif

Orang yang boros sering termakan untuk membeli benda atau barang – barang yang sesungguhnya kurang dia butuhkan. Ketika jalan – jalan ke mall dan melihat ada sepatu, sandal, jam tangan atau baju dengan diskon harga 50% samapi 70%, maka dia tidak akan ragu –ragu untuk membelinya. Padahal ia mempunyai baju, sepatu, sandal dan jam tangan di rumah yang masih anggun dan jarang ia pakai.

3. Rasa Ingin Pamer dan Menjaga Gengsi

Setiap orang mempunyai sifat ingin dipuji dan disanjung serta menjaga gengsi dihadapan orang lain.

Namun kalau sifat tersebut berlebihan, maka akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Orang yang suka pamer dan terlalu menjaga gengsi akan di cap jelek oleh sahabat – temannya atau orang lain.

Orang yang suka pamer akan menghambur- hamburkan uangnya untuk membeli pakaian, sepatu, aksesoris dan barang – barang yang bekerjsama kurang dia perlukan. Rasa ingin pamer dan gengsi terbukti telah menyedot uang yang ia miliki.

Ketiga faktor itulah yang menyebabkan seseorang sulit untuk mendapat gaji atau penghasilan yang tinggi. Disamping itu, bila tiga sikap negatif diatas tidak bisa kita hilangkan maka pengeluaran akan terus membengkak dan kita sulit untuk menghemat pengeluaran.

Cara Mengatasi Sifat Boros

Ada beberapa cara supaya kita terhidar dari sikap boros, antara lain:

Membuat Rencana Anggaran Belanja

Buatlah daftar belanja yang akan Anda kita beli setiap bulan. Hal ini penting supaya Anda tahu berapa banyak uang yang kita habiskan tiap bulan. Jika ternyata bulan ini belanja Anda lebih banyak dari anggaran yang kita buat, maka bulan depan Anda bisa mengurangi beberapa pengeluaran yang terlalu besar.

Jangan Mudah Tergiur oleh Harga Diskon dan Promo

Jika Anda pergi ke mall maka Anda akan melihat banyak sekali barang dengan harga murah dan diskon menarik. Jangan tergiur! Dan pastikan Anda hanya membeli barang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Kurangi Perawatan yang Kurang Bermanfaat

Jika selama ini Anda pergi ke salon lima kali sebulan untuk perawatan rambut dan tubuh, mungkin kini inilah saatnya Anda harus mengurangi frekuansinya. Cukup satu kali atau dua kali sebulan Perawatan tubuh memang perlu tapi kalau Anda tidak bisa mengontrolnya maka akan berakibat membengkaknya pengeluaran Anda tiap bulan.

Kendalikan Nafsu dan Gengsi Anda

Apakah Anda sering makan malam bersama keluarga? Atau Anda sering mentraktir sahabat – sobat sekantor makan siang? Jika “iya” maka Anda perlu menguranginya.

Makan malam bersama keluarga itu penting, mampu terjalin kebersamaan dan keharmonisan dalm keluarga. Namun, jikalau sering dilakukan diluar rumah itu akan mengakibatkan duduk perkara finansial.

Buatlah jadwal kapan Anda harus makan bersam keluarga di rumah dan makan malam di luar rumah (restoran atau rumah makan) bersama keluarga.

Mentraktir sahabat atau rekan sekantor bisa menjaga kekompakan kerja dan menambah keakraban di kantor, namun Anda harus bisa mengatur waktu. Jangan hingga lantaran gengsi atau ingin di cap dermawan oleh sahabat – sobat, Anda kehilangan kontrol dalam mentraktir sahabat-sobat.

Jangan jadikan gengsi sebagai alasan untuk Anda menghabur-hamburkan uang.

Bawalah Uang Secukupnya Ketika Belanja.

Jika Anda benar-benar ingin terbrbas dari penyakit boros ini, maka cara yang satu ini harus benar-benar Anda praktekkan.

Bawalah uang secukupnya dalam dompet atau saku Anda ketika Anda ingin belanja di Mall. Jika Anda membawa uang yang banyak, kemungkinan Anda akan tergiur untuk membeli barang – barang yang kurang Anda butuhkan.

Membuat Skala Prioritas Kebutuhan Anda

Anda harus selektif ketika belanja. Pastikan bahwa barang yang Anda masukan kedalam keranjang belanja yaitu barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Penuhi dahulu barang-barang yang menjadi kebutuhan primer Anda. Untuk kebutuhan sekunder(kebutuhan penunjang) gres kita penuhi bila masih ada uang yang tersisa di tamat bulan.

Memiliki Impian untuk Meraih sesuatu

JIka Anda mempunyai suatu harapan maka Anda akan mempunyai motivasi yang kuat untuk meraihnya.

Misalkan Anda mempunyai keinginan memiliki Mobil beru dengan brand ternama pada tahun depan, maka sejak kini Anda akan berjuang keras menghemat dan menabung supaya uang yang Anda tabungkan bisa terkumpul dan tahun depan harapan mempunyai kendaraan beroda empat gres bisa terwujud.

Ingatlah selalu akan impian Anda tersebut supaya Anda lebih berhati- hati dalam memakai uang Anda.

Hilangkan Kebiasaan Buruk Anda

Apakah Anda seorang perokok berat?

Tahukah Anda kalau dengan berhenti merokok maka Anda mempunyai peluang yang besar untuk menjadi kaya? Jika satu hari Anda menghabiskan satu bungkus bungkus rokok dan satu bungkus mempunyai harga Rp. 10.000,- maka Anda telah menyia – nyiakan uang Anda sebesar Rp 3.600.000,- per tahunya.

Padahal dengan uang sebanyak itu Anda bisa gunakan untuk belanja aneka macam kebutuhan pokok menyerupai beras, susu, gula, minyak, bensin dan lain sebagainya.

Manfaat yang lainnya, jantung, peru – paru dan tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar tanpa menghisap rokok.

Jika cara – cara diatas Anda terapkan dengan baik dan secara rutin, maka Anda akan merasa heran dan bahagia alasannya ternyata Anda bisa menghemat uang Anda ratusan ribu bahkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Trik Meningkatkan Pendapatan

Dari waktu ke waktu kebutuhan insan selalu bertambah banyak. Harga kebutuhan pokok mirip sembako dan bahan bakar minyak (BBM) yang mengalami kenaikan tajam mengakibatkan kenaikan harga barang kebutuhan lainnya.

Sedangkan pendapatan atau honor Anda belum tentu naik dari honor sebelumnya. Untuk itu Anda perlu mengasah kecerdasan Anda dalam mengelola keuangan.

Jika Anda merasa sudah tidak memilki sifat boros namun masih belum bisa hidup berkecukupan dan mapan, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk meningkatkan penghasilan Anda selama ini.

Hal ini penting terutama bagi Anda seorang Pria yang sudah memliki keluarga . Anda mempunyai kewajiban untuk menafkahi istri dan anak-anak Anda. Anda dituntut untuk sanggup mensejahterakan keluarga Anda.

Trik Jitu Meningkatkan Penghasilan

Berikut ini aneka macam cara yang bisa Anda tempuh untuk menaikkan penghasilan Anda antara lain:

1. Mengajukan Kenaikan Gaji Kepada Pimpinan

Jika Anda seorang karyawan di sebuah perusahaan dan telah bekarja bertahun – tahun di kantor tersebut, maka tidak Ada salahnya Anda menghadap ke pimpinan dan meminta kenaikan honor yang lebih layak dari sebelumnya.

Terlebih bila Anda merasa bahwa hasil pekerjaaan Anda bagus dan memuaskan, maka sudah sewajarnya jikalau pimpinan menaikkan honor atau upah Anda.

2. Keluar dan Mencari Pekerjaan yang Lebih Layak

Jika Anda merasa gaji Anda kurang layak dan tidak sesuai dengan prestasi Anda di perusahaan dikala ini, dan pimpinan menolak untuk menaikkan honor Anda, maka mungkin lebih baik Anda mencari tempat kerja yang lain.

Pastikan bahwa perusahaan gres yang akan Anda tempati nanti memberikan honor yang lebih pantas dari perusahaan Anda yang sebelumnya.

3. Mencari Peluang Usaha Sampingan yang Menghasilkan

Jika penghasilan Anda ketika ini kurang memuaskan bagi Anda, memilih dan mempunyai pekerjaan sampingan bisa menjadi alternative yang tepat bagi Anda.

Disamping mendapat uang yang tidak sedikit, pekerjaan sampingan biasanya bisa dikerjakan setelah Anda pulang dari kantor atau sehabis pekerjaan utama Anda selesaikan.

Pekerjaan sampingan juga bermanfaat untuk menggali potensi atau talenta keahlian Anda yang lainnya.

Walaupun gajinya kadang lebih kecil dibanding upah pekerjaan pokok, kerja sampingan sangat membantu menopang kondisi perekonomian keluarga Anda.

Bagi Anda yang memiliki profesi sebagai guru atau dosen, mungkin Anda bisa mencoba mencari pekerjaan sampingan menjadi seorang penulis cerpen atau penulis rubrik di sebuah surat kabar.

Jika Anda yang ketika ini menjadi karyawan swasta, Anda bisa mencoba untuk menggeluti bidang pemasaran suatu produk yang akan memberikan Anda bonus komisi yang menarik.

4. Mendapatkan Uang dari Hobi

Hobi bukan sekedar kegiatan yang menyenangkan. Jika kita bisa mengelolanya maka bukan mustahil kita bisa memperoleh banyak uang darinya. Jika Anda memliki hobi memasak, maka Anda bisa membuat buku ihwal kumpulan resep masakan.

Jika Anda mempunyai hobi memancing, maka Anda bisa mengarang buku tentang trik jitu memancing. Jika Anda mempunyai talenta menciptakan kerajiana tangan, maka Anda bisa memberikan hasil kreasi Anda tersebut kepada sahabat- sahabat atau Anda tawarkan di sosial media. Di samping mendapat uang, Anda juga bisa memperoleh banyak sobat baru.

5. Menjadi Seorang Makelar

Cara ini membutuhkan keahlian dalam komunikasi dan keahlian memberikan barang. Anda bisa mencari pemilik toko atau pemilik usaha dan tawarkan kepadanya jasa Anda untuk membantu menjualkan barang atau produknya. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh uang tanpa harus mengeluarkan modal uang sedikitpun.

6. Membuka Usaha atau Bisnis Kecil – Kecilan

Usaha ini sangat cocok bagi Anda, terutama bagi ibu rumah tangga yang memilki waktu luang di rumah. Anda bisa memulainya dengan modal dibawah Rp 500.000,- seperti membuka warung soto di depan rumah, memanfaatkan garasi rumah untuk membuka bengkel atau jasa pengetikan dan rental komputer.

7. Membuka Usaha secara Online

Cara memilki penghasilan secara online membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam bidang tehnologi dan informatika, juga keahlian dalam mengelola website.

Namun, dengan cara ini Anda mampu menjual barang apapun ibarat pakaian, sepatu, aksesoris, kendaraan beroda empat, dan berbagai barang lainnya. Usaha online juga sangat menghemat waktu Anda. Hal itu dikarenakan bisnis online bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun Anda berada.

8. Membuka Jasa Pelatihan

Jika Anda mempunyai keahlian memainkan gitar, Anda bisa membuka privat atau kursus bermain gitar. Jika Anda seorang penulis, maka Andapun bisa membuka sebuah kursus atau pelatihan penulisan.

9. Membuka Kos – Kosan dan Kontrakan

Jika Anda mempunyai rumah yang luas, Anda bisa menjadikan beberapa bagiannya sebagai kos atau kontrakan. Dengan demikian Anda bisa memperoleh uang tanpa Anda mengeluarkan tenaga dan biaya. Bahkan beban listrik dan air akan lebih ringan karena ada orang lain yang ikut membantu membayarnya.

Menabung dalam Bentuk Deposito di Bank

Tahukah Anda, dengan Menyisihkan 10% dari honor Anda setiap bulan bisa membuat Anda kaya dan hidup dengan hening dimasa pensiun? Coba kita hitung, misalkan setiap bulan Anda mendapat penghasilan sebesar Rp 5.000.000, maka dalam waktu sepuluh tahun Anda telah memiliki dana tabungan sebesar Rp 60.000.000,- (enam puluh juta).

Wauw, bukankah ini jumlah yang besar. Menabung dan menyimpan sebagian uang Anda di bank dalam bentuk deposito akan memudahkan Anda dalam mewujudkan harapan – harapan Anda. Selain lebih aman, menabung dalam bentuk deposito di bank juga lebih menguntungkan Anda alasannya deposito Anda tidak akan dikenai biaya perbulannya.

Menabung Koin dalam Celengan

“sedikit-dikit lama- lama menjadi bukit” itulah peribahasa yang cocok untuk trik yang satu ini. Anda sering mendapatkan uang kembalian setelah belanja? Nah, uang tersebut bisa Anda masukkan ke dalam celengan.

Menabung di celengan juga bisa Anda jadikan kebiasaan atau rutinitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Jika Anda ‘memaksakan diri’ untuk memasukkan uang Rp 2.000 maka dalam waktu satu tahun celengan Anda akan terisi uang sebesar Rp 720.000 . Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli beberapa kebutuhan Anda.

Belanja dengan Cara Kredit

Belanja dengan sistem pembayaran secara angsuran atau kreditl sanggup memudahkan kita mempunyai barang dengan cara yang praktis dan tidak terlalu membebani keuangan kita. Beberapa barna yang bis dibeli dengan kredit antara lain: rumah, kendaraan dan beberapa barang elektronik. Membeli dengan sistem angsuran sering juga disebut menabung lewat barang.

Ikuti Arisan

Anda ingin punya kendaraan beroda empat tapi tidak punya cukup uang? Mengapa tidak mencoba ikut arisan kendaraan beroda empat saja? Disamping lebih gampang, arisan kendaraan beroda empat juga memberikan beberapa akomodasi kepada para anggota atau peserta arisan, antara lain: tanpa bunga dan angsuran perbulan lebih murah dari pada membeli kendaraan beroda empat secara kredit.

Selain arisan kendaraan beroda empat, beberapa perusahaan swasta juga banyak memperlihatkan program arisan rumah, arisan motor dan lain sebagainya.

Namun demikian, Anda perlu lebih berhati – hati sebelum memutuskan untuk mengikuti suatu arisan motor, kendaraan beroda empat atau arisan rumah. Pilih dan ikutilah arisan yang diadakan oleh lembaga atau perusahaan yang terpercaya. Anda harus menguatkan tekat untuk hidup lebih hemat demi menggapai masa depan yang lebih cerah.

 

 

Sumber artikel edubisnis.net

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Memperlancar Cashflow untuk Keuangan UKM

Everything Rises and Falls on Leadership

Cara Menjadi Kaya Melalui Affiliate Marketing

Tinggalkan komentar