Tim Denning: “Bisnis Itu Tidak Hanya Sekedar Menghasilkan Uang Yang Banyak!”

Bisnis dikatakan sukses jikalau sebanding dengan uang yang dihasilkan. Hal tersebut memang benar. Tetapi, tidak sepenuhnya benar. Bisnis juga terkait akrab dengan hal lainnya. Seperti: menolong orang lain, membuat peluang dan mempertahankan nilai-nilai tertentu.

Banyak yang mengira bahwa dengan membuat banyak uang dari sebuah bisnis, maka seorang entrepreneur akan dikatakan sukses. Padahal, berdasarkan Tim Denning founder website Addicted2success, entrepreneur yang sukses ialah yang mampu melohat hal-hal yang jauh lebih besar dan berarti dari hanya sekedar uang.

Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mempelajari beberapa alasan penting yang Anda harus ketahui sebelum menjalankan sebuah bisnis.

1. Persiapan dan tahan banting

Persiapan membangun bisnis tidak semudah menghidupkan mobil kemudian mengendarainya untuk berkeliling. Menjalankan sebuah bisnis, diawali dengan persiapan yang matang. Persiapan ini berupa persiapan ide, seni manajemen bahkan mental. Sebab perjalanan sebagai seorang entrepreneur itu sangat berliku. Naik turunya bisa saja sangat ekstrem. Tak jarang alasannya yaitu hal ini banyak orang kemudian menyerah dan mengubur mimpinya untuk menjadi entrepreneur. Makara, buatlah persiapan yang matang dan ingat untuk mempersiapkan mental Anda sebelum tetapkan menjadi entrepreneur.

2. Cintai kehidupan Anda

Banyak yang bertanya kepada Tim Denning mengenai alasannya untuk tetap mempertahankan beberapa websitenya secara gratis. Ia hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan kalem. Ia mengatakan bahwa semua yang ia lakukan lantaran kecintaan Tim pada kehidupannya. Ia mengasihi tiap detail yang ia lakukan. Ia sering menanyakan kepada dirinya: “Apakah saya mengharapkan sesuatu dari apa yang saya lakukan kepada orang lain?”, “Sudahkah saya berbahagia terhadap diri saya yang kini?”. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini ia yakini bisa membawanya kepada kesadaran berbisnis yang baik. Bahwa, berbisnis itu dimulai dari menyayangi diri sendiri, kehidupan dan banyak pihak lainnua yang membantu Anda membesarkan bisnis

3. Kebiasaan baik setiap hari

Membesarkan perjuangan layaknya membesarkan diri Anda sendiri. Banyak hal yang harus rutin Anda periksa. Mulai dari apa yang Anda makan, apa yang Anda pikirkan, kapan waktu Anda bersama keluarga dan siapa saja sahabat-sahabat Anda. Semua aspek ini sangat kuat terhadap perkembangan diri dan bisnis Anda. Tim menyampaikan bahwa ia kini rutin melaksanakan kebiasaan-kebiasaan baik setiap harinya. Dimulai dari rutin mengkonsumsi masakan sehat, menyediakan waktu bersama keluarga, tidur tidak lebih dari jam 10 malam sampai berteman hanya dengan orang-orang yang berpikiran faktual. Hal ini menurutnya sangat besar lengan berkuasa terhadap diri dan karir bisnisnya. Sudahkah Anda memulai kebiasaan baik ini?

4. Zona Nyaman

Tim selalu tertawa bila membahas mengenai zona nyaman. Ia mengingat beberapa pengalaman masa lalunya mengenai hal ini. Bahkan, sebab keinginannya yang kuat untuk keluar dari zona nyaman ia pernah melaksanakan hal-hal memalukan. Tetapi, ia berpesan bahwa bagaimana Anda menjalankan kehidupan Anda sehari-hari sangat berpengaruh terhadap tumpuan yang Anda gunakan dalam berbisnis. Jika Anda menyukai zona nyaman, maka dapat dipastikan Anda akan terjebak dalam tumpuan-contoh bisnis  di zona nyaman. Ini berarti, sulit untuk menemukan peluang bisnis Anda akan besar. Namun, bila Anda terbiasa untuk menantang diri Anda keluar dari zona nyaman ini, maka Anda berkemungkinan bisa mengeksplorasi banyak hal di bisnis Anda tanpa rasa takut untuk salah dan gagal. Inilah yang sebetulnya dibutukan oleh seorang entrepreneur.

5. Percayalah kepada diri Anda

Masih ingat dengan lirik lagu Mariah Carey, “Hero”. Di lagu itu tertulis lirik yang sangat pas dengan poin terakhir ini, “There’s a hero if you look inside your heart. You don’t have to be afraid of what you are.”. Percayalah kepada diri Anda. Itulah juga yang dipercayai oleh Tim. Ia mengatakan bahwa kepercayaan diri seorang entrepreneur kepada dirinya akan mengantarkan banyak orang-orang hebat lainnya untuk mau menjalin kerjasama. “No one is going to join your team unless they believe that you believe.”. Poin terakhir ini sekaligus mengingatkan setiap entrepreneur untuk fokus melihat ke dalam dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum sibuk mencari-cari hal di luar dirinya.

Sekarang, masihkah Anda memikirkan uang sebagai hal utama di bisnis Anda?

Tinggalkan komentar