Tiga Olahraga Yang Punya Potensi Bisnis Menjanjikan

Indonesia termasuk negara dengan penduduk terbanyak di dunia, menempati posisi ke empat dengan jumlah 264 juta jiwa di tahun 2018, berdasarkan data dari Bank Dunia. Dengan jumlah itu dominan penduduk Indonesia juga sangat menyayangi dunia olahraga, salah satu yang favorit yaitu sepak bola.

Sepak Bola menjadi olahraga yang paling dicintai masyarakat, terbukti dengan selalu penuhnya stadion saat tim nasional berlaga, maupun klub-klub Liga 1 berlaga. Namun, apa benar hanya sepak bola saja yang menjadi favorit lain dari masyarakat ?.

Tulisan kali ini akan membahas olah raga apa saja yang diminati oleh masyarakat. Dan jangan salah, olahraga juga bisa manjadi potensi bisnis besar yang bisa kamu manfaatkan. Fanatisme pendukung klub-klub bisa kamu jadikan potensi bisnis baru. Berikut olahraga apa saja yang bisa kamu jadikan peluang bisnis.

Sepak Bola

sepkabola dengan potensi luar biasa (source : unsplash.com)

Sejak masa ke-20 Indonesia sudah mempunyai klub sepak bola, Mulai dari PSM Makassar yang didirikan pada tahun 1915, Persebaya tahun 1927, dan Persija pada tahun 1928. Lebih dari 100 tahun bangsa kita mengasihi sepak bola.

Tingkat pertisipasi masyarakat di olahraga sepakbola pun menjadi nomer satu di Indonesia. Dalam satu pertandingan sepak bola bisa dihadiri oleh lebih dari 70 ribu orang, belum lagi mereka yang menonton melalui layar beling.

Potensi market sepak bola besar sekali, kau bisa memanfaatkan untuk menghadirkan bisnis yang berkaitan dengan dunia sepak bola, mulai dari merchandise, sepatu bola, jarsey, media perihal berita sepak bola. Apapun bisnis yang bisa memberikan nilai lebih untuk para penggemar sepak bola bisa kau jalankan.

Basket

Dunia Basket semakin menarik (source: unsplash.com)

Basket bisa menjadi olahraga dengan jumlah partisipasi masyarakat terbanyak kedua di Indonesia. Hal ini, dibuktikan dengan jumlah akseptor basket tingkat pelajar, Development Basketball League (DBL) Indonesia mencapai 10.000 ribu atlit pelajar dan lebih dari 500.000 total penonton selama turnamen berlangsung.

Basket sendiri mulai diikuti dari mulai anak SMP hingga orang pandai balig cukup logika. Di Indonesia sendiri mempunyai liga basket profesional yaitu IBL, Indonesia Basket League yang sudah lebih dari sepuluh tahun menyelenggarakan kompetisi basket profesional di Indonesia.

Masyarakat sendiri selain mengasihi klub basket lokal juga menjadi fans fanatik dari klub-klub basket di luar negeri khususnya NBA, liga basket terbaik di dunia yang berlangsung di Amerika Serikat. Nah, besarnya partisipasi di basket bisa kau manfaatkan sob untuk menciptakan bisnis seputar dunia basket.

Voli

Voli menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat (source: unsplash.com)

Yang ketiga ialah Voli, yang menjadi olahraga dengan partisipasi ketiga terbanyak di Indonesia. Dengan jumlah peserta yang ribuan dan serta total jumlah pentonon ratusan ribu selama turnamen juga menimbulkan voli sebagai salah satu olahraga yang dicintai masyarakat Indonesia.

Di dalam negeri sendiri terdapat liga voli profesional yaitu Pro Liga yang telah berjalan lebih dari 15 tahun. Uniknya di olahraga ini, tournamen pun di bagi menjadi dua, yaitu voli putra dan voli putri. Kedua-duanya sama-sama seru dan bisa menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Pecinta voli tidak bisa dibilang sedikit, setiap pertandingan berlangsung banyak penonton yang memadati arena pertandingan. Jangan, sampai terlewatkan, bagi kau yang ingin berbisnis di bidang olahraga, patut dicoba untuk berbagi potensi bisnis para pecinta bola voli tanah air.

 

Olahraga mempunyai potensi yang sangat besar yang bisa kau manfaatkan untuk memulai bisnis. Jangan sampai terlewatkan, selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Kenapa Kesehatan Menjadi Kunci Sukses

Cara Belajar Secara Cepat untuk Hal Baru

Mengenal Lebih Dekat dengan Business Model Canvas

Tinggalkan komentar