Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Sukses Menjadi Seorang Pengusaha. Ini Buktinya!

“Lebih baik terlambat daripada tidak pernah mencapai keberhasilan menjadi pengusaha di usia yang lebih busuk tanah” Begitulah setidaknya yang dikatakan banyak pengusaha sukses di seluruh dunia. Bahwa tidak ada ukuran usia yang niscaya akan membuat kita sukses, ketika kita belum coba memulainya.

40 ialah usia rata-rata pengusaha sukses di dunia industri menyerupai, teknologi, kesehatan dan transportasi.

Sebuah study oleh founder institute menemukan bahwa pendiri bisnis yang mencapai usia 40 tahun lebih mungkin untuk meraih sukses yang mereka dambakan. Usia mereka rata-rata 55-64 tahun. Awalnya pada tahun 1996, hanya 14,3% dari pengusaha baru yang usianya mencapai 55 tahun. Sedangkan pada tahun 2012, jumlah ini meningkat sampai 23,4%.

Pada usia 55-64 tahun, mereka membangun bisnis jauh lebih banyak daripada mereka yang usianya masih 20-30an. Mereka cenderung sudah memiliki tingkat tertinggi aktivitas bisnis dalam 10 tahun terakhir ini.

Mungkin dibanding pengusaha yang usianya sudah menua, para pengusaha muda ini mengkhawatirkan beberapa hal ini, seolah-olah resiko bisnis, pengalaman dan kehidupan keluarga. Sedangkan mereka yang sudah tua, mengaku lebih praktis lantaran telah mempunyai banyak pengalaman, keahlian, kinerja yang lebih baik dan juga mempunyai evaluasi lebih dari yang lebih muda.

Dalam ilmu Psikologi, Erik Erikson menjelaskan 8 tahapan perkembangan. Dan tahap ke 7 yaitu masa berilmu balig cukup kecerdikan tamat, yakni mereka yang memasuki usia 40-64 di seluruh aspek kehidupannya. Seperti Generativity, produktivitas, dan kreativitas.

Sedangkan menurut pendapat Gallup, 8 dari 10 baby boomer digambarkan bahwa berwirausaha yakni sebagai pilihan gaya hidup mereka yang memungkinkan mereka untuk bekerja lebih bisa berdiri diatas kaki sendiri, berbagi passion mereka, dan meningkatkan pendapatan mereka.

Usia hanyalah angka.

Dan beberapa pengusaha ini suskes bahkan di atas usia 40 tahun. Lihat saja:

  • Sam Walton, pendiri Wal Mart yang sukses di usia 44 tahun.

sam-walmart

  • Adi Dassler, pemilik merek Adidas yang mendapai puncak di usia 49 tahun.

Adi_FEnster

  • Leo Goodwin, mempunyai Geico di usia 50 tahun.

  • Gordon Bowker, pendiri Starbucks yang memulai di usia 51 tahun.

howardschulz

  • Joseph Campbell, mendirikan Sup Campbell di usia 52 tahun.

campbell-head

  • Arianna Huffington, pendiri Huffington post di usia 54 tahun.

arianna-huffington

  • Charles flint, Sukses menjadi pemilik IBM di usia 61 tahun.

IBM

  • Harland Sanders david, Menjadi pemilik Kentucky Fried Chicken, di usi 62 tahun.

Harland-David-Sanders

  • Henry kaiser, yang suskes mendirikan Kaiser Permanente di usia 63 tahun.

Nah, berikut ini yaitu tips yang bisa diterapkan di setiap usia Anda.

  1. Bersiaplah untuk mempunyai waktu yang gres. Karena setiap usaha untuk memulai bisnis baru membutuhkan waktu dan komitmen yang kuat.
  2. Rangkulah teknologi. Jika Anda tidak mahir teknologi tertentu, mirip sosial media, ambillah waktu untuk mengikuti webinar atau mintalah tunjangan untuk sekedar mengajari dasar-dasarnya saja.
  3. Bangunlah dana startup. Dengan mencari dana dari bank, keluarga, teman ataupun dana investasi lain yang terang tidak bekerjasama dengan dana pensiunan Anda.
  4. Benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan. Dengan mempertimbangkan nilai Anda pada tahap ini di dalam karir Anda. Ingatlah mengapa Anda ingin memulai bisnis ini.
  5. Dapatkan pinjaman. Dengan membentuk sebuah tim, Anda akan mempunyai sahabat dan keluarga terus Anda bertanggungjawab untuk penglihatan Anda.
  6. Tekanlah ke dalam pengalaman Anda. Dengan usia Anda dikala ini, kembangkan dan terus asah kemampuan dan keahlian di industri Anda.
  7. Milikilah taktik. Jika Anda memulai bisnis di lalu hari, Anda mungkin hanya ingin menjalannya selama 10 tahun. Dan Anda akan berencana meninggalkan bisnis di kemudian hari.
  8. Jangan berharap sukses dalam semalam. Hanya alasannya Anda lebih renta dan lebih bijaksana, mulai bisnis gres pada usia berapapun tentu membutuhkan banyak perjuangan dan upaya untuk bisa menjadi lebih sukses.

Nah, ketika ini jikalau Anda siap untuk memulai karir, jangan lupa dengan kalimat ini “Usia hanyalah angka”. Sukses tergantung pada keinginan dan kerja keras kita sendiri. Sukses juga tergantung pada semangat dan nilai yang kita berdiri. 🙂

sumber: entreprenur.com

Tinggalkan komentar