Temukan Rahasia A-Z Untuk Membangun Bisnis Dari Nol

Apakah Anda yakni seorang yang sedang merangkai mimpi menjadi seorang pengusaha yang sukses? Jika iya, Anda pasti tahu bahwa Anda memiliki banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi. Mulai dari planning bisnis, modal dan lain sebagainya. Anda mungkin berpikir bahwa memulai sebuah bisnis ialah sebauh hal yang sangat sulit untuk dilakukan, dan tentu saja ini membuat Anda harus mengorbankan banyak hal semoga bisa menjadi pengusaha sukses.

Tapi dengan tips berikut ini Anda tidak perlu lagi gundah, lantaran kami akan membahas setiap kebutuhan membangun bisnis dari A sampai dengan Z. Apa saja ya kira-kira?

A – Act Now

Apapun bisnisnya, resiko menjadi suatu hal yang masuk budi Anda dapatkan dan bahkan harus Anda terima. Namun inilah yang membuat pengusaha sanggup meraih suksesnya. Mereka yang mau mengambil resiko yakni mereka yang mau untuk sukses. Sejalan dengan ini banyak orang yang mempunyai banyak pandangan baru besar, namun tidak semua dari mereka yang mempunyai tindakan yang faktual.

B – Brand Yourself

Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membangun merek. Itu artinya Anda mulai memilih dan menentukan nama bisnis Anda, merancang logo dan membangun tampilan website dan juga nuansa yang akan ada di dalam kantor Anda nantinya. Melakukan hal ini semenjak dini akan memudahkan Anda membangun identitas merek dan menjual aneka macam macam produk atau jasa di kemudian hari.

C – Create

Salah satu yang dapat mendukung branding Anda di awal adalah dengan membangun website bisnis Anda sendiri. Mulai dari website company profile ataupun website toko online. Jika dirasa Anda tidak mempunyai keahlian untuk ini, Anda bisa menyewa jasa pembuat website instan yang sudah banyak di Indonesia, mirip Jagoanstore atau Jagoanweb.

D – Distinguish Yourself

Anda harusnya tahu bagaimana cara membedakan diri dengan kompetitor Anda. Dan membuatnya sangat terperinci di mata pelanggan Anda. Anda bisa menjelaskan secara singkat apa keunggulan yang akan didapatkan pelanggan ketika mereka membeli produk Anda.

E – Email Marketing

Dimanapun dan apapun yang Anda jual, email marketing sangat penting untuk tetap Anda gunakan. Terlebih ketika Anda mulai beralih menggunakan media online untuk menjalankan bisnis. Ini akan sangat membantu Anda mendapatkan leads bisnis dan juga mempromosikan bisnis Anda ke berbagai orang di seluruh dunia yang sudah Anda miliki emailnya. Anda bisa mendapatkan leads email lebih banyak dengan cara yang pernah di ulas pada artikel berikut ini.

F – Financial Matters First

Menjalankan bisnis tentu akan membuat Anda banyak berkutat dengan urusan akuntansi dan pajak. Ini bukan hanya untuk bisnis Anda dengan pelanggan, tapi juga dengan instansi yang bekerjasama dengan bisnis Anda. Jika memang diperlukan, bagi pemula dalam bisnis Anda bisa menyewa jasa konsultan keuangan untuk membantu mengatur urusan keuangan Anda.

G – Get Back to People Right Away

Jika pelanggan mengirimkan email kepada Anda, tanggapi dengan cepat. Begitupun ketika mereka menelepon Anda, usahakan untuk bisa menjawab dan menyelesaikan kasus mereka secepat mungkin. Bisnis Anda juga harus menjadi responsif, ini akan membangun sanggup mendapatkan amanah bisnis Anda dihadapan pelanggan.

H – Hit the Pavement

Tahukah Anda tidak ada bisnis yang bisa bertahan tanpa mempunyai jaringan yang berpengaruh. Ini menciptakan kita yang ingin sukses membangun bisnis perlu memperkenalkan diri untuk setiap pemilik bisnis ataupun masyarakat di lingkungan kawasan bisnis kita. Ini jelas akan sangat mempengaruhi berjalannya bisnis kita di kemudian hari. Anda pun bisa mulai mencetak kartu nama untuk digunakan ketiak berkenalan dengan orang yang baru Anda temui.

I – Identify Your Niche

“Lebih baik menjadi ikan yang besar di kolam kecil, daripada menjadi ikan kecil di maritim yang luas” Ungkapan ini mungkin ada benarnya jika diterapkan untuk bisnis. Melalui ungkapan ini, setiap pemilik bisnis disarankan untuk menemukan pasar mereka sendiri. Sehingga mereka bisa berkembang dengan baik di pasar yang mereka ciptakan sendiri.

J – Join the Local Chamber of Commerce

Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan rekan bisnis ataupun pelanggan gres di bisnis Anda. Sebab kini sudah banyak komunitas bisnis yang bisa Anda ikuti. Pada komunitas ini Anda akan menemukan koneksi atau jaringan gres dan juga pelanggan baru. Bergabunglah dengan mereka, dan Anda akan dengan simpel menemukan celah untuk bisa sukses berbagi bisnis.

K – Know Your Customers

Jika Anda tidak tahu dan tidak mengenal siapa pelanggan Anda, bagaimana Anda bisa membuat mereka mau membeli produk Anda? Mengerti pelanggan memang bukan perjuangan yang kecil, namun mengenal mereka bisa kita lakukan dengan banyak cara. Mulai dari menentukan targe yang spesifik dan kemudian mengambil waktu Anda untuk mempelajari dan mencaritahu apa yang mereka inginkan. Setelah itu Anda akan lebih mudah memasarkan produk dan menyampaikan layanan yang luar biasa kepada mereka.

L – Love What You Do

Cintailah apapun yang Anda kerjakan. Ini sangat mempunyai kegunaan ketika Anda baru mulai membangun bisnis. Apapun yang menjadi kesukaan atau yang menjadi hobbi Anda akan jauh lebih mudah dan menyenangkan untuk Anda lakukan bukan?

M – Mom Matters

Anda tentu tahu tidak sanggup mengerjakan apapun dengan perjuangan sendiri. Ini bukan hanya berlaku untuk pelanggan dan rekan bisnis Anda. Anda juga bisa mulai mendnegarkan nasehat bahkan kritikan yang disampaikan teman dan keluarga terkait bisnis yang sedang Anda jalankan ini.

N – Network Like Crazy

Sadarkah Anda setiap orang yang Anda temui mempunyai potensial untuk bisnis Anda kedepannya. Dan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan mereka akan membuat Anda mudah untuk mendapat lebih banyak koneksi bisnis. Ketika Anda mampu menjadi pendengar dan sahabat ngobrol yang baik, mereka tidak akan ragu untuk mengajak Anda bekerja sama untuk hal bisnis di kemudian hari.

O – Open Yourself to Possibilities

Anda tentu mempunyai pikiran bahwa ada sesuatu yang mustahil dilakukan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Tapi dalam hal bisnis, Anda harus tahu tidak ada yang tidak mungkin untuk Anda kerjakan dan Anda dapatkan.

P – Professionalism

Dari segi apapun bisnis yang sedang Anda kerjakan ketika ini, cobalah menjadi orang yang profesional dimanapun dan kapanpun Anda berada. Baik di komunikasi pribadi ataupun tidak langsung seperti email.

Q – Question Everything

Menjadi pengusaha membuat Anda harus mau tahu lebih banyak. Ini akan membuat Anda banyak bertanya dan berguru ihwal apapun yang harusnya Anda tahu, bahkan lebih dari itu.

R – Returning Customers

Banyak pebisnis yang mengatakan, jauh lebih simpel membuat pelanggan lama kembali ketimbang memulai semuanya dari awal. Tetap jaga kekerabatan baik dengan pelanggan Anda. Dan salah satu cara untuk membuat mereka mau kembali lagi yakni dengan menawarkan sesuatu yang unik pada pelanggan setia Anda.

S – Socialize

Baik di dunia faktual ataupun di dunia online, Anda harus mempunyai kiprah yang besar di sosial media. Bukan hanya sekedar untuk tahu perkembangan terbaru seputar bisnis Anda, tapi juga untuk lebih akrab dan mengenal siapa pelanggan Anda.

T – Teach a Free Class

Jika Anda mempunyai keahlian yang spesifik, cobalah berbagi dengan masyarakat setempat. Cobalah membangun bisnis di area yang sudah sangat akrab dengan Anda. Ini juga akan jauh lebih baik dan lebih praktis.

U – Under Promise, Over Deliver

Jangan memberi banyak komitmen yang belum terang bisa Anda penuhi. Harapan yang Anda berikan kepada pelanggan merupakan segalanya bagi kita. Namun itu akan menjadi bomerang ketika kita tidak bisa memenuhinya.

V – VIP Treatment

Jika Anda ingin membuat setiap pelanggan Anda merasa bahwa mereka spesial, maka Anda bisa menyampaikan pelayanan VIP, mulai dari melaksanakan panggilan telepon, menjawab setiap pertanyaan mereka dan memenuhi setiap kebutuhan mereka. Ketika pelanggan senang, maka itulah kunci kesuksesan bisnis Anda.

W – Word of Mouth

Jika Anda pernah mendengar hal ini, maka itu saatnya Anda mulai menerapkan seni administrasi bisnis Word of Mouth. Dengan memakai rekomendasi bisnis dari orang lain, maka kita bisa mendapatkan banyak pelanggan gres untuk bisnis kita. Buatlah pelanggan kita senang dan mau merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain.

X – Xcellence

Menjadi orang yang mahir pada sesuatu yang mereka lakukan tentu bukanlah hal yang mudah. Tapi ketika Anda sudah berkomitmen menjalankan bisnis, tentu apapun itu akan Anda lakukan dengan sangat baik demi mendapatkan hasil yang baik juga.

Y – Your Personal Integrity

Integrasi bukan hanya terjadi pada kehidupan Anda, itu ialah komponen penting bagi mereka yang sedang membangun sebuah bisnis yang sukses. Hal ini berlaku untuk produk Anda, kekerabatan dengan karyawan dan transparansi dengan klienpun akan berjalan dengan baik.

Z – Zzzs

Yang terakhir yaitu perbanyaklah waktu istirahat Anda. Tapi ini bukan tanpa hukum, alasannya ialah menjadi pebisnis akan membuat Anda mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk bekerja dan juga beristirahat. Itu sebabnya Anda harus cerdik-terpelajar mengatur waktu biar antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana memulai usaha dari 0 hingga

Nah, bagaimana kini? Anda yang sedang terpikir untuk mendirikan bisnis bisa pribadi mulai menerapkan banyak sekali kebutuhan untuk membangun bisnis dari kini. Anda juga bisa mulai mengikuti banyak sekali sesi wangsit atau seminar yang banyak dilakukan oleh komunitas – komunitas bisnis di Indonesia. Melalui seminar ini Anda akan menemukan lebih banyak cara untuk mengembangkan bisnis.

Tinggalkan komentar