Teknik Foto Instagram Paling Populer Untuk Hasilkan Gambar Keren

Bagi kamu yang gemar memotret lalu menguploadnya ke jejaring sosial media, maka Instagram merupakan media yang paling sempurna untuk menampilkan hasil fotografi kamu. Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia maya, kita tentunya sudah disuguhkan dengan beragam pilihan sosial media untuk memungkinkan kita saling berinteraksi dengan pemilik akun sosmed yang lainnya baik di dalam negeri maupun hingga di luar negeri. Penggunaan Instagram sendiri yang awalnya sebagai media upload foto kini sudah banyak digunakan hingga dimanfaatkan sebagai media promosi produk bisnis online. Nah, dalam penggunannya ada beberapa teknik foto Instagram yang perlu kau ketahui.

 

5 Aplikasi Foto Terbaik Untuk Tampil di Instagram

Ada beberapa aplikasi di Instagram yang menjadikan postingan kau tampil lebih berpotensi dan menarik untuk memikat banyak orang di akun IG itu sendiri. Berikut ini beberapa aplikasi foto Instagram yang perlu kau ketahui!

 

1. VSCO Cam

Merupakan aplikasi untuk edit foto yang sempat populer bagi para fotografer mobile tentunya sebelum Instagram melengkapi filter dan juga tweaking foto. Walaupun begitu, VSCO Cam ini menawarkan bermacam-macam pilihan filter secara gratis dimana rata-rata bisa mengatakan kesan yang professional untuk hasil jepretan yang kita ambil. Jika dirasa masih belum puas, maka kau pun mampu membeli sejumlah filter yang lainnya sesuai keinginan. Adapun aplikasi VSCOCam ini tersedia bagi Android maupun iOS.

 

2. Hyperlapse

Hyperlapse merupakan teknik foto dari berbagai macam frame foto untuk dijadikan sebuah video. Sosial media Instagram itu sendiri mengusung aplikasi dengan istilah yang sama seperti teknik fotografi yang satu ini. Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk membuat video memakai Hyperlapse, terdapat beberapa tips sederana. Tips pertama, teknik foto Instagram ini akan berhasil sesuai akurasi. Untuk itu, kau harus memperhitungkan prediksi dari durasi video untuk kau buat. Sepertii contohnya, untuk video selama 6 detik beserta 30 frame tiap detik (fps), dengan begitu kau mesti mempunyai paling tidak sebanyak 30 frame yang dikalikan dengan 6 detik, hal tersebut berarti ada minimal sebanyak 180 frame. Hal yang perlu kau ketahui bahwa durasi video untuk kau buat di akun Instagram sendiri pun terbatas. Selain itu, perhatikan pula titik fokus, setelah kau menemukannya pada video yang hendak dibuat, maka harus memastikan jaraknya tak berubah.

 

3. Layout

Konsep teknik foto Instagram ini bisa dikatakan sederhana, yakni membuat sebuah kolase foto. Sebenarnya Instagram sendiri telah cukup banyak mempunyai aplikasi sejenis dengan layanan yang serupa, sebelum meluncurkan aplikasi layout ini, ibarat Photogrid. Dimana layout juga membuat kolase berdasarkan dari sejumlah foto yang telah dimasukkan pada aplikasi. Adapun sejumlah imbas sendiri dapat ditambahkan misalnya Mirror berfungsi membalik foto atau gambar dari arah kanan ke arah kiri maupun dari arah atas menuju ke bawah. Teknik foto ini sangat cocok bagi kau yang gemar memotret pakaian, mainan atau kuliner. Ketika membuat kolase ini, kau harus memastikan bahwa kamu telah memasukkan belahan yang paling menarik pada objek foto. Contohnya pada gambar atau foto masakan, maka kau bisa mencari kepingan objek yang sangat menggugah selera. Maka sisanya mampu digunakan pada foto detail yang lainnya. Kini layout sendiri gres tersedia pada iOS.

 

4. PicsArt

Baru-gres ini memang sempat muncul sebuah hashtag #instagraminhand pada kalangan pengguna akun sosmed. Bagi kau yang masih belum mengetahuinya, hal tersebut merupakan fenomena yang memunculkan Instagram tepat di tangan kita dengan transparan dan bisa dibilang tanpa adanya perangkat smartphone, kau dapat memanfaatkan aplikasi PicsArt secara gratis pada Android dan iOS. Sebelumnya pastikan kamu telah mempunyai foto tangan dengan posisi sekilas mirip ketika menggenggam handphone. Kamu bisa menggunakan fitur Multiply yang menjadikan screen capture pun lebih transparan. Sesudah itu, cukup dengan mengatur posisi dari screen capture pada Instagram lalu menyesuaikan posisinya supaya tak terlihat abnormal.

 

5. Snapseef

Aplikasi besutan dari Google ini mempunyai banyak fitur untuk editing secara professional. Contohnya saja fitur mempertajam fokus pada gambar, hingga menghilangkan objek tertentu pada foto. Adapun pembaruan pada aplikasi ini masih gres dirilis pada platform iOS.

 

Tips Memperoleh Foto Menarik di Instagram

Selain mengenal teknik foto Instagram di atas, ada beberapa cara yang bisa kau lakukan biar menghasilkan gambar yang menarik di Instagram. Berikut ini beberapa cara gampang menghasilkan foto menarik dan berkualitas di Instagram :

 

1. Merancang

Tips pertama ialah dengan merancang foto terlebih dulu yang hendak dibuat, melalui pengamatan lokasi dengan seksama melalui sudut arah dari cahaya, objek menarik dan sudut gambar tepat yang sanggup dimasukkan pada foto profil maupun album kamu di Instagram. Sehingga akan terlihat lebih alami.

 

2. Memperbanyak Foto

Untuk memperoleh hasil gambar yang keren, jangan hanya mengambil 1 jenis foto saja kemudian eksklusif di upload ke Instagram, dimana hal tersebut menimbulkan imbas tidak baik disebabkan tampak asal-asalan. Untuk itu, cobalah mengambil paling tidak 10 foto dengan objek sama lalu ubahlah latar atau sudutnya. Kemudian pilih foto-foto dengan hasil terbaik.

 

3. Cahaya

Teknik foto instagram berikutnya yakni dengan mengambil foto pada cahaya lembut sehingga bisa memperlihatkan penggalan yang telah tersorot secara detail berikut bayangannya.

 

4. Tingkat Kedalaman

Kamera handphone memang tak mampu memperlihatkan tingkat kedalaman lebih pada foto yang manis, adapun untuk menyiasati hal tersebut pastikan menggunakan cara dengan melakukan kreasi melalui hal-hal yang ada di sekitar objek, contohnya pola maupun garis.

 

5. Sudut

Untuk menghasilkan foto yang anggun, maka ambillah foto di kepingan sudut yang paling menarik, dengan begitu foto akan tampil tidak biasa seolah-olah contohnya diambil di belahan bawah dan atas. Dengan semakin kreatif penggalan sudut yang kamu ambil atau pilih, dengan begitu semakin membuat gambar yang juga menarik.

 

6. Pemandangan

Cahaya matahari merupakan hal terpenting untuk pemotretan serta foto langit dan pemandangan di sekitarnya, khususnya bila kita bisa menerima bayangan di kepingan bawahnya dan cahaya yang terpancar indah yang tentunya menjadikan foto pun lebih keren.

 

7. Bingkai

Instagram sendiri memiliki beberapa bingkai dengan huruf yang begitu menarik untuk sanggup digunakan pada koleksi foto. kamu sanggup memilihnya berdasarkan tema dan konsep dari foto yang kau ambil.

 

8. Wajah

Foto dari wajah seseorang mempunyai peranan penting, alasannya akan menarik bila dilakukan di kepingan dalam ruangan, kau harus mencari sumber cahaya dengan huruf lembut supaya balasannya pun menjadi lebih menarik dan elok untuk dilihat.

 

9. Detail

Memotret sebagian kecil dari sebuah perhiasan atau benda, biasanya sangat menarik apalagi dengan menggunakan sumber cahaya berikut komposisi yang tepat walaupun nantinya harus dilakukan crop.

 

10. Berbagai Peristiwa

Instagram sendiri mudah digunakan dalam melakukan fotografi yang unik dengan tanpa banyak persiapan untuk dapat menghilangkan kesan ekspresi artistiknya. Dimana tiap peristiwa itu sendiri memiliki warna dan kualitas yang berbeda-beda. Melalui tekstur gambar menarik dengan cerita yang manis didalamnya akan terlihat unsur estetika yang menawan dalam teknik foto Instagram itu sendiri.

 

Kesimpulan…

Sekarang Anda sudah masuk di penghujung artikel, dan selamat! Wawasanmu sudah semakin bertambah.

Tools dan teknik di atas membantumu biar menjadi lebih produktif dan fokus dalam bekerja, mungkin tidak semua tools tersebut tidak kau gunakan, tapi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Setelah kau menentukan tools dan teknik yang tepat, mulailah manfaatkan aplikasi tersebut sebagai pendukungmu dalam bekerja sehari-hari.

Ketika kau sudah produktif dan fokus dalam pekerjaan, hasil selesai kerjamu niscaya lebih meningkat dan menjadi lebih baik.

Selamat mencoba dan hingga bertemu di artikel lainnya!

 

Ohya, jika kau punya teknik-teknik lain dalam menggunakan instagram, silakan share di kolom comment di bawah ini!

Tinggalkan komentar