Suntuk Dengan Rutinitas? Halau Saja Dengan 5 Cara Ini

Melakukan kegiatan yang berulang-ulang setiap hari akan menciptakan siapa saja bosan. Penelitian mengatakan bahwa 30% dari 90% orang remaja rentan mengalami kebosanan. Biasanya kebosanan ini lebih banyak dialami laki-laki daripada perempuan.

Bosan juga bisa menyerang profesi apa saja. Kalangan siswa, pekerja bahkan entrepreneur. Walaupun entrepreneur terkesan memiliki aktivitas yang berubah-ubah setiap harinya, kadangkala juga bisa terjebak dengan rutinitas harian yang membosankan. Seperti meeting harian, pengecekan stok barang, brainstorming inspirasi bahkan kasus terkait karyawan dan konsumen, Adam Toren, co-founder YoungEntrepreneur.com memperlihatkan 5 acuan simpel untuk menciptakan hari Anda menjadi lebih senang, nyata dan produktif. 5 Hal ini ampuh mengusir kebosanan yang mungkin saja hari ini sedang Anda rasakan.

  1. Tetapkan goal kecil setiap hari

Menuliskan goal kecil setiap hari akan membantu Anda untuk bersemangat. Menurut Adam, kebiasaan menuliskan goal harian akan memacu seseorang untuk fokus pada target yang ingin dicapai. Selain itu, dengan membuat goal harian seseorang akan mudah untuk mengetahui hal apa saja yang telah berhasil ia selesaikan. Ada bebeapa metode pembuatan goal harian. Salah satunya adalah SMART goal. Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-Bound. Anda mampu mempelajarinya dari aneka macam buku dan situs di internet.

  1. Mulai hari Anda dengan hal yang Anda sukai

Bagaimana Anda memulai hari akan menentukan energi Anda di hari itu. Jika Anda memulainya dengan hal-hal menyenangkan, maka energi Anda dipastikan akan faktual dan bersemangat. Begitupun sebaliknya. Adam menyarankan, mulailah hari dengan hal yang sangat Anda sukai. Bisa secangkir kopi hangat, teh, susu coklat hangat, ataupun lagu dan podcast favorit Anda. Kalau Anda suka, cobalah berguru untuk melakukan meditasi minimal 10 menit per hari. Relaksasi dengan meditasi akan membantu Anda untuk tetap fokus seharian.

  1. Stay on Roll

Fokuslah untuk menata hari Anda. Jika pagi ini Anda masih terbangun dengan perasaan bosan, mengantuk atau bahkan malas, segera cari cara untuk berhenti dari kebiasaan ini. Mulailah untuk mencari satu kegiatan yang bisa dilakukan ketika Anda bangun pagi. Seperti browsing warta harian, mencari hal-hal yang memotivasi ataupun sekedar melihat perkembangan bisnis Anda. Melakukan hal selain tidur dan menunggu alarm Anda berbunyi kembali yaitu solusi baik untuk menata hari Anda.

  1. Miliki sahabat diskusi

Memiliki sobat diskusi harian akan sangat membantu Anda untuk tetap bahagia, konkret dan produktif. Adam menyarankan agar hari-hari Anda tidak membosankan, cobalah untuk mencari satu sobat diskusi yang Anda percayai. Teman ini sebisa mungkin membantu Anda dalam segala situasi. Menyemangati Anda dikala Anda mulai frustasi dan juga bersemangat dikala Anda berencana berbagi bisnis Anda. Selain itu, sahabat diskusi akan membantu mengarahkan Anda untuk tetap fokus pada hal-hal prioritas. Tetapi, perlu Anda cermati ketika menentukan sobat diskusi carilah yang bisa membimbing Anda. Kebanyakan orang secara psikologis akan menentukan sobat yang sesuai dengan karakternya atau yang seakan-akan dengan dirinya. Padahal, mungkin saja itu bukan menerangkan baik. Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, carilah teman yang dapat membimbing Anda pada hal-hal baik dan produktif.

  1. Stay Organized!

Tetaplah terorganisir. Rutinitas yang itu-itu saja kadang membuat seseorang menjadi malas. Mulailah melawan rasa malas itu dengan hal-hal produktif. Seperti mengatur meja kerja dengan rapi hingga menyiapkan kalender atau tabel jadwal harian yang menarik untuk dilihat. Pikiran yang tertata akan menghasilkan hasil kerja yang produktif dan bermanfaat.

Suntikkan semangat dalam apapun yang Anda geluti biar Anda tidak sampai terjebak rutinitas yang mematikan!

sumber gambar : bisnis.liputan6.com

Tinggalkan komentar