Sudah Tahukah Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Product Marketing?

Pernahkah Anda mendengar tentang PRODUCT MARKETING. Mungkin marketing yakni salah pekerjaan yang dikala ini Anda lakukan. Tapi 1 masalahnya, yaitu memahami apa yang dimaksud dengan product marketing. Atau ketika ini mungkin Anda akan mencarinya di mesin pencari mirip Google untuk apa arti pundak-membahu dari Product marketing itu.

Kesulitan ini bisa saja terjadi karena product marketing merupakan salah satu fungsi dari pekerjaan yang pribadi berafiliasi dengan product, pemasaran ataupun penjualan. Selain harus tahu apa artinya, kitapun harus memahami apa yang harus dilakukan dengan product marketing.

Ada tiga kepingan utama dari steiap saluran pemasaran, seperti:

what-is-product-marketing-12-1024

– Attract, menyerupai (Blogging, Social Media, SEO, Writing, Design)

– Concert, seakan-akan (Optimization: LPs, CTAs, Workflows, Analytics, Lead Scoring)

– Close, mirip (Product expert, teahcer/trainer, user testing, messaging, persuasion)

OKE, Apa artinya itu?

Product marketing melakukan hal-hal ibarat memilih dan menulis sasaran, dan juga membuat pesan untuk produk ataupun fitur baru yang Anda buat. Product marketing juga cara kita berpikir ihwal bagaimana mendorong permintaan pelanggan dan penggunaan produk atau fitur gres. Selain itu, product marketing juga memikirkan wacana pasar dan juga persaingan.

Lalu bagaimana cara membantu tim penjualan dalam menjual produk yang lebih banyak dan membuat banyak close dalam setiap penawaran. Di sini dibagi menjadi 3 kepingan untuk cara ini, yaitu:

A – ALWAYS

B – BE

C – CLOSING

adi secara keseluruhan, product marketing lebih fokus pada pemasaran yang ditujukan kepada pelanggan dari setiap prospek dan juga leads bisnis yang kita miliki.

Bisa kita katakan bahwa,

PRODUCT MARKETING – PELANGGAN

Dan, berikut ini ialah pendapat dari beberapa pakar di bidang marketing:

1. “Product marketing berada di persimpangan setiap tim produk sebuah perusahaan. Tugas kita adalah memabwa produk ke pasar. Termasuk segala sesuatu seolah-olah sasaran dan juga pesan produk yang akan disampaikan. Kita juga tetap memastikan sampai peluncuran produk, memastikan setiap tim marketing mengerti bagaimana menceritakan dan menjelaskan produk mereka. Dan memastikan setiap pelanggan untuk memahami bagaimana cara menggunakannya” – Meghan Anderson (VP Marketing, Hubspot)

2. “Product Marketing ialah seni dan juga ilmu menunjukkan kepada orang-orang ihwal apa yang sanggup dilakukan oleh produk kita untuk mereka dengan tujuan yang menarik, memperlihatkan perubahan dan juga mensugesti mereka” – Hiten SHAH (Co Founder of Crazy Egg and KISSMetrics)

3. “Product Marketing ialah ihwal bagaimana kita memahami apa yang orang inginkan, sehingga kita sanggup membuat produk yang besar untuk mereka” – ROB GO(Co-founder, NextView Ventures Former Product Marketer at Ebay)

4. “Product Marketing yakni seni menciptakan impian untuk produk Anda dan memahami pelanggan Anda begitu dalam. Sehingga Anda sanggup menjawab 2 pertanyaan penting yang ditujukan kepada pelanggan: Mengapa harus produk Anda dan Mengapa harus kini?” – ARS LOFGREN(Director of growth, I will teach you to be rich, former director of griwth, KISSMetrics)

5. “Product Marketing bertanggungjawab untuk membuatkan proposisi nilai yang unik dari setiap penawaran yang diberikan perusahaan, yang lalu akan membantu membawa nilai untuk kemudian menjadi leads bagi perusahaan. Landasan membuatkan nilai ini mulai dari memahami pembeli potensial perusahaan dan kebutuhan unik yang dapat kita tangani.” – CHRIS LITSTER(Chief revenue officer, constant contact)

Nah, meskipun pendapat dan pengertian setiap orang berbeda, namun ada beberapa hal yang membuatnya sedikit jelas. Yaitu product marketing diciptakan untuk bisa MEMAHAMI PELANGGAN.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh product marketing?

Sebelum meluncurkan produk

Product marketing biasanya akan melakukan: positioning, messaging, pengembangan pelanggan dan mencari seni manajemen pasar yang sempurna untuk produk mereka.

Setelah peluncuran produk

Product marketing akan membantnu pemberdayaan penjualan, fokus mendorong usul, hingga menciptakan keberhasilan keseluruhan produk.

Nah, bagaimana? Sudah mulai mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan product marketing kan? Sebab product dan marketing bukanlah hal yang sanggup dipisahkan begitu saja. Keduanya sanggup mempunyai arti yang besar kalau digabungkan menjadi satu kesatuan. 🙂

Sumber: Slidershare.net

Tinggalkan komentar