Sikap Ini Dimiliki Oleh Para Pemimpin Yang Baik

Pemimpin yang Baik – Tak semua pemimpin sanggup bersikap baik terhadap anggota timnya. Lantas, seakan-akan apakah sikap yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin?

Banyak anggota tim yang tertekan dan terhambat melakukan tugasnya

Fenomena burn out (lelah luar biasa), stres, bahkan merasa tidak memiliki semangat adalah hal-hal buruk yang bisa terjadi pada siapa saja ketika berada dalam suatu organisasi atau perusahaan. Hal-hal tersebut tak hanya membuat tertekan, namun juga mengganggu kinerja dan menghambat tercapainya tujuan tim.

Hal-hal tersebut sanggup diantisipasi. Kuncinya terletak pada manajemen dari tim tersebut. Jelaslah, pihak yang paling berperan dalam bagaimana berlangsungnya manajamen tim yakni pemimpin dari tim tersebut.

Peranan pemimpin sangatlah krusial. Seorang pemimpin harus memastikan bahwa setiap bagian dari tim telah berfungsi dengan optimal untuk mencapai tujuan. Manajemen yang baik akan lahir dari kepemimpinan yang baik.

Pemimpin yang baik yakni ia yang percaya bahwa setiap individu berhak untuk berkembang

Seorang pemimpin hendaknya menyadari bahwa organisasi atau perusahaan juga berfungsi sebagai wadah bagi anggotanya untuk berkembang. Setiap orang berhak dan berkesempatan untuk menjadi lebih baik dengan mengenali dan mengasah potensinya.

Ketika individu tersebut telah mengembangkan diri, ia akan tergerak untuk memperlihatkan bantuan kepada sekitarnya. Tentunya sangat mungkin, ia akan berkontribusi kepada organisasi atau perusahaan yang telah menjadi wadah berkembangnya.

Oleh karenanya, pemimpin organisasi harus mewujudkan hal tersebut. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menghargai atau respect setiap anggota tim.

Dahsyatnya menghargai orang lain

Proses menghargai anggota tim yang Anda pimpin bagaikan simbiosis mutualisme. Tidak hanya mereka yang diuntungkan atas penghargaan yang mereka terima, Anda sendiri pun turut diuntungkan.

Ketika anggota tim merasa dihargai oleh pemimpinnya, mereka akan terdorong untuk memberikan kinerja yang lebih baik. Dengan demikian, tim pun akan mampu mencapai goals atau sasaran-targetnya.

Beberapa cara untuk menghargai orang lain dalam tim

Ada beberapa cara atau perilaku yang merupakan bentuk penghargaan kepada orang lain, khususnya orang yang Anda pimpin. Berikut ini yaitu di antaranya:

  1. Tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain yang telah meluangkan waktunya untuk Anda.
  2. Menjadi orang yang responsif. Usahakan bahwa Anda mudah dijangkau oleh anggota tim.
  3. Selalu berusaha untuk melaksanakan hal yang benar. Namun, jikalau suatu dikala Anda melakukan kesalahan, akui dan ucapkan maaf.
  4. Memaafkan orang lain. Ketika anggota tim pernah berbuat kesalahan, sadarlah bahwa mereka mempunyai kesempatan untuk jadi lebih baik.
  5. Memberikan kritik sebagai evaluasi kinerja anggota tim, namun alangkah lebih baik lagi kalau menyampaikan saran dan motivasi yang membangun.
  6. Memahami apa yang dibutuhkan anggota tim dan apa yang menjadi kendala mereka. Selalu pasang telinga untuk mendengar dengan baik.
  7. Menjadi proaktif. Bantu orang-orang yang butuh dorongan semoga bisa melakukan kinerja yang lebih baik. Bangun kepercayaan diri mereka, buat mereka merasa berdaya.
  8. Selalu menggunakan 3 kata abnormal: tolong, maaf, dan terima kasih!

Hmm, kira-kira, bagaimana menurut Anda? Apakah ada cara lain yang bisa ditambahkan? Mari, silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar!

Semua orang bisa berguru menjadi pemimpin yang baik

Semua orang punya kesempatan untuk jadi lebih baik. Jika Anda merasa masih perlu memperbaiki diri untuk bisa jadi pemimpin, jangan khawatir! Anda masih bisa mencar ilmu, dan idealnya, Anda akan terus berguru untuk menjadi lebih bijaksana dalam memimpin.

Simak berbagai artikel inspirasional tentang kepemimpinan dan tema-tema lainnya hanya di Mebiso. Selamat berproses, semoga sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/13358

Tinggalkan komentar