Peran Supplier Dalam Memuluskan Usaha Berjualan Retail Online

Saat Anda tetapkan untuk membuat usaha berjualan retail online, mendapat supplier merupakan salah satu kebutuhan wajib. Apakah Anda tahu apa saja kiprah supplier dalam memuluskan usaha Anda?

Penyedia Produk

Peran pertama supplier dan merupakan hal yang paling penting bagi retailer yakni sebagai penyedia produk. Supplierlah yang akan menyediakan produk-produk yang akan Anda jual. Peran ini sangat penting alasannya ialah produk yakni kunci dari kesuksesan usaha Anda. Oleh alasannya itu, hal utama yang harus Anda lakukan yaitu mencari supplier produk yang bisa dijual dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan toko online Anda. Jenis produk tentunya harus disesuaikan dengan jenis toko online Anda, sasaran market Anda, dan juga tren pasar.

Seperti apakah toko online Anda? Jika Anda akan membangun toko online yang berjualan busana, tentunya Anda harus mencari supplier busana. Jika Anda akan berjualan alat tulis, tentunya Anda harus mencari supplier ATK. Suppliernya harus benar-benar tepat produknya sesuai dengan apa yang akan Anda jual.

Selanjutnya, produk diubahsuaikan dengan target market Anda. Sebaiknya Anda detail dengan sasaran market Anda. Misalnya, sasaran market Anda yaitu para perempuan pekerja kantoran, maka produknya disesuaikan dengan karakteristik perempuan yang bekerja kantoran tersebut. Target market ini juga akan mempengaruhi kesan yang ingin Anda tampilkan dari produk-produk yang Anda jual. Misalkan, sasaran marketnya untuk kebutuhan kantor, maka produk berkesan professional. Jika target marketnya sosialita, maka tampilkan produk glamor. Jika targetnya masyarakat biasa, pilihlah produk yang terjangkau tetapi berkualitas.

Tren pasar juga harus diperhatikan alasannya hal ini yang akan mensugesti berapa banyak produk yang akan terjual. Produk-produk yang trendi akan lebih praktis dijual. Jika Anda ingin omset besar, carilah supplier yang terus mengikuti tren pasar sehingga produk-produk yang Anda dapatkan selalu trendi.

Pemberi Jalan Keuntungan

Peran kedua supplier yakni pemberi jalan laba besar. Sebagai penjual, Anda tentunya akan mengambil keuntungan dari barang yang Anda jual. Keuntungan didapatkan dari selisih harga antara harga beli barang dan harga jual barang. Harga beli tentunya Anda dapatkan dari supplier dan itulah yang akan menjadi jalan bagi Anda untuk mendapat keuntungan. Supplier terbaik yaitu supplier yang memperlihatkan harga murah sehingga jalan laba lebih besar bagi Anda.

Membantu Menjaga Nama Baik Anda

Peran ketiga dari supplier adalah sebagai pihak yang membantu menjaga nama baik Anda. Untuk mendapatkan nama baik, Anda harus bisa memuaskan pelanggan, terlebih lagi usaha online rawan terhadap kekecewaan karena produknya hanya bisa dilihat melalui foto atau video dan membutuhkan waktu untuk pengiriman produk. Untuk bisa memuaskan pelanggan, Anda tentunya membutuhkan bantuan dari supplier untuk menyediakan barang berkualitas dengan tepat waktu. Oleh karena itulah, saat memilih supplier Anda harus memastikan bahwa supplier tersebut bisa dipercaya, selalu memberikan produk berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi yang diberikan, dan selalu sempurna waktu dalam pengiriman.

Tinggalkan komentar