Pemimpin Itu Mampu Menggerakkan Orang Lain! Inilah 4 Sifat Pemimpin Yang Bisa Anda Latih, Bukan Sekedar Pimpinan

Ibarat sebuah kendaraan beroda empat yang sanggup berjalan alasannya ada mesinnya, seorang pemimpin juga akan terus bergerak jikalau ia mempunyai mesin yang menggerakkan aktifitasnya sehari-hari. Dari beberapa kajian ilmiah menyampaikan bahwa mesin dari seorang pemimpin itu ada beberapa, diantaranya ialah:

1. Mesin seorang leader adalah mempunyai tujuan yang jelas

Misal, kinerja yang mau dinaikkan itu terang, saham yang mau dijual berapa itu terperinci, sasaran yang mau dicapai berapa itu terang. Itu semua menjadi mesin penggagas bagi seorang leader. Apabila seorang leader tidak mempunyai tujuan yang terang maka lalu usang-lama mesinnya akan mati, leadershipnya akan mati, pengaruhnya akan mati. Maka, bila Anda seorang pemimpin, pertama yang harus Anda lakukan semoga semangat bergerak yakni menetapkan tujuan yang terperinci. Kenapa? Karena seorang pemimpin dilihat dari kinerjanya. Makara, tujuan yang seharusnya Anda tetapkan yakni tujuan yang berafiliasi dengan kinerja Anda.

2. Seorang leader itu menjadi energi faktual buat lingkungannya. Ia akan mensugesti atau menimbulkan suasana yang konkret. Ini juga menjadi mesin bagi seorang leader. Kata-kata yang terucap ialah kata-kata nyata. Kata-kata yang terucap yakni kata-kata yang memotivasi. Pikirannya yaitu pikirian yang kasatmata. Tindakannya pun ialah tindakan yang positif. Apabila, Anda sering mensugesti hal-hal yang konkret di sekitar Anda, maka mesin leadership Anda akan terus bekerja dan bergerak, dan kesannya Anda mendapatkan kinerja yang Anda dambakan.

3. Seorang leader itu memiliki mesin untuk mensupport kebutuhan orang lain. Ia mendukung orang lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Ia terkadang harus men-support atasannya, di saat yang bersamaan ia juga men-support orang-orang yang satu level dengan dirinya dan tentu ia juga pasti men-support anggota timnya. John Maxwell mengatakan inilah 360 derajat seorang leader. Ia bisa mempengaruhi atasan, satu level, maupun timnya karena memang tugas seorang leader adalah men-support kebutuhan orang-orang di sekitarnya.

4. Seorang leader itu fokus pada hasil, fokus pada sesuatu yang ia ingin raih. Proses memang penting, proses memang perlu, tetapi buat apa bila tidak ada akibatnya. Maka seorang leader itu perlu memastikan bahwa proses yang dijalaninya dalam rangka mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan itu mempunyai hasil dan dampak.

Apabila Anda mempunyai empat mesin leader ini, maka Anda bisa menggerakkan orang-orang di sekitar Anda. Dan Anda akan benar-benar menjadi seorang leader, bukan sekedar pimpinan.

Tinggalkan komentar