Peluang Sedap Dari Bisnis Catering Online

Photo by Elle Hughes from Pexels

Bisnis Catering Online – Bisnis catering memang sudah ada sejak dulu. Dengan bantuan teknologi, kita bisa mengandalkan pemasaran bisnis secara online untuk menjangkau pelanggan. Pelanggan pun bisa memesan dan melakukan pembayaran dengan lebih mudah. Lantas, bagaimanakah potensi dari bisnis catering online?

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis catering online

Agar usaha catering online berjalan lancar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal krusial di bawah ini. Inilah deretan aspek yang perlu disiapkan baik-baik dalam berbisnis catering online.

1. Merencanakan bisnis

Tentukanlah visi dan misi dari usaha ini. Apakah yang ingin dicapai dalam menjalankan usaha catering? Selain itu, pastikan juga sasaran pasar, siapakah yang hendak dibidik untuk menjadi pelanggan?

2. Menentukan daftar hidangan

Setelah planning bisnis tersusun matang, Anda bisa mulai menentukan daftar sajian. Buatlah sajian andalan yang unik, sehingga bisa menjadi ciri khas catering Anda. Sering-seringlah mencari contoh sajian dan mengasah kemampuan memasak.

3. Menyiapkan sumber daya yang diperlukan

Keuntungan dari bisnis catering secara online yaitu Anda bisa mengakibatkan rumah sebagai kawasan produksi. Namun demikian, memproduksi masakan catering bukanlah hal yang gampang.

Siapkan segala sumber daya yang dibutuhkan, mulai dari bahan baku, peralatan, kemasan makanan, serta jumlah tenaga ideal untuk menjalankan keseluruhan proses. Jangan sampai ada sumber daya yang kurang, karena pasti akan repot sekali untuk bisa memulai produksi kuliner.

4. Mulai berpromosi

Strategi penting dari catering online adalah strategi marketing alias pemasarannya. Anda perlu gencar dalam memasarkan secara online. Buatlah medsos dan website khusus untuk usaha catering Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan layanan iklan di medsos atau website untuk mempromosikan usaha.

Isi konten di medsos dan website sangatlah krusial. Pastikan bahwa laman medsos dan website terlihat menarik. Pastikan juga bahwa Anda memposting konten sajian yang terlihat yummy, supaya orang-orang tertarik memesan.

Selain berpromosi secara online, promosi secara mulut ke mulut alias word of mouth pun penting. Ketika banyak orang menilai nyata usaha Anda, kemudian merekomendasikannya ke orang-orang yang mereka kenal, Anda pun bisa meraup lebih banyak pelanggan.

Beberapa target potensial untuk bisnis catering online

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa salah satu aspek penting dalam oerencanaan bisnis adalah menentukan target pasar. Pangan adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga perjuangan di bidang masakan tentunya akan selalu ada pasarnya.

Khusus untuk catering, ada beberapa kalangan konsumen yang bisa dijadikan target untuk bisnis Anda. Masing-masing kalangan ini mempunyai kebutuhan yang berbeda. Berikut yakni di antaranya.

1. Acara

Anda bisa menyediakan jasa catering untuk berbagai acara, mulai dari seminar atau workshop, syukuran, pernikahan, hingga pesta-pesta lainnya. Jika belum siap melayani agenda besar, Anda juga bisa memulainya dari agenda-program kecil seolah-olah arisan.

2. Pekerja kantoran

Banyak pekerja kantoran yang terlalu sibuk bekerja dan mempunyai waktu yang terbatas untuk menyiapkan masakan. Catering bisa menjadi solusi bagi pekerja kantoran yang butuh bekal tanpa harus ribet. Akan menjadi nilai plus jikalau catering Anda harganya terjangkau, pasti akan semakin digemari.

3. Pegiat gaya hidup sehat

Banyak orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dari kuliner. Namun, banyak juga yang terlalu sibuk atau gundah membuat sajian kuliner sehat.

Anda bisa memanfaatkan celah ini untuk perjuangan catering, dengan menyediakan banyak sekali sajian masakan sehat. Tentunya, Anda perlu hati-hati dalam membuat hidangan, ya. Pastikan bahwa materi baku dan cara mengolahnya sesuai, biar produk pun berkualitas.

4. Mahasiswa atau anak kos

Kalangan mahasiswa dan anak kos juga membutuhkan asupan kuliner yang terjamin. Anda bisa memberikan paket catering murah dan praktis, sehingga mereka pun tertarik untuk memesan.

5. Makanan khusus belum dewasa

Makanan untuk anak-anak tentunya berbeda dengan makanan khusus orang dewasa. Perlu kecermatan dalam mengolahnya, agar makanan tersebut terjamin. Komposisi menunya pun haruslah bergizi sehingga dapat menunjang pertumbuhan anak. Anda bisa menyediakan catering makanan khusus untuk anak-anak, mulai dari makanan berat hingga snack sehat.

Dari sekian banyak pilihan yang ada, Anda tinggal perlu mencocokkan dengan visi usaha Anda. Kira-kira, pasar mana yang siap Anda berikan pelayanan? Selanjutnya, tinggal hukuman saja!

Simak juga banyak sekali isu dan tips seputar bisnis lainnya hanya dari Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Tinggalkan komentar