Menguak Sisi Lain Marketplace Yang Buruk Untuk Bisnis Anda

Marketplace hadir sebagai solusi jitu bagi banyak UKM yang ingin berjualan di internet, dimana mereka tidak perlu repot membuat website, mendatangkan pengunjung, membayar biaya sewa serta maintenance web. Serasa mirip angin nirwana bukan?

Namun tahukah Anda, kalau ternyata marketplace tidak sepenuhnya baik bagi bisnis Anda, alasannya:

1. Mudahnya dibandingkan

Ya tentu saja, akan sangat simpel produk dan harga Anda dibandingkan dengan toko lain di dalam marketplace, selain itu biaya ongkos kirim juga mensugesti proses pengambilan keputusan orang untuk membeli. Sehingga kemungkinan besar produk yang murah akan selalu mendapatkan penjualan. Jika Anda menjual produk yang umum dan mudah dicari, maka penjualan yang Anda dapatkan 1 dibanding 1000 kunjungan yang tiba, dan perbandingan tersebut dikarenakan adanya rentan perbandingan menurut harga, kualitas, lokasi pengiriman dsb.

2. Ilusi brand

Di dalam marketplace akan sangat sulit dalam membedakan barang white label, branded, original dan grosir maupun kw, alasannya didalam marketplace hanya terdapat satu kategori untuk suatu jenis produk, tidak ada fitur label tertentu untuk jenis produk yang berkualitas anggun. Sehingga akan sangat menyulitkan Anda lantaran adanya ilusi-delusi merk yang terjadi.

3. Kesulitan mengolah data customer

Bahkan mungkin Anda tidak pernah memikirkan hal ini, padahal existing customer ialah orang yang memiliki potensi besar untuk melaksanakan pembelian ulang terhadap produk Anda. Anda tidak perlu menunggu pembeli baru jikalau Anda bisa mengolah data customer yang ada, jadi tidak akan ada namanya toko yang sepi sepanjang tahun. Sayangnya didalam marketplace tidak terdapat suatu fitur yang menampilkan database ini.

4. Proses pembayaran lama

Proses konfirmasi pembayaran order yang menunggu validasi dari marketplace, memang akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan bahkan jika customer Anda lupa melakukan konfirmasi transfer yang akan mendapat batunya yaitu Anda. Anda akan dicaci maki alasannya tidak eksklusif memproses order mereka setelah dilakukan transfer, padahal dalam proses ini Anda tidak dapat ikut campur.

5. Lamanya pembayaran barang diterima

Anda baru akan mampu menerima pembayaran barang yang telah Anda kirimkan saat barang tersebut telah sampai di tangan pembeli dan pembeli telah memperlihatkan feedback bahwa barang dterima. Bayangkan jikalau, barangnya nyasar dalam pengiriman kurir belum lagi customer yang lupa lapor bahwa barang telah hingga sedangkan Anda membutuhkan uang tersebut untuk balik modal. Apakah yang akan Anda lakukan?

6. Tidak mampu melakukan branding

Tentu saja tidak mampu, pada marketplace tertentu Anda tidak diperkenankan mengirimkan link apalagi menyampaikan watermark nama bisnis Anda. Sehingga hal ini akan mampu menghambat bisnis Anda untuk berkembang lebih cepat.

Adanya kekurangan-kekurangan tersebut terkadang memicu para seller sukses di marketplace untuk membuat website sendiri supaya mempunyai scalability yang lebih baik, membangun brand, dan mengelola data toko online. Agar website Anda sanggup berkembang dengan cepat maka Anda membutuhkan cms toko online yang sanggup membantu website Anda mendapatkan penjualan dengan cepat dan praktis. Dan tahukah Anda bahwa JagoanStore.com yaitu CMS jasa penyedia website yang mampu mengcover semua kebutuhan Anda.

Tidak percaya? cek saja fitur lengkap yang dapat Anda miliki pada halaman fitur lengkap JagoanStore.com dan pilihan template yang disediakan juga banyak.

Tunggu apa lagi? Langsung saja melakukan order JagoanStore.com melalui halaman order cms toko onlin terbaik di sini. Mau tunggu apa lagi? Jangan sampai didahului kompetitor!

Tinggalkan komentar