Mengenal Model Bisnis E-Commerce (B2b, B2c, C2b, C2c)

E-commerce merupakan akronim dari electronic commerce, yaitu segala program komersial (perdagangan mencakup barang dan jasa) yang dilakukan melalui jaringan elektronik atau internet. Istilah pemasaran online, internet marketing merupakan makna yang sama dengan E-Commerce.

Riset terbaru Google dan Temasuk dalam laporan e-Conomy SEA 2018 memperlihatkan bahwa ekonomi digital Indonesia tahun ini mencapai US$27 miliar atau sekitar Rp391 triliun.

Mungkin banyak mengikuti dan memakai banyak sekali macam platform online yang berkembang baik hanya sekedar menjual barang bekas via marketplace, mengambil foto dan mengupload foto produk via media sosial kemudian memperlihatkan kepada sobat maupun saudara. Cara-cara yang sederhana inilah yang menjanjikan dan tentunya menghasilkan pundi-pundi rupiah.

E-Commerce tidak sebatas itus saja, ada beberapa istilahnya yang cukup luas yang harus diketahui bersama, diantaranya ialah B2B, B2C, C2C. Berikut penjelasannya:

E-Commerce B2B atau Business to Business 

E-Commerce merupakan jenis bisnis yang identik dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Antara pelaku bisnis yang satu dengan yang lainnya mempunyai kepentingan bisnis yang saling berafiliasi dan saling bergantung
  2. Adanya suatu proses bisnis dalam suatu sistem yang terintegrasi.
  3. Adanya ikatan bisnis yang terperinci antara pihak yang satu dengan yang lain dengan masa kontrak tertentu.
  4. Umumnya dilakukan oleh kalangan industri yang menyediakan barang dan jasa dalam skala besar untuk mencukupi kebutuhan perusahaan.
  5. Pemain B2B bekerja secara profesional dan memakai promosi melalui website perusahaan, presentasi melalui pekan raya, maupun menyampaikan penawaran pribadi.

Contoh e-commerce B2B (business to business) Indonesia yang mungkin Anda kenal yaitu Ralali.com, IndoTrading.com, Kawan Lama, Electronic City, Indonetwork, dan Mbiz. Bisnis tersebut mempunyai platform ecommerce yang khusus menyasar perusahaan dan bekerja dalam lingkungan tertutup. Di Indonesia, model bisnis ecommerce B2B belum tergarap maksimal oleh para pelaku bisnis. Salah satu startup tanah air yang sukses membidik peluang pasar ini yaitu MBiz, anak usaha Grup Lippo.

E-Commerce Business to Consumer (B2C)

E-Commerce Business to Consumer mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini:

  1. Direct Business. Adanya interaksi pelaku antara produsen/supplier/biro dengan konsumen secara eksklusif.
  2. Tidak adanya kontrak dalam waktu tertentu antara kedua belah pihak.

Contoh pemain ecommerce B2C di Indonesia ialah Blibli, Jd.id, dan Lazada. 

E-Commerce Consumer to Business (C2B)

E-Commerce Consumer to Business (C2B) memiliki ciri-ciri seolah-olah berikut ini:

  1. Adanya suatu kebutuhan atas usul khusus dari konsumen terhadap produsen.
  2. Model bisnis ini didominasi oleh bisnis dalam bidang jasa.

Contoh platform C2B, yakni istockphoto.com yang menjadi media bagi para fotografer individu untuk mendapatkan royalti apabila ada yang menggunakan fotonya.

E-Commerce Consumer to Consumer (C2C)

Model bisnis ecommerce terakhir adalah C2C (consumer to consumer), yang kemudian terbagi lagi menjadi dua model yaitu marketplace dan classifieds/P2P. Dalam kategori C2C e-commerce ini, konsumen individu dapat menjual maupun membeli produk dari konsumen lainnya. Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia merupakan beberapa contoh marketplace yang paling dikenal di Indonesia. Selain melalui marketplace, program jual beli juga juga sanggup dilakukan secara pribadi antar individu, tanpa adanya termasuk dari pihak ketiga. Beberapa teladan platform dengan model bisnis ini ialah OLX, Kaskus, sampai melalui Instagram.

Seperti yang sudah Anda amati, ada beberapa model bisnis e-commerce yang tersedia, masing-masing mempunyai manfaatnya sendiri. Hal yang benar untuk dilakukan ialah menganalisis model bisnis Anda dan kemudian memilih model yang sempurna.

Baca artikel menarik lainnya:
harus di isipenjualan-jet-commerce-meningkat-hampir-sembilan-kali-lipat-pada-ramadhan-2019/

harus di isiaplikasi-canggih-untuk-membuat-magnet-uang-di-instagram/

harus di isiaplikasi-akuntansi-online-yang-membebaskan-anda-dari-kesibukan-mengurus-bisnis/

Tinggalkan komentar