Mari Belajar Bisnis Dari Perempuan Cantik Pemilik Salon “Drybar”

Belajar kok ke salon? Berhias dan mempercantik diri mungkin wajar bila pilihannya ialah dengan pergi ke salon. Wah, jangan pesimis begitu dulu. Anda akan terkejut dikala mendengar beberapa uraian dari co-founder salon “DryBar” dalam hal bisnis.

Membuka salon pertamanya di Las Vegas, dengan slogan “No cuts. No color. Just blowouts!”, co-founder “DryBar” Ali Webb meyakini bahwa usahanya akan berkembang pesat. Memang, kalau berbicara soal bisnis salon, banyak tantangan yang akan dihadapi. Mulai dari banyaknya pesaing hingga karakteristik konsumen yang bervariasi. Tapi, bagi ibu dari dua anak ini, semua tantangan di bisnis salon ini justru sangat mudah ditaklukan jika melaksanakan satu kunci: “Fokus”.

Gerai salon pertama DryBar di buka pada tahun 2010. Tidak perlu waktu lama, kini sudah ada 70 gerai salon “DryBar” di seluruh wilayah USA. Menakjubkan! Bisnis keluarga yang dinaungi oleh Ali Webb, suaminya dan juga saudara laki-lakinya Michael LAndau ini telah berhasil mendapatkan penghargaan “100 Brilliant Ideas of 2010” dari majalah Entrepreneur Magazine dan juga penghargaan New York Magazine’s Boom Brands di tahun 2013. Nah, yuk kita intip beberapa hal dari jejak sukses perempuan anggun dari salon “DryBar” ini.

  1. Ali Webb memulai hari mirip perempuan normal lainnya

Tidak terjebak dengan label entrepreneur sukses. Ali Webb justru paham artinya keseimbangan dalam hidup. Terbukti setiap hari, dia mengawali hari seolah-olah layaknya ibu dengan dua anak normal lainnya. Ia harus mempersiapkan sarapan, membangunkan anak-anaknya, dan mengantar anak ke sekolah. Tidak lupa setelah melakukan semua hal tadi, beliau selalu menyempatkan diri untuk berolahraga.

  1. Selalu menyempatkan diri untuk membaca

Salah satu pesan penting yang disampaikan Ali Webb adalah di antara seluruh kesibukannya mengurus bisnis, ia selalu ingat untuk membaca. Salah satu buku favoritnya adalah eat, pray, love karya Elizabeth Gilbert. Ali Webb juga memberikan rekomendasi buku Small Great Things karya Jodi Picoult untuk acuan bacaan. Ia memberikan bahwa dengan membaca buku dia banyak mendapat inspirasi untuk menjadi eksklusif yang lebih baik lagi. Makara, yuk mulai baca buku lagi!

  1. Belajar untuk fokus

Ali Webb yang semasa kecilnya bercita-cita menjadi pemain tenis ini mengakui bahwa hal tersulit di kehidupan ini yakni untuk menjadi fokus. Begitu banyak distraksi. Mulai dari keraguan dalam diri, keluarga hingga partner bisnis. Jadi, hal sederhana yang ia lakukan untuk mengurangi distraksi tersebut ialah dengan menaruh telepon genggamnya dan menjauh dari siapapun yang menghubunginya. Ia mengakui rutin melakukan hal ini setiap hari.

  1. Belajar mendengarkan kritik

Take criticism and feedback. Don’t get defensive, but rather learn and grow from it.” Ali Webb mengatakan itu berulang kali saat di wawancarai untuk entrepreneur.com. Ia meyakini bahwa menjalankan bisnis tidak akan lepas dari bermacam-macam kritik yang datang dari banyak orang. Mental yang besar lengan berkuasa dan kesiapan untuk mendapat kritikan sebagai masukan yakni hal yang sangat penting. Ali mengingatkan bahwa kritik ialah penolong bagi semua orang, termasuk seorang entrepreneur.

  1. Belajar bertumbuh menjadi langsung yang besar sejalan dengan membesarnya bisnis

Ali Webb menjelaskan bahwa perkembangan yang pesat dari bisnis yang sedang dia jalani yakni hal luar biasa di kehidupannya. Ia sekarang dilimpahi oleh penghasilan yang besar, penghargaan dunia dan tentunya orang-orang pintar yang bekerja untuknya. Ia menunjukkan saran bagi entrepreneur, bisnis yang besar harus dibarengi dengan langsung yang besar. Seperti berguru mempercayakan keputusan bisnis pada orang yang sudah Anda pekerjakan, Ali meyakini bahwa semua entrepreneur sudah merekrut banyak karyawan terpelajar. Inilah saatnya untuk menggunakan secara bijak kemampuan karyawan Anda. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan komentar