Ketika Tidak Fokus, Lima Hal Ini Sangat Membantumu!

“Bukan kasus mudah untuk bisa memastikan kita mampu tetap fokus pada sesuatu tanpa adanya gangguan dari mana pun”

Pernah mengalami stuck dikala mengerjakan sesuatu ? saat itu terjadi rasanya otak kita sudah buntu dan sulit diajak berpikir. Seolah-olah apa yang kita kerjakan berat dan sulit untuk di selesaikan. Dalam otak kita juga berpikir untuk mencara pelarian terus saat stuck  melanda.

Kemacetan pikiran ini bukan kamu saja yang satu-satunya yang sering mengalami. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika pada tahun 2017 kepada 2000 orang karyawan sebuah perusahaan, juga memunculkan fakta bahwa 80 % warga Amerika juga mempunyai potensi terjebak persaan stuck ketika mengerjakan rutinitas.

Ini semua bermula saat saat kita sedang tidak fokus, terlalu banyak gangguan yang tiba. Apalagi di dunia yang serba digital ini. Rasanya berbagai gangguan, mulai dari sosial media sampai video-video di youtube. Lantas, solusi apa yang pas untuk biasa tetap fokus ? simak beberapa tips berikut.

Buat Skala Prioritas

Penting untuk mengetahui hal apa saja yang terpenting yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Agar kita tetap fokus maka kita perlu untuk mendefinisikan dahulu pekerjaan apa yang harus kita simpulan dalam durasi tertentu. Bisa sehari, dua hari, atau hitungan jam.

Setelah tau pekerjaan apa saja yang harus kita selesaikan maka selanjutnya yaitu mendaftar mana saja poin-poin pekerjaan yang penting yang harus kita slesaikan segera. Secara mudah mirip ini, setiap pagi luangkan lima menitmu untuk menentukan tiga-lima pekerjaan yang harus kalian capai dalam satu hari.

Atur Ritme Kerja

Kualitas kerja kita mampu dipengaruhi lingkungan kita. Seberapa cepat kita tamat, seberapa kualitas hasil dari pekerjaan kita. Semua sanggup berawal dari lingkungan kerja yang mendukung. Yang mengetahui mana yang baik dan buruk itu dirimu sendiri.

Maka mulai lah mengamati lingkungan kerjamu, pikirkan  lebih dalam, hal apa yang selema ini mampu membantu saya menyelesaikan pekerjaan saya. Secara sederhananya menyerupai ini dikala kamu bekerja maka selama ada kopi / teh disampingmu maka bisa membuatmu cepat dalam merampungkan pekerjaan, maka sebelumnya kau juga harus mempersiapkan.

Minimalkan Gangguan

Dunia serba digital ini mampu saja menjadi gangguan pada kita. Ada banyak sebetulnya ganggua pada kita saat sedang merampungkan pekerjaan. Gangguan terbesar dari media umum. Kadang kita tidak sadar ketika sudah membuka instagram, kita terlalut dan tanpa sadar waktu berjam-jam telah kita habiskan.

Ada juga yang termasuk besar yaitu situs belanja online. Sudah mengaku saja, kadang kita diam-membisu membuka situs-situs itu dan kemudian melihat barang dan habislah waktu berjam-jam kita. Nah untuk itu, kau bisa meletakan smartphone yang jauh dari jangkauan dan mematikan koneksi internetnya untuk sementara waktu.

Istirahatlah Sejenak

Jika sudah terlalu penat istirahat lah sejenak, tidak terlalu usang, tidak lebih dari 30 menit. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa tingkat konsentrasi kita akan mengalami penurunan sehabis 90 menit kita fokus pada suatu pekerjaan.

Maka untuk beristirahat sejenak saat kita sedang fakus terhadap pekerjaan merupakan hal yang penting. Ini juga bertujuan untuk menjaga performa kita tetap baik. Istirahat dalam hal ini bisa kau gunakan untuk meminum air, merenggangkan otot atau bahakn memejam kan mata sejenak alias power nap.

Maksimalkan Waktu Terbaikmu

Semua orang punya waktu khusus dalam sehari. Waktu dimana semua serasa magic, waktu dimana dikala kau melaksanakan pekerjaan itu seolah-olah kau bersemangat, inspirasi-wangsit berilian bermunculan di otakmu. Seoalah kau mampu merampungkan pekerjaan paling sulit dengan sikat di waktu terbaikmu itu.

Setiap orang berbeda-beda, ada yang menganggap waktu terbaiknya yakni jam 4-7 pagi. Ada juga yang menganggap waktu terbaiknya adalah di atas jam 10 malam. Setiap orang berbeda, maka tentukan waktu terbaikmu dan maksimalkan benar-benar untuk merampungkan pekerjaanmu.

 

Nah, untuk kini ketika kau kehilangan fokusmu merasa stuck di suatu pekerjaan, kau bisa mencoba lima hal diatas. Selamat mencoba.

 

Baca Juga Artikel Menarik ini

Pekerjaan Menjanjikan di Era Gig Economy

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gig Economy

Bisnis Olahraga Juga Menjanjikan

Tinggalkan komentar