Ketahui 13 Istilah Penting Dalam Project Management

Dalam menjalankan bisnis hal-hal atau istilah-istilah aneh mungkin akan sering kita dengar. Tentu tidak harus kita mengenal dan menghafal semuanya dalam 1 waktu. Sebab istilah ini akan kita kenal dan akan kita mengerti ketika kita mengalami atau menjalani sebuah kejadian dan proses sebuah bisnis. Termasuk istilah yang sering dan akan selalu kita dengar untuk sebuah project management. Lalu apa saja itu?

PURPOSE – Tujuan

tujuan dalam bisnis

Tujuan dalam bisnis via centralcontracts.com

Tanpa sebuah tujuan, tentu sulit bagi sebuah tim untuk mengerahkan usaha ekstra untuk merampungkan sesuatu. Sebelum Anda mulai mengatur planning, cobalah tentukan tujuan dari apa yang ingin Anda capai.

GOAL – Tujuan

Goals dalam bisnis via quotesgram.com

Goals dalam bisnis via quotesgram.com

Selain purpose, goal juga menjadi hal yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah tindakan. Tentu saja memilih sebuah tujuan dari apa yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai harusnya SMART: Specific, Measureable, Achievable, Relevant and Time bound.

RESOURCES – Sumber Daya

resources dalam bisnis via wisegeek.com

Resources dalam bisnis via wisegeek.com

Mnegidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan, mulai dari modal, sumber daya insan, peralatan atau tools, ruang, waktu dan hal lainnya. Tentu saja resources inilah yang nantinya akan memudahkan kita dalam mengerjakan semua kiprah-tugas. Tanpa sumber daya yang tepat, sebuah proyek bisa dipastikan akan gagal.

CAPABILITIES – Kemampuan

Capability dalam bisnis via jisc.ac.uk

Capability dalam bisnis via jisc.ac.uk

Jika semua sumber daya telah terpenuhi dengan baik, hal yang tidak bisa ditinggalkan yakni kemampuan. Memiliki kemampuan seperti keterampilan, pengalaman dan juga kemauan akan menciptakan setiap apa yang dikerjakan bisa dengan baik mencapai tujuan tertinggi.

DEBATES – Debat

debat dalam bisnis via facultyfocus.com

Debat dalam bisnis via facultyfocus.com

Dalam hal ini, setiap pemilik bisnis dituntut untuk bisa menganalisis situasi dari banyak sekali sudut. Salah satunya mendorong tim untuk mengeksplorasi semua kemungkinan, membuat daftar pilihan dari solusi yang paling layak dan kemudian memilih salah satu yang terbaik.

DECISIONS – Keputusan

Mengambil keputusan dalam bisnis ibarat bermain catur via newschannel9.news

Mengambil keputusan dalam bisnis seakan-akan bermain catur via newschannel9.news

Hal yang paling dasar harus dimiliki oleh seorang pebisnis bisa jadi ialah ketegasan dalam mengambil sebuah keputusan. Seberapa cepat mengambil sebuah keputusan, dan seberapa berani mengambilnya. Jika terlalu banyak orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan, risiko akan semakin besar. Oleh sebab yakni itu, pastikan Anda memilih orang yang tepat untuk membuat keputusan terbaik yang mungkin akan diharapkan di semua ketika-saat penting.

EXPLORATION – Eksplorasi

eksporasi dalam berbisnis via boonencinfo.com

Eksplorasi dalam berbisnis via boonencinfo.com

Mengeksplorasi setiap pilihan yang sudah tersedia. Menimbang mana yang pro dan yang kontra dengan sangat hati-hati.

TARGET DATE – Target Waktu

target date via sunlife.ca

Target date via sunlife.ca

Waktu yakni faktor yang sangat penting, dan tim Anda harus merampungkan kiprah tepat untuk demi mencapai sasaran yang sudah ditentukan. Jika tidak, tentu saja itu akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak sumber daya yang kita miliki demi tujuan yang sama.

TRANSPARENCY – Transparansi

TRANSPARANSI via temanahok.com

Transparansi via temanahok.com

Mengetahui siapa yang bekerja, siapa yang tidak mendapat peran di hari efektif kerja, tentunya akan membuat kita lebih praktis mengorganisir waktu demi menuntaskan tugas tepat pada waktunya. Ini merupakan transparansi kita terhadap waktu yang kita miliki dan waktu yang bisa kita gunakan.

PRIORITIES – Prioritas

prioritas via blogto.com

prioritas via blogto.com

Menjalankan sebuah pekerjaan termasuk di dalam bidang bisnis, tentunya penting bagi kita untuk bisa memilih prioritas di setiap tugas yang harus diselesaikan. Tentu saja ini akan kuat terhadap waktu yang kita miliki dan hasil yang akan didapatkan nantinya. Saat kita bisa menentukan prioritas, bisa dengan gampang juga kita menyesuaikan rencana yang akan digunakan nantinya.

ACCUONTABILITY – Akuntabilitas

akuntabilitas dalam bisnis

akuntabilitas dalam bisnis

Dengan adanya akuntabilitas ini,  seharusnya tidak akan membuat gundah dengan banyaknya tanggungjawab yang dimiliki. Dalam sebuah tim, memang penting untuk membagi setiap pekerjaan, namun untuk masing-masing individu, tentu mempunyai tanggungjawab untuk peran mereka sendiri.

RED FLAGS – Bendera Merah

bendera merah, artinya peringatan dalam tim via biggerpockets.com

bendera merah, artinya peringatan dalam tim via biggerpockets.com

Dalam hal ini benderah merah menjadi sebuah peringatan. Yang berarti bahwa penting mempunyai sebuah tim yang bisa saling mengingatkan bisa melihat suatu kesalahan. Tim harus bekerja sama untuk memecahkan duduk perkara dan percaya satu sama lainnya untuk menunjukkan dan memperlihatkan pendapat mereka.

CRITICAL PATH – Jalur darurat

citical path via humanenrich.com

citical path via humanenrich.com

Istilah ini mengacu pada jalur terpanjang yang dipakai untuk mencapai hasil yang bergantung pada pelaksanaan berbagai proses. Pastikan untuk mengidentifikasi jalur kritis sepanjang waktu pengerjaan proyek. Ini memungkinkan akan terjadi pergeseran, dimana semua bergantung pada sifat dari proyek yang sedang dikerjakan.

Nah, dari beberapa istilah itu, manakah yang sering Anda dengan dan Anda gunakan?

Tinggalkan komentar