Kesalahan Dalam Mengelola Keuangan, Yuk Hindari!

Kesalahan dalam Mengelola Keuangan – Yakinkah Anda dengan cara Anda mengelola keuangan selama ini? Coba pikir-pikir lagi, jangan-jangan Anda sudah melaksanakan kesalahan. Apa sajakah kesalahan dalam mengelola keuangan?

Lebih mementingkan kenyamanan

Nyaman ialah jebakan! Hasil yang lebih tentunya butuh jerih payah ekstra. Buanglah rasa malas dan beranilah mengambil tantangan.

Jadilah pribadi yang tidak mencari kenyamanan, alasannya nyaman rawan membuat kita dikendalikan oleh uang. Justru, jadilah individu merdeka yang memegang kendali atas uang.

Diversifikasi tanpa memikirkan matang-matang

Diversifikasi adalah istilah yang menggambarkan ketika kita memiliki berbagai instrumen investasi. Satu instrumen investasi saja sanggup menjadi rumit, terlebih ketika Anda harus membagi perhatian untuk instrumen-instrumen lainnya. Risiko yang diterima pun lebih besar, terlebih jikalau Anda kurang wawasan untuk mengelolanya.

Oleh hasilnya, jangan terlalu nafsu untuk memperbanyak instrumen, kemudian mengalihkan fokus dari instrumen yang sudah dimiliki. Ada baiknya Anda fokus mempelajari dan mengawasi satu instrumen terlebih dahulu.

Hanya mengandalkan satu sumber pemasukan

Jangan hanya bergantung pada satu sumber pemasukan. Akan lebih aman jika Anda mempunyai suatu investasi yang menghasilkan beberapa ajaran penghasilan. Jikalau salah sumber pemasukan Anda terhambat, Anda tetap memiliki cadangan.

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Membanding-bandingkan kondisi finansial Anda dengan orang lain tidak akan memperlihatkan Anda ketenangan batin. Hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu dan energi Anda. Fokuslah kepada taktik yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan.

Hanya mengikuti investasi kekinian

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak tren investasi gres yang bermunculan. Sebaiknya, sebelum benar-benar mengikuti investasi tersebut, Anda pikir-pikir dua kali.

Teknologi akan selalu berkembang. Investasi yang dikembangkan sesuai dengan teknologi ketika ini sangat berisiko untuk digantikan dengan teknologi gres yang lebih mumpuni.

Percaya tanpa bukti kuat

Peraturan selanjutnya dalam keuangan ialah jangan simpel percaya! Banyak orang yang tertipu investasi bodong. Sayangnya, banyak yang tertipu alasannya dibujuk oleh orang-orang terdekat.

Jangan naif dan berusahalah untuk mencari banyak bukti. Walaupun orang-orang tersebut akrab dengan Anda dan sangat Anda percaya, jangan ambil langkah sebelum ada bukti yang menyatakan bahwa hal tersebut bermanfaat dan aman.

Hanya mengandalkan tabungan

Hanya mengandalkan tabungan bisa jadi kurang efektif. Kita gampang sekali menggunakan uang yang sudah tersedia. Ditambah dengan kontrol diri yang kurang baik, bisa-bisa kita sering tergoda menggunakan tabungan.

Ada baiknya, Anda memasukkan kelebihan uang ke dalam aneka macam investasi selain tabungan, terutama yang membuat Anda sulit menjangkau uang. Dengan demikian, uang simpanan tersebut akan kondusif terjaga.

Memaksakan gaya hidup glamor

Fatalnya, ada sebagian pihak yang memaksakan diri hingga melakukan hal-hal di luar kemampuannya. Ada yang memaksa membeli barang-barang glamor dengan kredit, semoga dilirik orang lain.

Anda tidak perlu membuat orang lain kagum dengan apa yang Anda miliki. Percaya, deh, hal ini tidak akan membuat Anda benar-benar happy!

Ingin berguru lebih banyak perihal finansial?

Tenang, kini bisa belajar lebih mudah dengan berbagai artikel dari Mebiso. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempelajari hal-hal seputar bisnis dan entrepreneurship. Pilihlah topik yang menarik minat Anda, selamat berguru!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/236298

Tinggalkan komentar