Kenali Kesuksesan Bisnis Online Anda Dengan 12 Metrik Digital Marketing

Pernahkah Anda merasa bahwa apa yang Anda lakukan selama ini untuk bisnis online tidak membuahkan hasil?

Seringkali saya mendengar dan mendapat dongeng bahwa website, email marketing bahkan sosial media sekalipun belum mendatangkan keuntungan atau penjualan. Alhasil mereka bukan hanya menyalahkan provider website atau bahkan admin yang membantu mereka melaksanakan promosi. Padahal tolong-menolong kesalahan bisa muncul dari cara yang kita lakukan selama ini.

Terkadang kita hanya memposting produk, membagikan atau share ke sosial media tanpa melaksanakan pengawasan terhadap teknik yang digunakan. Mulai dari seberapa banyak orang yang datang ke wesbite kita, seberapa banyak orang yang aktif berkunjung di website kita dikala itu juga, hingga seberapa banyak orang yang membagikan konten kita di sosial media mereka.

Sampai di sini kita bisa memahami bahwa untuk menjalankan bisnis online yang sukses bukan hanya memposting seberapa banyak foto produk di sosial media kita, tapi juga membuat artikel pendukung baik di dalam website ataupun blog yang sudah ada.

Nah, kini mari kita mencari tahu apa saja yang PENTING kita perhatikan ketika menggunakan digital marketing sebagai pendorong teknik bisnis online kita.

Website

1. Page view

Percaya atau tidak, Anda dan jutaan umat di dunia manapun akan melihat sisi tampilan sebuah website terlebih dahulu sebeluma akhirya memberikan penilaian dan menetapkan akan berlangganan atau tidak. Sekalipun masih ada jutaan insan lainnya yang memang lebih mengutamakan kebutuhan mereka ketimbang sekedar memberikan penilaian tampilan website.

Hanya saja, sebuah kepercayaan di toko online akan tercipta ketika tampilan website memang mencerminkan suatu hal yang profesional. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan tampilan website. Mulai dari pemilihan template hingga dengan warna dan kesesuaian dengan produk yang kita jual.

Bahkan kini ketika Anda dipusingkan membuat website dengan tampilan yang menarik, Jagoanstore.com telah lama menjadi pilihan para pebisnis online untuk membuat dan mendapatkan website dengan tampilan yang menarik dan juga menjual. Tidak percaya? Silakan masuk ke dalam halaman berikut sekedar melihat dan memberikan review perihal tampilan website toko online masa depan Anda kelak.

2. Time spent on page

Selain tampilan website, Anda juga harus memperhatikan waktu yang dihabiskan oleh pengunjung ketika mereka masuk ke dalam website Anda. Sebab kadang tampilan yang menarik pun belum cukup dirasa untuk membuat orang betah dan memutuskan untuk membeli produk kita.

Lalu apa sebenarnya ukuran “baik” dan “buruk” yang membuat pengunjung menghabiskan waktu mereka di website kita?

Sebuah penelitian telah memperlihatkan bahwa seseorang akan benar-benar tertarik pada konten yang Anda posting. Selain itu mereka juga bertahan alasannya adalah navigasi atau informasi yang ada di website Anda terlalu membingungkan. Kini Anda sanggup memperhitungkan mana yang ingin dan bisa Anda gunakan untuk membuat orang betah berada di website Anda.

Campaign Marketing

3. Impressions Click for Display ads

Sebuah study dari ANA menunjukkan dimana sebuah pembelian iklan online dengan 36 merek utama di Amerika Serikat pada bulan Agustus sampai dengan September 2014, menemukan bahwa 11% dari iklan online dan 23% lainnya dari iklan yang ditampilkan di video.

Dengan kata lain, Display Ads kita benar-benar seperti dijalankan oleh sebuah mesin bukan kita sebagai manusia yang menjalankannya.

Sedangkan sebuah iklan berbayar yang terpenting bukan hanya sekedar muncul dan di klik oleh mereka yang melihatnya. Tapi seberapa banyak orang yang melaksanakan tindakan sesudah melihat iklan tersebut. Misalnya menelepon atau mengirim email baik bertanya lebih lanjut ataupun memesan produk kita.

Kita bisa berfokus pada angka yang ada balasannya akan membantu kita untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan tersebut.

4. Total form completions

Biasanya sebuah iklan atau link akan mengarahkan pengunjung kepada form yang kita buat. Form ini mempunyai kegunaan untuk mendapatkan leads mereka, mulai dari nama, alamat, email hingga dengan nomor telepon dan jenis bisnis mereka. Dari sini kita mampu mengolah dan mengirimkan penawaran sesuai dengan persona mereka.

Sayangnya, presentase pengunjung yang mengisi form pada landing page Anda adalah SPAM. Mulai dari data yang tidak lengkap hingga dengan data yang tida valid.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk solusinya bisa dimulai dengan memberikan konten yang benar-benar menarik dan membuat pengunjung ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari landing page Anda. Sehingga mereka mau untuk menyebarkan data yang valid dan sebetulnya. Jika sudah begini bukankah bisnis online kita akan jauh lebih gampang untuk dijalani.

Blogging

5. Social media shares

Ketika website toko online Anda dilengkapi dengan blog yang berisi artikel dan konten lain yang mendukung website utama Anda. Maka ini saatnya Anda memperbanyak share ke berbagai sosial media.

Sebab bukan hal yang sulit ketika pengunjung yang tertarik dengan konten Anda untuk membagikannya. Kini banyak plugin yang berfungsi untuk mempermudah shared sosial media, baik di WordPress atau CMS blog lainnya.

Salah satu alasan mengapa konten blog Anda harus dibagikan yakni bahwa semakin banyak orang yang mengetahui website Anda, semakin banyak orang yang tertarik dan membagikan, maka semakin tinggi viewer konten dan blog Anda.

 

6. Comments

Selain fitur shared sosial media yang harus selalu ada, fitur comment di blog Anda juga harus aktif. Ini menyampaikan kesempatan bagi pengunjung blog Anda untuk meninggalkan jejaknya dan menjalin interaksi dengan Anda.

Begitupun Anda yang sanggup meninggalkan jejak dan berinteraksi dengan blog yang Anda kunjungi. Nama akun yang tertera akan memudahkan orang baru mengetahui dan mengunjungi website atau blog Anda. Kembali cara ini juga efektif mendatangkan pengunjung gres ke website Anda.

Search Optimization

7. Number of inbound links

Jangan salah kira bahwa mencantumkan link dari blog atau website lain akan memberikan imbas jelek bagi website atau blog kita. Justru itu membantu meningkatkan peringkat website kita di mesin pencarian. SEO Off-page juga sangat penting dipakai untuk meningkatkan viewer dan peringkat sebuah website di search engine. Sehingga memberikan link luar ke website kita merupakan serpihan penting dari seni manajemen SEO.

Tapi ingat dengan jumlah inbound link yang akan membantu website Anda mendapatkan peringkat tinggi dengan kata kunci tertentu. Selain itu juga dengan persentase kunjungan ke website kita dari lalu lintas organik dari range waktu yang telah ditentukan.

Email Marketing

8. Open rate

Selain menggunakan website dan blog, biasanya pebisnis online juga memanfaatkan media online lain menyerupai email marketing. Di sini metrik yang paling penting yaitu open rate atau jumlah orang yang membuka email yang kita kirimkan kepada mereka.

Tapi terkadang open rate email marketing memberikan kita hasil yang kurang memuaskan, mirip ketika sebuah email mencantumkan gambar. Ada beberapa akseptor yang mengaktifkan fitur receive image di email mereka. Selebihnya akan memblokir fitur ini. Dan ketika konten kita hanya berupa gambar, mereka seolah hanya mendapatkan email kosong.

Sehingga kita mulai memperhitungkan seberapa orang yang mengklik link yang kita sematkan di dalam email, ketimbang hanya memilih keberhasilan dari seberapa banyak orang yang membuka email kita.

9. Unsubscribe rate

Setiap marketers yang cerdas akan memberitahu Anda bahwa meminimalkan tingkat unsubscribe di email adalah hal yang baik. Mengapa?

Karena tingkat unsubscribe sanggup sedikit mengurangi leads kita untuk menggunakan email marketing selanjutnya. Sehingga kita bisa mensiasatinya dengan ditiadakannya tombol unsubscribe di dalam email marketing yang kita kirimkan. Sehigga mereka yang enggan membaca konten kita masih akan mendapatkan email kita selanjutnya.

Selain itu konten yang kita berikan juga harus menarik dan membuat mereka selalu ingin menerima email kita selanjutnya. Teknik copywriting di dalam email marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ketertarikan peserta email terhadap tindakan yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Blogger2

Social Media

10. Facebook page likes

Setelah website, blog dan email marketing, sekarang saatnya Anda melengkapi seni manajemen digital marketing dengan akun di sosial media, mirip Facebook Page. Bahkan mempunyai jumlah like yang banyak di Fanspage kita akan menciptakan kita terlihat sedikit mencolok di semua halaman sahabat mereka. Dengan begitu artinya banyak orang yang tahu siapa dan apa yang kita miliki.

Namun berdasarkan Kissmetrics, Fanspage likes bahu-membahu tidak banyak berkolerasi dengan banyak proses bisnis. Bahkan, hanya ada 1% dari pengguna Facebook yang menyukai Fanspage kita benar-benar mengunjungi website atau blog kita. Dengan kata lain, ada banyak orang yang menyukai Fanspage kita tapi tidak banyak terlibat dengan konten yang kita buat. Bukankah ini menyerupai sebuah hal yang percuma? 🙁

Sehingga Anda perlu membaca artikel berikut ini untuk bisa membuat sebuah halaman Facebook yang benar-benar memberikan daya tarik bagi siapapun yang mengetahui dan bahkan yang ada di dalamnya.

11. Twitter Impressions

Selain Facebook, Twitter juga masih banyak digunakan sebagai media promosi bagi sebuah bisnis. Mungkin menggunakan Twitter tidak memperlihatkan tindakan yang berarti dari follower Anda. Mereka hanya melihat seberapa kali Anda memposting konten, terlepas dari apakah mereka mengklik link yang Anda sematkan.

Namun dengan mengatakan link di dalam konten yang kita posting akan memberikan kita sedikit pencerahan apakah konten kita menarik atau tidak bagi mereka. Selain itu jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Hashtag dan juga tranding topics untuk menarik perhatian follower Anda.

Product Marketing

12. Total registered users

Sebelumnya pernahkah Anda mendaftarkan diri untuk medapatkan layanan atau mendownload aplikasi. Setelah itu Anda hanya menggunakannya untuk login sekali atau dua kali saja?

Nah, pundak-membahu ketika Anda melakukan ini bisnis tersebut akan memanfaatkan data Anda untuk leads penawaran produk atau layanan mereka selanjutnya. Dari masalah ini Anda sanggup menjadikannya sebagai wangsit untuk melakukannya di bisnis Anda.

Anda mampu menawarkan produk aksesori atau layanan yang lebih istimewa lagi kepada pengunjung yang sudah dan tertarik dengan produk Anda.

Data tersebut juga penting bagi Anda untuk mengetahui dimana letak ketertarikan mereka, seberapa banyak yang tertarik dan mengapa mereka tertarik. Anda bisa mengolahnya menjadi data yang akan dimanfaatkan untuk penawaran produk atau layanan selanjutnya. Bukankah ini cukup menarik bagi sebuah bisnis yang sedang ingin merintis dan mengumpulkan leads untuk bisnis mereka?

Kini apakah Anda harus melakukannya satu persatu? Lalu apakah semua cara diatas bisa Anda lakukan dengan teknik yang apa adanya?

Tentu saja tidak. Anda masih mempunyai pilihan untuk melaksanakan teknik yang mana yang berdasarkan Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Begitupun dengan bagaimana Anda mencar ilmu melakukannya.

Ketika Anda dipusingkan dengan cara belajarnya, Workshop Digital Marketing akan membantu Anda untuk menjawab rasa ingin tau Anda dan keingintahuan Anda ihwal teknik digital marketing yang dirasa sangat optimal untuk sebuah bisnis online, termasuk bisnis Anda.

 

Saya yakin Anda pun tidak mau ketinggalan dan bahkan ingin lebih unggul dari mereka. Makara inilah saatnya Anda memperlihatkan siapa diri Anda dan apa yang HEBAT dari bisnis Anda.

Tinggalkan komentar