Kamu Wajib Tahu Ide Startup Tidak Melulu Dari Dunia It, Mereka Bukti Startup Indonesia Yang Sukses!

Indonesia, negara dengan ribuan pulau dan ratusan juta penduduk memiliki lebih banyak potensi untuk menjadi lebih dari sekedar negara berkembang. Meski punya banyak problem yang menjadi PR bagi semua kalangan, mulai dari pemerintah hingga masyarakat, tapi Indonesia memiliki lebih banyak sumber daya untuk membuat solusi mereka sendiri.

Dari banyaknya masalah, sumber daya insan dan didukung kemudahan yang terus berkembang, Indonesia mulai bangkit dan populer diseluruh dunia dengan prestasi anak dalam negerinya. Teknologi yang terus berkembang, membuat setiap dilema yang ada semakin gampang untuk dipecahkan. Startup, ialah salah satu solusi yang diciptakan untuk mengatasi setiap masalah di masyarakat dengan pinjaman teknologi.

Banyak yang mendefinisikan startup sebagai sebuah perusahaan atau bisnis yang gres saja bangun. Belum berbentuk PT dan masih merintis. Tapi yang niscaya startup didirikan untuk memperlihatkan dan menjadi solusi bagi setiap problem yang ada di lingkungan. Bukan hanya berorientasi pada bisnis dan profit semata, tapi lebih kepada memberi impact bagi masyarakat luas.

Berkat teknologi, semua bidang di sekitar kita bisa menjadi solusi bagi duduk perkara di masyarakat. Nah, kira-kira apa ya solusi yang diberikan dan diwujudkan dalam bentuk startup berbasis digital di Indonesia ini?

1. Pendidikan

Indonesia memang kaya akan sumber daya insan yang cerdas dan berpotensi menjadi generasi yang memajukan Indonesia di mata dunia. Tapi nyatanya, sistem pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata “WAW”. Masih banyak dari adik-adik kita yang sulit menjangkau pendidikan yang layak. Bahkan masih banyak dari mereka yang kesulitan mendapatkan isu terkait pendidikan di Indonesia.

Dari masalah yang cukup besar inilah, banyak bermunculan startup yang fokus pada dunia pendidikan. Mulai dari menyediakan tenaga pendidik maupun menyediakan materi pelajaran secara online atau digital. Tentu saja, ini sangat membantu siapapun untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Salah satunya adalah ruangguru.com, pesonaedu.com, dan 7pagi.com.

2. Otomotif

Meski tidak begitu sejalan dengan dunia pendidikan, bidang ini memperlihatkan banyak peluang bagi para pendiri startup di Indonesia. Banyaknya dilema yang muncul mulai dari antrian yang cukup panjang dan membuat banyak waktu terbuang dikala hendak melaksanakan service sepeda motor ataupun mobil.

Olride.com adalah salah satu startup yang berhasil membuat solusi bagi para pengguna kendaraan bermotor. Meski terbilang gres, dunia otomotif sangat menjanjikan bagi dunia teknologi kedepannya.

3. Kesehatan

Jika pendidikan mempunyai solusi bagi setiap dilema mereka, maka dunia kesehatanpun juga mempunyai solusi dari setiap problem mereka. Banyak dilema yang bermunculan di dunia pendidikan. Mulai dari masyarakat yang kesulitan berkonsultasi dengan dokter lantaran mahalnya biaya untuk berobat. Hingga lamanya antrian yang membuat banyak pasien mengeluh usang dalam hal pelayanan.

Pasienia, MeetDoctor, Alodokter, dan Reblood yaitu beberapa acuan startup yang fokus berkembang di dunia kesehatan. Melihat dunia ini sebagai peluang untuk membuat solusi bagi masyarakat luas. Startup tersebut memakai teknologi semoga lebih luas menjangkau masyarakat dimanapun dan mampu dipakai kapanpun.

4. Pariwisata

Siapa yang tidak tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara tujuan para wisatawan asing yang siap berlibur dan membantu mempromosikan Indonesia ke mata dunia. Banyaknya tempat wisata di Indonesia dengan pesona yang sangat luar biasa, membuka mata para pendiri startup sepeti Yuktravel.com, tripvisto.com dan juga Traveloka.com untuk mendirikan startup yang bergerak di bidang pariwisata.

Mereka bukan sekedar menyediakan layanan travel bagi para wisatawan, tapi juga menawarkan banyak informasi tempat yang harus dikunjungi para wisatawan di hampir semua wilayah di Indonesia. Berkolaborasi dengan dunia digital, startup ini mampu membantu para wisatawan menemukan destinasi tujuan berlibur mereka di Indonesia.

5. Kuliner

Jika dunia pariwisata telah menemukan banyak solusi melalui dunia startup, maka dunia masakan yang juga sejalan dengannya juga menjadi sasaran dari para startup founder di Indonesia. Kuliner di Indonesia yang sangat bermacam-macam memperlihatkan banyak pandangan gres untuk munculnya startup di dunia kuliner.

Mulai dari Happyfresh yang menyediakan banyak bahan kuliner dan sanggup diantar, memberikan solusi bagi masyarakat yang sibuk namun tetap ingin memasak. Zamato.com yang memperlihatkan solusi bagi siapapun yang berkunjung ke Ibukota dan ingin mencicipi masakan di kota tersebut. Hingga Makan Di Mana yang memperlihatkan rekomendasi bagi siapapun yang resah mencari daerah makan terdekat dengan lokasi mereka saat itu.

6. Fashion dan Kecantikan

Fashion dan kecantikan, bukanlah hal gres di dunia digital sekalipun. Banyak toko online dan marketplace yang menjual produk fashion dan kecantikan. Tapi tidak banyak yang menyediakan daerah bagi mereka yang bergelut di dunia ini untuk menyalurkan produk mereka.

Seperti halnya Hijup.com yang menjadi salah satu startup yang bergerak dan fokus di bidang fashion untuk kaum muslimah. Salestock yang juga memperlihatkan solusi bagi para penggila dunia fashion untuk menemukan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Hingga Femaledaily yang menjadi portal bagi perempuan yang ingin mengetahui update terbaru hingga review produk kecantikan.

7. Transportasi

Siapa yang tidak kenal Gojek, Uber dan Grab? Mereka yakni para startup yang bergerak di dunia transportasi di Indonesia. Bukan hanya membuat ekspresi dominan ojek online, mereka pun bahkan sudah membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat di kota-kota besar di Indonesia.

Dunia digital yang awalnya hanya akrab dengan mereka lulusan IT saja, kini dengan praktis diaplikasi bahkan untuk dunia transportasi. Meski sering terlihat saling bersaing, namun solusi yang diciptakan bisa memperlihatkan pengaruh besar pula bagi lingkungan.

8. Crowdfounding

Mungkin bagi sebagian orang hanya dunia bisnis yang menghasilkan profit saja yang dapat berkolaborasi dan membuat startup. Tapi kembali pada tujuan awal yaitu memperlihatkan solusi bagi masyarakat. Termasuk menyediakan platform untuk penggalangan dana atau kontribusi.

Kitabisa.com, ayopeduli.com dan juga wujudkan.com yaitu beberapa nama startup yang fokus menyediakan platform penggalangan dana atau kontribusi dan menyalurkan bagi siapapun yang kurang membutuhkan. Tanpa bermasuk riyak, startup ini memperlihatkan tempat dan wadah yang terpercaya bagi siapapun yang ingin mendonasikan sedikit rejeki mereka bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

Nah, itulah kedelapan startup yang bahkan awalnya tidak berhubungan pribadi dengan dunia IT. Mereka ialah startup yang fokus mengatakan solusi dan berkolaborasi dengan perkembangan dunia digital ketika ini.

Masyarakat yang cukup dengan dunia digital bukan hanya akan menjadi user tapi juga pengamat dan pendukung startup yang dikala ini sedang berjalan. Itulah sebabnnya, ide startup terbukti tidak hanya muncul dari dunia IT saja. Meski mereka tidak mampu dipisahkan satu dengan lainnya, namun startup tetaplah startup yang fokus pada solusi bagi masyarakat.

Bahkan untuk saat ini bagi siapapun yang memiliki ide yang dapat menjadi solusi bagi masalah di lingkungan, tidak perlu bingung bagaimana cara mendirikan sebuah startup. Sebab ada banyak yang mefasilitasi dunia startup bermunculan di Indonesia, salah satunya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Gerakan yang mencoba menjembatani dan memfasilitasi para calon startup founder dengan sejuta ide penuh solusi bagi persoalan di lingkungan.

Siapapun mempunyai ide, siapapun bisa memberikan solusi, siapapun bisa menjadi startup founder dan siapapun bisa memperlihatkan dampak bagi Indonesia. Termasuk kamu! 🙂

Tinggalkan komentar