Jangan Takut Bangkrut Dulu, Bisnis Kecilmu Bisa Sukses Dengan Cara Ini

Bisnis kecil biasanya mempunyai anggaran yang juga minim. Tantangan inilah yang harus segera diatasi, apalagi bila kebutuhan untuk produksi hingga pemasaran membutuhkan biaya yang sangat besar.

Minimumnya biaya membuat pemilik bisnis kecil harus memutar otak biar bisa menjadi lebih kreatif lagi. Dengan begitu pemasaran bisnis bisa menjadi lebih menarik dan tidak menghabiskan banyak biaya. Dan kabar baiknya ialah banyak sekali teknik atau metode pemasaran yang bisa digunakan. Contohnya saja bisa dimulai dengan website kita sendiri. Nah, berikut ini penjelasannya:

1. Optimasi website toko online

Bisnis kecil identik dengan dunia online. Bagaimana tidak, alasannya yakni media online memberikan akomodasi untuk mempromosikan baik dari segi cara sampai dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis. Menjalankan bisnis online akan sangat familiar dengan sosial media dan juga website toko online.

Kalau kamu menggunakan website toko online untuk berjualan, ini akan memudahkan kamu dalam memposting, dan melayani pesanan pelanggan. Karena beberapa penyedia website toko online akan menyediakan fitur yang lengkap untuk website toko online. Contohnya saja mirip website yang disediakan oleh Jagoanstore. Dengan tampilan yang menarik, website kau akan lebih optimal dan tentu saja bisa menarik perhatian banyak pelanggan online.

Selain website toko online, nama domain juga penting untuk mendukung bisnis online kamu. Kenapa? Dari nama domain pelanggan akan lebih simpel menemukan dan menghafal bisnis online kamu. Dan ini juga alasan kenapa domain sangat penting untuk website kamu.

Berarti website dan domain membutuhkan biaya mahal? Tidak juga. Di Jagoanstore kamu bisa mendapatkan website dengan fitur lengkap dan desain menarik dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi kini di Jagoanhosting, harga domain .com sedang murah-murahnya. 25000 kamu sudah bisa mendapatkan domain .com murah untuk website toko online kau.

2. Submit URL website ke mesin pencari

Setelah kau mempunyai website atau blog untuk berjualan online. Atau kau sudah memposting produk atau artikel, jangan dibiarkan begitu saja. Karena Google tidak akan pribadi dan gampang membaca halaman tersebut. Submit URL halaman postingan kamu ke mesin pencari.

Tujuan apa? Tentu saja untuk memudahkan mesin pencari sepert Google dalam membaca halaman kita. Dengan begitu pelanggan yang mencari info wacana produk kita akan lebih mudah menemukan halaman kita.

Dimana kita bisa men-submit URL itu? Untuk melakukan submit URL kamu bisa melakukannya di Google Submit URL. Kamu hanya perlu memasukkan link atau URL halaman produk atau artikel gres. Setelah melakukan verifikasi dengan captcha, kau bisa langsung submit. Memang tidak langsung terlihat kesannya, namun cara ini memudahkan Google membaca dan mengindex halaman di website atau blog kita.

3. Tunjukkan visi dan misi bisnismu

Bisnis kecil atau bisnis online akan mengalami kesulitan di awal mereka berdiri, salah satunya yaitu kepercayaan dari pelanggan itu sendiri. Penting untuk kita meyakinkan mereka dengan banyak sekali cara dan dengan cara yang baik.

Contohnya saja dengan memperlihatkan visi dan misi bisnis kita. Kita bisa menuliskannya di blog atau di halaman About Us website kita. Beri klarifikasi perihal apa dan siapa kita, bisnis kita, visi dan misi bisnis kita, bahkan apa saja yang akan didapatkan oleh pelanggan.

Tidak perlu memberikan kata-kata yang berlebihan. Sekalipun harus menarik, tapi kalimat yang terkesan berlebihan justru tidak akan dipercaya oleh pelanggan.

4. Mintalah feed back dan testimonial dari pelanggan

Siapapun dihentikan untuk bersikap sombong. Entah mereka yang memiliki harta banyak ataupu yang masih merintis bisnis kecil seolah-olah kita. Jangan ragu untuk meminta feed back atau sekedar saran kepada pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai dan dianggap penting dikala mereka dilibatkan dalam pembangunan bisnis kecil kita.

Selain itu, mintalah testimonial kepada pelanggan yang sudah membeli produk kita. Baik atau jelek tetap harus diterima dan dievaluasi. Testimonial inilah yang juga bisa membangkitkan kepercayaan dan gairah calon pelanggan untuk membeli produk kita. Cantumkan saja testimonial pelanggan di website atau sosial media. Tanggapan konkret akan menciptakan orang mau mencoba dan memberi tanggapan serupa.

5 Buat dan kirimkan newsletter

Salah satu cara yang harus selalu dilakukan oleh bisnis kecil yaitu dengan memperkenalkan diri lebih banyak melalui media yang berbeda. Contohnya dengan membuat dan mengirmkan newsletter kepada pelanggan. Isinya wacana apa? Apa saja, mulai dari tips atau informasi seputar dunia bisnis kau, bahkan kau bisa menyelipkan potongan promo produk di newsletter tersebut.

Newsletter dengan warta penting akan disimpan oleh pelanggan. Dengan ini juga membuat pelanggan mudah mengingat kita dan bisnis kita.

6. Persentasikan bisnis kau

Jika bisnis kau masih kecil dan membutuhkan media promosi, kau bisa mempromosikannya lewat persentasi yang kau lakukan. Kalau kau seorang mahasiswa yang juga berbisnis online, kau bisa mempresentasikan bisnis kau di depan sahabat-sahabat kau, bahkan memasukkannya di dalam bahan dan peran persentasi di kampus.

Tentu saja dengan cara yang berbeda. Tidak terlalu menjual dan tidak juga terlalu menyamarkan. Sebutkan saja apa bisnis kau, apa yang kamu berikan dan apa keuntungan pelanggan kau.

7. Berikan penawaran menarik

Berbagai penawaran mampu meningkatkan jumlah permintaan dan pemesanan pelanggan di suatu bisnis. Seperti diskon, pengiriman gratis, hadiah menarik hingga konsultasi gratis. Termasuk untuk bisnis kecilmu. Kamu bisa memberikan pelanggan beberapa penawaran menarik saat mereka berbelanja di toko onlinemu. Ada banyak cara untuk memberikan kesenangan kepada pelanggan memang, seperti yang ada di artikel ini.

Sebuah study psikologi menyebutkan, bahwa apapun yang membuat seseornag senang atau bahagia, akan cenderung diulang semoga mendapatkan kebahagiaan itu terus. Nah, di sini kita bisa menerapkannnya untuk memberi penawaran terbaik untuk pelanggan.

8. Ikuti pameran ataupun pameran

Salah satu media promosi yang murah bahkan gratis yaitu dengan mengikuti event, mirip pameran ataupun pekan raya. Sekalipun hanya di pasar ahad atau pasar dadakan, kamu harus mau memperkenalkan bisnismu ke banyak orang.

Jelaskan apa produk kamu dengan cara yang menarik. Bukan hanya dari segi harga saja, bisa jadi dari pelayanan hingga packaging produk kau. Jangan lupa ketika kau mengikuti sebuah acara, kartu nama wajib kau miliki. Sehingga ketika kau berkenalan dengan orang baru kamu tidak akan ketinggalan moment mendapatkan kontak person mereka dan mereka juga akan mengingat kau lewat kartu nama yang kau berikan.

9. Tag orang-orang yang kau kenal di sosial media

Kalau sudah mempromosikan produk atau artikel blog bisnis di sosial media, cobalah tag orang-orang penting yang memiliki banyak sahabat di sosial medianya. Ini akan membuat mereka mau melakukan share ulang, dan menampilkan postingan itu di beranda orang yang lebih banyak lagi.

Seperti saat Mebiso mewawancara seorang pebisnis online, dan melakukan share di sosial media, Mebiso tidak pernah lupa untuk melakukan tag atau bahkan sekedar mencantumkan link website di artikelnya. Ini akan membuat kedua belah pihak untung. Karena akan sama-sama dikenal banyak orang kan? Mau coba? 😀

10. Buat postingan di blog tamu

Menulis di website bahkan blog memang menjadi sebuah kewajiban kita dikala berbagi bisnis online. Namun apa traffic pengunjung dari website dan blog bisnis saja sudah cukup? Kita tentu membutuhkan pengunjung yang lebih banyak dan leads yang lebih banyak lagi. Untuk itu kita bisa memposting sesuatu di blog tamu.

Tapi tentu saja memposting di blog tamu yang maish relevan dengan bisnis kita. Jika tidak, pembaca di blog tamu tidak akan simpel tertarik. Carilah blog tamu yang mempunyai banyak pegunjung.

11. Ciptakan kontes atau perlombaan yang membutuhkan banyak media

Selain dengan memposting artikel kita juga bisa menarik minat pengunjung untuk masuk dan mengenal bisnis kita dengan sebuah kontes. Tidak perlu terlalu “ribet”, kontes seperti kuis di Twitter atau sekedar teka teki di Facebook juga bisa menarik perhatian orang untuk mencari tahu siapa kita. Saat mereka tertarik mengikuti kontes, mereka juga akan mengenal dan memperkenalkan bisnis kita ke orang yang lebih banyak lagi. Apalagi saat kontes itu memberikan hadiah, sekalipun hanya gratis pulsa.

12. Jangkau jaringan di sosial media gila

Sudah berapa sosial media sih yang kau gunakan sekarang? Pasti sangat banyak kan. Ini juga bisa jadi media kita dalam mempromosikan bisnisnya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, sampai dengan LinkedIn. Jangan ragu membuat akun untuk bsinsi kau. Dengan saya itu kau bisa mempromosikan bisnis dimanapun dan memperkenalkannya kepada siapapun di seluruh dunia.

13. Gunakan “email signature”

Ada kalanya kita mengirim email kepada sobat, atasan atau bahkan klien kita. Melalui email tersebut kita juga bisa mempromosikan bisnis melalui email yang kita kirimkan. Gunakan email signature untuk memperkenalkan diri dan bisnis kita kepada mereka yang mendapat email kita.

14. Bikin Vlog

Selain memposting artikel di blog, kita juga bisa memposting video baik di blog ataupun di Youtube. Video menjadi tools promosi yang paling ampuh dikala ini. Selain alasannya animo, video juga lebih mudah menarik perhatian dan dipahami oleh siapa saja yang menyaksikannya.

Kita juga bisa mempromosikan bisnis kita dengan video yang dibuat dan upload di banyak sekali media. Tidak perlu berdurasi panjang, video dengan durasi hanya 15 detik saja sudah bisa menjadi iklan gratis yang ampuh bagi bisnis kita.

15. Gunakan hashtag untuk promosi bisnis

Jika kamu menggunakan Twitter sebagai media promosi atau Instagram untuk berjualan, maka Hashtag tidak pernah terlewat dari setiap postingan kamu. Dengan hashtag postingan kita memang bisa lebih gampang ditemukan bahkan bukan mustahil menjadi trending topic pembicaraan di sosial media. Untuk itu bangun nilai dan merk awareness pelanggan melalui hashtag yang muncul di sosial media.

16. Optimalkan komunitas lokal

Salah satu cara promosi lainnya yang dirasa ampuh yaitu dengan lebih sering berkumpul dan mengikuti komunitas lokal. Melalui komunitas kita akan mendapatkan lebih banyak kenalan, dan juga mempunyai media promosi mudah dan tentu saja gratis. Berbagi ilmu juga akan jadi kewajiban kita dan laba kita dikala mengikuti komunitas.

17. Jangan abaikan klien lama

Sering terjadi pada bisnis kecil yang terus beranjak naik, yaitu meninggalkan dan mengabaikan klien usang mereka. Padahal mereka yaitu orang yang pertama kali membuat bisnis kita dikenal dan beranjak naik. Bukan mustahil justru merekalah yang membuat banyak orang tiba dan menjadi pelanggan kita lainnya.

Untuk itu jangan pernah mengabaikan klien usang kau. Ajak mereka untuk sekedar berdiskusi atau bahkan hanya menyapa melalui email. Tanyakan kabar mereka hingga berujung pada memperlihatkan kembali produk kita. Mereka yang memang tertarik tidak akan keberatan untuk membalas dan menanggapi email kita.

18. Memiliki vendor tetap

Bisnis kecil memang harus akil-terpelajar mencari partner atau hubungan untuk bisnisnya. Seperti ketika mencari vendor untuk memproduksi barang yang dijual. Jika salah bukan hanya rugi dari segi uang, kita juga akan kembali kesulitan menemukan yang baik. Untuk itu mencari vendor tetap yang juga bisa dipercaya harus dilakukan dengan benar. Carilah reverensi terlebih dahulu untuk vendor yang akan kita gunakan. Tanyakan pada rekan atau mereka yang juga menyediakan produk serupa dengan kita. Bukan untuk menyaingi, melainkan hanya untuk mencari reverensi vendor yang baik dan dapat sama-sama menguntungkan.

19. Daftarkan bisnis di direktori online

Bisnis kita akan sulit dikenal, saat kita hanya diam dan tidak banyak melakukan hal. Seperti mendaftarkan bisnis kita di direktori online. Sekarang banyak direktori online yang menampung website toko online dan membantu pemilik toko online untuk mempromosikan bisnis mereka, contohnya saja Etalasite.com. Hanya dengan mendaftarkan diri, website kita akan diupload dan dipromosikan. Kita bahkan juga bisa ikut mempromosikan melalui sosial media yang kita miliki.

20. Menjadi sponsor acara

Dan cara terakhir yang cukup ampuh yakni dengan menjadi sponsor sebuah jadwal. Tidak perlu menyediakan biaya, lantaran kita sadari bahwa kita juga sangat meminimalkan penggunakan biaya di bisnis kecil kita. Kita bisa menyediakan beberapa souvenir sederhana ibarat bolpoin atau noted dengan menyantumkan logo bisnis kita. Dengan begitu mereka akan sedikit terbantu dan kita juga mempunyai media promosi yang mudah dan juga murah.

 

Bagaimana menurut kamu? Masih ragu untuk berbisnis alasannya yakni tidak punya modal? Hampir semua pemilik bisnis memulai bisnisnya dengan modal yang minim. Meminjam dari sana-sini juga bukan hal baru. Namun yang terpenting ialah bagaimana kita bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan modal yang minim dengan upaya yang ada untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa sekaligus. Cocokkan saja dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis kau. 🙂

Selamat mencoba 😀

Tinggalkan komentar