Inilah Hal Yang Akan Anda Dapatkan Setelah Lama Menjadi Pengusaha

Sebagai seorang pebisnis seringkali kita hanya memikirkan bagaimana cara membangun atau mendirikan sebuah bisnis yang besar. Tapi kita jarang sekali berpikir perihal bagaimana sebuah bisnis dapat bertahan bahkan berkembang jauh lebih besar dari yang sudah kita miliki dikala ini. Jangan khawatir, ini sangatlah realistis.

Ketika seorang pebisnis atau pengusaha telah mencapai angka yang sudah remaja dalam pengebangan bisnisnya, pasti ada banyak hal yang sudah ia capai atau dapatkan. Mulai dari kegagalan sampai keberhasilan. Tidak jarang juga inilah yang bisa menginspirasi para pengusaha lainnya.

Lalu apa saja yang bisa didapatkan oleh kita yang sudah lama menjadi pengusaha?

1. Mengalami proses GAGAL

Sebagai pengusaha mungkin salah satu syarat biar kita bisa menjadi sukses yaitu mengalami kegagalan. Bangkrut bukan lagi hal yang harus ditakutkan. Jika Anda bertanya kepada beberapa pengusaha yang telah usang malang melintang di dunia bisnis, kegagalan ibarat kerugian finansial pasti pernah mereka alami. Jika Anda mempunyai pengalaman sebelumnya, mungkin kerugian ini bisa sedikit Anda cegah atau bahkan Anda atasi.

Seperti yang dikisahkan oleh Dimas Ade Wibowo tentang bisnisnya yaitu Interflorasia.com. Menurutnya “Jangan takut mulai berbisnis. Mulailah dari kecil, meniti ke yang besar. Jangan terlalu berlebihan kalau tidak mau rugi besar”

2. Keberhasilan juga sudah pernah dirasakan

Selain GAGAL, keberhasilan yakni salah satu yang pastinya Anda dapatkan ketika menjalani bisnis. Saat Anda mengalami kegagalan, itu artinya Anda telah mencar ilmu sesuatu dan pastinya bila Anda mengalami hal yang serupa untuk yang kedua kalinya, Anda niscaya jauh lebih bisa mengatasinya.

Menurut Bapak Pingatno Wibowo, owner Sepatutrendi.com bahwa “tidak ada cari uang dengan cara yang simpel, tidak ada laba tanpa resiko, bijaklah melihat kondisi pasar, dan jangan menyia – nyiakan kesempatan”

3. Anda bisa menyeimbangkan kehidupan langsung dan kehidupan bisnis

Saat pertama kali Anda berencana untuk menjadi seorang pengusaha, hal yang paling Anda resahkan ialah kehidupan eksklusif Anda akan mengalami gangguan. Karena terperinci waktu Anda akan banyak tersita untuk mengurusi dan mengelola bisnis Anda. Bahkan waktu langsung menyerupai berkumpul dengan keluarga, sobat bahkan bermain juga akan berkurang.

Ketika Anda sudah usang menjalani hidup sebagai pengusaha, profesionalitas Anda juga akan secara alami terpupuk. Yang artinya Anda akan bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan kehidupan bisnis Anda. Keduanya akan sama-sama berjalan dengan baik dan menyampaikan hasil yang faktual.

4. Tidak pernah lagi khawatir perihal hal yang akan terjadi

Banyak orang yang berkata untuk bisa menggapai kesuksesan, hal paling dasar yang harus kita miliki yakni pikiran faktual terhadap apa yang kita lakukan. Bahkan bila Anda tidak percaya, mempunyai contoh pikir faktual akan membuat Anda bisa melampaui batasan diri Anda seniri. Bahkan Anda jarang sekali mempunyai pikiran untuk mengalah, karena Anda merasa bisa untuk melalui apapun yang ada di depan Anda.

5. Anda akan punya lebih banyak jaringan

Salah satu yang menjadi keberhasilan seorang pengusaha yakni mempunyai banyak sobat, korelasi bahkan jaringan. Bukan hanya sekedar memperluas pasar dan mendapatkan berjuta-juta pelanggan. Tapi jaringan juga harus terus diperluas. Anda mungkin bisa membayangkan ketika bisnis Anda ingin dikembangkan, tentu Anda membutuhkan banyak derma dari berbagai pihak bukan?

Keuntungan mempunyai jaringan yang luas salah satunya ialah membantu Anda untuk menerima pasar yang sangat luas. Juga pun mendapatkan bantuan dana yang kita butuhkan.

6. Melatih perilaku diri di depan banyak orang

Ketika Anda mulai bertemu dengan banyak orang, Anda akan tahu bagaimana caranya bersikap. Pasalnya perilaku yang kita miliki dikala bertemu dengan sahabat sebaya, pelanggan bahkan klien tentu saja berbeda. Banyaknya pengalaman akan membuat Anda belajar bagaimana bersikap ramah, rendah hati dan juga sopan.

7. Bahkan Anda tidak takut untuk mencoba hal yang gres dan berbeda

Sebagai pengusaha awam, Anda pastinya dulu merasa takut untuk melaksanakan aneka macam hal yang gres dan berbeda dari yang biasanya dilakukan. Tapi sebagai pengusaha, Anda memiliki tantangan besar, yaitu keluar dari zona nyaman dan mencoba hal yang benar-benar berbeda.

Saat Anda mulai dewasa menjadi pengusaha, tentu bukanlah hal yang menakutkan ketika harus mencoba melakukan hal yang “Gila”. Anda niscaya mau untuk melaksanakan hal yang berbeda dari biasanya. Bahkan menciptakan dan mencoba ide yang terperinci-jelas gres bagi Anda.

8. Anda akan belajar arti sebuah kesetiaan

Percayakah Anda, tanpa kesetiaan yang ada di dalam jiwa Anda sebagai pebisnis, bisnis Anda tentu tidak akan bertahan lama. Setia bukan hanya kepada janji diri sendiri, tapi juga kepada pelanggan, klien dan juga rekan bisnis Anda. Karena setiap orang yang setia pada hal sederhana, maka dia bisa dipercaya untuk menjalankan dan setia melakukan hal yang sedikit lebih besar lagi.

Kesetiaan akan membuat pelanggan ataupun rekan bisnis Anda menjadi sangat loyal terhadap Anda. Mereka bahkan tidak akan ragu untuk percaya kepada Anda. Bahkan jangan pernah berpikir untuk meninggalkan mereka disaat Anda sedang membangun bisnis yang jauh lebih besar dari yang sudah ada dikala ini.

9. Secara aktif Anda akan meminta feed back untuk terus bertumbuh

Anda tahu bahwa bertumbuh dan berkembang bukanlah hal yang mudah. Bisnis yang tidak hanya melibatkan 1 atau 2 orang saja mengharuskan Anda mau untuk meminta feed back kepada banyak orang. Tentang ide, planning bahkan perubahan Anda, Anda pasti akan memintanya kepada pelanggan, rekan kerja bahkan tidak jarang kepada keluarga.

Melalui feed back Anda akan mencar ilmu ihwal apa saja kekurangan dan kelebihan bisnis Anda. Tentu saja artinya ada yang harus Anda perbaiki atu tingkatkan dari sebelumnya. Feed back ini bisa menjadi salah satu penguat untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Nah, sekarang giniliran Anda. Memiliki banyak sekali pengalaman ataupun pelajaran dalam dunia bisnis tidak mengharuskan Anda mempunyai umur yang matang dalam dunia bisnis. Bahkan bisnis muda atau startup pun juga memiliki porsi yang sama bila memang mereka berniat untuk terus berkembang dan bertumbuh dalam bisnisnya.

Lalu bagaimana dengan Anda dikala ini? Pengalaman mirip apa yang pernah Anda alami? Share di sini yuk 🙂

Tinggalkan komentar