Ini Rahasia Kekuatan 4P Yang Mempengaruhi Penjualan!

Bisnis yang cepat berkembang dan menghasilkan ialah tujuan dari setiap pemilik bisnis. Tahukah Anda bahwa Marketing Mix ialah salah satu teori yang umum digunakan dalam dunia marketing, dimana teori ini bisa mensugesti angka penjualan dari bisnis Anda. Teori ini terdiri dari product, price, placement dan promotion atau yang lebih sering disebut dengan 4P.

Untuk lebih terang mengenai 4P, berikut penjelasannya:

1. Produk

Ingatlah bahwa produk yang Anda tawarkan harus menuntaskan problem atau setidaknya mempunyai fungsi yang terang. Desain yang menarik ialah salah satu daya tarik produk yang Anda tawarkan. Dan benar adanya, dimata pembeli kemasan dan desain produk yang menarik memiliki nilai lebih dibandingkan produk yang biasa saja.

Untuk itu buatlah desain yang atraktif serta tidak ada duanya untuk mengundang keingin tahuan orang mengenai produk Anda.

2. Price

Harga yang terjangkau, merupakan salah satu pertimbangan seseorang dalam membeli sebuah produk. Untuk itu, sebelum memilih suatu harga produk, Anda mampu melaksanakan survey kecil kepada masyarakat mengenai produk Anda dan berapa harga yang membuat mereka bisa dan mau membeli produk Anda.

Namun ingatlah, untuk tidak menggunakan data harga produk yang berada di bawah, sama atau sedikit diatas dari biaya produksi. Ambillah harga diatas biaya produksi, tetapi yang sesuai dengan kemampuan beli sasaran market Anda, meskipun ini artinya mempersempit sasaran market, itu tidak persoalan, lantaran suatu ketika mereka akan mengetahui harga yang Anda tawarkan memang selayaknya dengan produk yang mereka dapatkan.

3. Placement

Pemilihan lokasi dan biro yang tepat ialah hal yang patut Anda pertimbangkan. Akan sangat baik bagi Anda untuk tidak menjualnya pribadi kepada pengecer, selain menghemat biaya pengiriman Anda juga mempunyai kesempatan untuk melihat produk Anda dijual oleh pengecer-pengecer lain yang bekerja sama dengan distributor.

4. Promosi

Salah satu program yang mendekatkan pelanggan dengan produk Anda ialah dengan adanya promosi. Melalui program ini, Anda akan menyampaikan pesan yang akan diterima oleh sasaran pasar Anda mengenai perusahaan, produk dan lain sebagainya. Sehingga hal tersebut mampu menjadi salah satu pertimbangan pelanggan melaksanakan pembelian produk Anda.

Untuk membuat suatu promosi Anda harus memperhitungkan segalanya dengan baik dan matang. Karena jikalau Anda melaksanakan kesalahan maka tanggapan buruk menanti Anda. Ingat pula untuk menyelipkan info detail mengenai  perusahaan Anda pada saat promosi produk, isu yang perlu Anda berikan yaitu nama website, alamat dan nomor telepon untuk pemesanan.

Tinggalkan komentar