Ingin Membuat Blog, Lebih Baik WordPress Atau Blogger?

Ingin Membuat Blog, Lebih Baik WordPress atau Blogger? – Di periode yang serba internet seperti sekarang, arus informasi bergerak semakin cepat. Anda dituntut melek teknologi informasi agar tidak ketinggalan berita dan kurang update. Bahkan, ketika ini orang berlomba-lomba untuk menjadi penulis gosip atau membuatkan informasi dengan membuat blog. Pada awal di buat, blog merupakan suatu media untuk menyalurkan inspirasi, catatan harian dan tabrakan pena yang lalu diposting atau diupload ke blog. Sekarang, blog sudah berguna perhiasan yang bernilai plus untuk menerima penghasilan komplemen. Contohnya yaitu untuk berjualan online.

Ada banyak sekali platform blog yang bisa di gunakan secara gratis. Seperti Blogger, WordPress, Joomla, Tumblr, Jimdo, Webs, Squidoo, dll. Dan juga Github, yang lebih dikenal sebagai media social untuk coding, sudah mengeluarkan layanan membuat blog gratis. Jadi bagi Anda yang ingin menciptakan blog, Anda perlu untuk memilih dan memilah platform yang paling nyaman untuk Anda gunakan dengan fitur yang Anda minati. Blogger misalnya, platform ini merupakan milik Google dan terkenal lebih kondusif untuk digunakan dan blog Anda akan lebih simpel di deteksi di mesin pencari Google. Sedangkan WordPress merupakan penyedia layanan blog yang paling besar penggunanya di Indonesia. WordPress mempunyai fitur Template yang lebih lengkap daripada Blogger. Untuk lebih detailnya, ini ia penjelasan perihal kelebihan dan kekurangan keduanya:

  1. WordPress

WordPress merupakan platform paling terkenal di dunia alasannya ialah mempunyai pengguna terbesar dibanding platform blog lainnya. WordPress juga menyediakan dua pilihan hosting untuk penggunanya, yaitu self hosted atau hosting yang berbayar (wordpress.org) atau hosting gratis (wordpress.com). WordPress menyediakan plugin dan Theme terlengkap dan membuat pengguna sanggup leluasa untuk mendesain secara elok blog miliknya. Blog populer di dunia ini juga menggunakan WordPress, antara lain: Wallstreet Journal, People Magazine, CNN, dan masih banyak yang lainnya. Dengan kelebihan ini, Anda sanggup menciptakan blog Anda untuk keperluan toko online atau ecommerce, blog video terfokus, dan tentu saja untuk personal blog.

 

Adapun kekurangan WordPress ini, dikarenakan mempunyai kekuatan yang besar maka banyak di jumpai permasalahan di bidang kecepatan. Bagi Anda yang ingin mempunyai fitur dengan penuh dari WordPress, Anda perlu menyewa host di server Anda, sehingga menambah biaya CDN dan domain. Dan kustomisasi juga membutuhkan keahlian coding yang cukup sulit untuk pemula. Dari kelebihan dan kekurangan di atas, WordPress ini lebih di rekomendasikan untuk Blogger yang sudah profesional maupun untuk perusahaan media dan bisnis yang membutuhkan blogging profesional yang lebih stabil.

 

  1. Blogger

Blogger merupakan platform yang mempunyai stabilitas dan kecepatan loading yang baik. Cenderung lebih simpel di pakai untuk blogger pemula, gampang custom domain secara sendiri, Google Adense secara pribadi berada pada pengaturan blogging, serta mudah dalam hal kustomisasi template dan tampilan alasannya ialah coding lebih gampang diubah sesuai impian blogger.

 

Adapun kekurangan Blogger yakni mempunyai tema yang standar dan gaya desain yang terbatas, Plugin juga tidak sebanyak WordPress, dan optimisasi SEO dilakukan secara manual. Dengan kelebihan dan kekurangan di atas, Blogger lebih di rekomendasikan untuk blogger pemula serta pebisnis yang membutuhkan blog sederhana.

 

Dari klarifikasi ihwal kelebihan dan kekurangan WordPress serta Blogger di atas, maka bisa Anda jadikan untuk materi pertimbangan dalam memilih platform mana yang terbaik yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, silakan untuk memulai membuat blog Anda dengan tutorial membuat blog dari WordPress atau Blogger yang sudah Mebiso share. Yuk buka kembali ya tutorial mudahnya hanya di mebiso.com. Selamat Mencoba!

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Cara Menjadi Blogger Populer

Tutorial Membuat Blog di Blogger V.2

Tutorial Membuat Blog WordPress

Tinggalkan komentar