Infografis: Ketahui Cara Penting Memilih Bisnis Terbaik Yang Cocok Dengan Tipe Kepribadian Anda

Beberapa tahun terakhir ini, virus entrepreneur mulai merebah, seolah-olah berbisnis itu mudah. Namun kenyataannya tidak sesederhana itu. Menjalankan bisnis itu membutuhkan visi, misi, seni administrasi, goal maupun budaya perusahaan yang kokoh. Di awal-awal, Anda mungkin kesulitan untuk memilih bisnis apa yang cocok untuk Anda. Tak hanya di situ, Anda juga berpikiran bahwa  bisnis apa yang paling menguntungkan untuk Anda. Kemudian ketika bisnis Anda agak besar, mungkin Anda kebingunan bagaimana untuk mengetahui huruf kepribadian karyawan biar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan lebih optimal.

Namun, janganlah khawatir, kalau Anda benar-benar ingin mengoptimalkan seluruh potensi yang tepat pada bisnis Anda, maka salah satunya adalah dengan mengetahui tipe kepribadian dengan menggunakan tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Menurut apa yang dikatakan Wikipedia, tes MBTI ialah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan menciptakan keputusan. Sampai dikala ini tes MBTI ini paling banyak digunakan di dunia untuk mengetahui abjad kepribadian seseorang dalam perusahaan semoga dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi mereka lebih optimal. Dalam Tes MBTI, terdapat 4 dimensi kecenderungan dasar insan, diantaranya:

  1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)
  2. Dimensi memahami berita dari luar : Sensing (S) vs. Intuition (N)
  3. Dimensi menarik kesimpulan keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
  4. Dimensi tumpuan hidup : Judging (J) vs. Perceiving (P)

Dari 4 dimensi dasar di atas, dihasilkan 16 tipe kepribadian insan dimana merupakan kombinasi dari 4 dimensi dasar tersebut. Kombinasi itu menjadi:

  1. ESTJ : Extrovert,SensingThinkingJudging
  2. ENTJ: ExtrovertIntuitionThinkingJudging
  3. ESFJ: ExtrovertSensingFeelingJudging
  4. ENFJ: ExtrovertIntuitionFeelingJudging
  5. ESTP: ExtrovertSensingThinkingPerceiving
  6. ENTP: ExtrovertIntuitionThinkingPerceiving
  7. ESFP: ExtrovertSensingFeelingPerceiving
  8. ENFP: ExtrovertIntuitionFeelingPerceiving
  9. INFP: IntrovertIntuitionFeelingPerceiving
  10. ISFP:IntrovertSensingFeelingPerceiving
  11. INTP:IntrovertIntuitionThinkingPerceiving
  12. ISTP:IntrovertSensingThinkingPerceiving
  13. INFJ:IntrovertIntuitionFeelingJudging
  14. ISFJ:IntrovertSensingFeelingJudging
  15. INTJ :Introvert,IntuitionThinkingJudging
  16. ISTJ:IntrovertSensingThinkingJudging

Untuk mengetahui  termasuk tipe apakah Anda, silahkan buka dan mulai tes di http://www.humanmetrics.com/. Ketika Anda sudah mengetahui termasuk tipe manakah kepribadian Anda dan ingin tahu bagaimana cara mengoptimalkannya, silahkan simak infografis di bawah ini untuk detailnya:

 

Infografis tipe kepribadian manusia

Infografis tipe kepribadian insan

 

Apapun tujuan Anda menjalankan bisnis, kesuksesan menjalankan bisnis  mampu Anda raih jika Anda selalu konsisten dan bertekad berpengaruh untuk selalu berusaha mencapainya. Dan semua ini tentunya membutuhkan waktu yang tak singkat.

 

Bila Anda memiliki cerita menarik dan ingin disampaikan mengenai tipe kepribadian, Mebiso.com akan sangat antusias bila Anda membuatkan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar