Ide Kreatif Mencari Uang Tambahan Untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa yang masih mengandalkan uang saku dari orang renta tentu membuat kita merasa tidak bebas. Bukan hanya secara finansial yang bisa kita gunakan tapi keputusan yang kita akan ambil pun masih terbatas kepada orang tua.

Tidak jarang gaya hidup dan kebutuhan ini dan itu ala mahasiswa apalagi mereka yang merantau di kota orang, membuat mereka harus terpelajar memutar otak dalam menambah pundi-pundi rupiah untuk uang jajan. Tidak sedikit hal ini menciptakan mahasiswa yang mengaku kreatif dan produktif menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Mulai dari……

1. Freelance

Memiliki sebuah hobi yang dirasa tidak puas apabila hanya dilakukan sendiri dan tanpa mengatakan kebahagiaan lain, bisa menjadi salah satu peluang yang sangatlah menguntungkan. Misalnya saja menulis, menggambar, desainer grafis, keahlian di bidang IT dan lain sebagainya. Keahlian ini bisa mendatangkan laba lainnya berupa pundi-pundi rupiah, yaitu dengan menjadi seorang freelancer. Sebagai seorang freelancer kita bisa menyalurkan hobbi sekaligus menambah penghasilan. Sekalipun tidak banyak yang kita hasilkan, tapi kepuasan menyalurkan hobi dan mendapatkan keuntungan darinya sudah sangat cukup bukan?

2. Jual pulsa

Yang sangat simple dan paling banyak dijalankan oleh mahasiswa bahkan seorang siswa yang masih bersekolah ialah berjualan pulsa. Dengan modal minim dan sebuah handphone kita pun bisa menjadi seorang penjual pulsa. Sedikit memang untungnya, tapi bila tekun akan ada banyak orang yang berlangganan kepada kita. Selain pulsa, kita juga bisa berjualan voucher internet dan lain sebagainya yang diharapkan oleh mahasiswa.

3. Les private

Untuk lebih melatih diri biar siap menjadi seorang guru atau dosen sehabis lulus nanti, kita mengasah kemampuan kita dengan memperlihatkan diri sebagai guru les private. Kita bisa mengajar aneka macam usia, mulai dari SD hingga SMA. Bahkan jikalau beruntung kita bisa menjadi salah satu guru atau staff di forum berguru yang banyak dipakai oleh anak sekolah ketika hendak mendekati waktu ujian sekolah.

4. Jasa

Jasa di sini sangat banyak macamnya, mulai dari jasa menulis, mendesain, tour guide, mengetik dan print dan berbagai jenis jasa lainnya. Kita bisa memanfaatkan peralatan atau kemudahan yang kita miliki untuk mendukung bisnis kita ini. Tanpa perlu banyak mengeluarkan biaya, kita bisa memperlihatkan jasa ini kepada sahabat terdekat kita, lalu sahabat yang lainnya.

5. Buka bisnis online

Nah, yang satu ini ialah peluang bisnis yang sangat banyak diminati dan dijalankan oleh para mahasiswa atau bahkan mungkin siswa yang masih bersekolah di sekolah umum. Bisnis online tidak mengharuskan kita mempunyai sebuah toko dan produk. Dengan sedikit modal, koneksi internet dan ketekunan dalam mempromosikan produk, bisnis online kita niscaya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Banyak sudah buktinya seorang mahasiswa yang membangun sebuah bisnis online yang sukses dengan bisnisnya. Contohnya saja pemilik Dewihijab.com, Bro.do, dan lain sebagainya.

Peluang di atas merupakan peluang yang sangat pas dilakukan oleh para mahasiswa. Tapi menemukan peluang saja tidaklah cukup, sebab kita membutuhkan banyak tips dan seni manajemen menjalankan bisnis yang pas dengan gaya bisnis dan kebutuhan pasar dikala ini. Beberapa tips dan seni manajemen yang akan membantu Anda sukses menemukan peluang perjuangan dan menambah uang saku. 🙂

 

Anda yang ingin menjadi pebisnis sukses dari usia muda, bisa mencar ilmu dari pakarnya. Banyak seminar yang bisa Anda hadiri dan juga memotivasi diri Anda untuk semangat membangun dan menyebarkan bisnis. Terus laparlah mencari ilmu. Tentu saja dan mempraktekkannya. 😀

Tinggalkan komentar