Ide-Ide Kreatif Anda Habis? Lakukan Tips Ini!

Pilihan untuk menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah. Anda dituntut untuk tahan banting bahkan juga tak boleh kehabisan wangsit-ide kreatif. Nah, tapi apa akhirnya kalau Anda sekarang terjebak dalam stagnansi ilham-ide untuk bisnis Anda? Yuk, intip beberapa tips berikut ini:

1. Ambil waktu untuk berjalan-jalan

Ambillah waktu untuk berjalan-jalan. Menurut beberapa founder ibarat Shan-Lyn Ma dari Zola, Bastian Lehmann dari Postmates, dan David Bladow berjalan-jalan ialah kunci menemukan kreativitas gres. Misalnya David Bladow, ia menemukan bahwa cara efektif menemukan ide kreatif baru yaitu dengan berjalan-jalan. Tentu, ia tak hanya sekedar berjalan-jalan saja. Melainkan, selalu membawa pulpen dan buku catatan kecilnya untuk menuliskan pandangan gres-wangsit yang ia temukan selama berjalan-jalan. Solusi yang brilian dan sederhana ya!

2. Mendengarkan musik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep musik sebagai media relaksasi. Bahkan, beberapa penelitian pun sudah menunjukkan bahwa musik bisa mempengaruhi mood seseorang, termasuk entrepreneur. Founder Box, Aaron Levie gemar mengkombinasikan musik dan papan tulis putih di ruang kerjanya untuk mendapat wangsit-wangsit kreatif gres. Ia biasanya mendengarkan music klasik atau karya-karya Bob Dylan untuk memunculkan kreativitasnya.

3. Kepo media umum

Di zaman serba media sosial bukan hal yang asing bahwa banyak ide-ide kreatif yang bisa Anda dapatkan disana. Tak hanya menjadi media untuk saling update status, media sosial ternyata ampuh untuk para entrepreneur dalam menemukan inspirasi kreatif gres. Salah satu Founder yang gemar mencari wangsit lewat menjelajah di media umum yaitu Brit Morin dari Brit +Co. Ia mengakui bahwa wangsit bisnisnya selama ini datang dari riset-riset yang ia lakukan hanya dari melihat media umum. Semisal membuka Pinterest. Hal serupa juga dilakukan oleh Founder RewardStyle, Amber Venz. Ia juga rutin melihat Instagram, pinterest, podcast ataupun TED Talks dikala ingin mencari inspirasi gres. Anda mau ikut kepoin media umum juga untuk dapat wangsit kreatif gres?

4. Membaca Buku

Berapa banyak koleksi buku yang sudah Anda miliki? Berapa banyak dari koleksi tersebut yang sudah tanggapan Anda baca? Jangan-jangan dikala Anda membeli kemudian Anda biarkan begitu saja di rak buku Anda. Sayang sekali! Amber Venz founder dari RewardStyle dan Tim Chen dari Nerdwallet terbiasa membaca buku untuk menemukan wangsit kreatif gres. Saran kami, mulailah dengan buku-buku dengan topik yang Anda sukai!

5. Beristirahat

Pergi sejenak dari rutinitas kantor, mematikan telepon genggam dan bahkan mengambil cuti panjang dari kegiatan sehari-hari Anda akan sangat efektif untuk menemukan ide baru! Jeff Chapin dari Casper sering pergi meninggalkan kantornya dan menjauh dari rutinitasnya hanya untuk mendapatkan ide baru. Selain Jeff, Daniella Yacobovsky, founder dari Baublebar juga mengatakan bahwa dengan mengistirahatkan pikiran kita sejenak akan membantu proses pencarian ide kreatif baru. Karena ia meyakini, permasalahan yang datang kepada para entrepreneur akan banyak menyita pikiran dan perasaan mereka Menyadari diri untuk beristirahat sejenak, menjernihkan pikiran akan membawa Anda untuk siap kembali menyusun wangsit-pandangan baru kreatif baru bagi bisnis Anda!

Tips berikut tidak akan bekerja jika Anda tidak mulai melakukannya. Stagnansi ide hingga munculnya ide baru adalah proses yang harus Anda nikmati. Melissa Ben-Ishay dari Baked by Melissa mengatakan, “Just let it happen and it passes.” “Biarkan semuanya terjadi dan berlalu”. Tentu, tips mana yang paling efektif untuk dilakukan tergantung Anda! Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar