Go Online Bukti Ukm Berpikir Besar Dalam Membangun Merek Yang Mendunia

Pernahkah Anda terbayang sebelumnya kalau dunia akan terasa semakin bersahabat, mudah bahkan apapun yang sebelumnya mustahil dilakukan bisa dilakukan. Hal ini memang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi, internet yakni salah satu buktinya.

Apapun yang dirasa sangat jauh dari jangkauan kita, bisa kita dapatkan dengan simpel. Mulai dari berita wacana suatu insiden, seseorang bahkan informasi wacana ilmu pengetahuan yang jauh letaknya pun kini bisa kita dapatkan dengan mudah. Internet menjadi solusi bagi siapapun yang ingin memudahkan acara mereka, seperti bisnis salah satu misalnya.

Kini siapapun yang mengenal smartphone, memiliki akun Facebook pun sudah pasti mengenal dan mengerti apa itu internet. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan internet untuk berbisnis. Mungkin yang tidak kita ketahui sampai saat ini adalah “Semua bisnis adalah online business, karena konsumen Anda sudah Going Online”, begitulah setidaknya kutipan yang saya ambil dari Majalah Marketer edisi Desember 2014 – Januari 2015.

Ini sebabnya internet menjadi dan bisa mengatakan peluang yang sangat besar untuk meningkatkan jumlah interaksi dan transaksi bisnis secara online. Dengan memakai sosial media, aplikasi chatting sampai dengan Website toko online pun menjadi media yang sekarang harus dioptimalkan para pelaku bisnis online.

“Situs yaitu kunci bagi bisnis kecil dan menengah untuk berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar. SItus membuat kompetisi menjadi satu level dan semua bisnis bisa mengakses tools yang sama” Ujar Ghislain Le Chatelier, Director of SMB Operatios, Google Southeast Asia and Greater China pada Majalah Marketer tersebut.

Google memang sangat concern menciptakan inovasi bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk bisa memperkenalkan dan mengembangkan bisnis mereka secara online. Melalui sebuah website, bisnis terutama UKM bisa membangun merek bisnis mereka. Mengapa bisa demikian?

Di dikala banyak orang mencari info melalui internet, bukan tidak mungkin mereka simpel menemukan informasi bisnis Anda di internet pula. Dengan sumbangan keyword yang sesuai dengan website Anda dan juga yang sesuai dengan kebiasaan Netizen dalam berselancar di dunia maya. Maka peluang website Anda untuk ditemukan akan semakin besar.

“Merek yang memanfaatkan internet tidak hanya bisa mendorong transaksi secara onlien, namun juga menstimulasi konsumen untuk mendatangi toko dan gerai mereka. Bahkan, dikala konsumen ada di sebuah gerai, mereka masih melihat smartphone untuk memantau pilihan-pilihan lainnya” Julian Persaud, Managing Director Google Southeast Asia, dalam kutipan di salah satu artikel majalah Marketer.

Itu sebabnya hingga dikala ini Google terus berusaha membantu para UKM untuk menimbulkan website Anda mudah terdeteksi sebagai hasil pencarian yang paling relevan saat konsumen mencari kategori produk tertentu. Dengan biaya yang tidak memberatkan, website membantu strategi promosi dan pemasaran pemilik bisnis kecil dan menengah.

Tools Google lainnya seperti Google Analytics pun menjadi sangat membantu. UKM sanggup mengetahui demografi para pengunjung websitenya sehingga pendekatan pemasaran yang dilakukan bisa disesuaikan dengan asal negara, usia, gender, tipe bahkan Operating system perangkat yang dipakai.

Bukankah ini menguntungkan bagi UKM untuk membangun merek bisnis mereka menjadi semakin besar? Jelas saja, karena dengan biaya yang tidak mahal, bahkan terbilang sangat terjangkau, startegi promosi dan pemasaran bisa dilakukan hingga menembus pasar internasional.

Contohnya saja ketika bisnis online Anda menggunakan jasa website toko online dari Jagoanstore.com. Tanpa perlu keahlian pemrograman dan desain website, Anda bisa mempunyai sebuah website toko online instan untuk bisnis online Anda. Dengan harga yang tidak hingga 1 juta rupiah, bisa menjadi modal Anda dalam mengembangkan bisnis online dengan sangat mudah. Dukungan SEO Tools yang membuat semua produk, artikel dan konten website Anda lainnya ramah di halaman Google. Bahkan kini website toko online Jagoanstore pun sudah dilengkapi dengan fitur Mobile friendly yang sudah niscaya memudahkan pelanggan Anda untuk menemukan produk Anda di Google melalui perangkat apapun.

UKM tidak perlu lagi khawatir perihal bisnisnya. Tentang apa dan bagaimana bisnis onlinenya akan membantu pengembangan merek dan jangkauan pasar produk mereka. Mereka hanya harus fokus menciptakan inovasi produknya. Mencari sasaran pasar yang lebih luas dan menunjukkan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Jika sudah begini? Apakah Anda ingin menjadi salah satu yang tertinggal dalam membuatkan bisnis online? Saya harap tidak demikian 🙂

Sumber: Majalah Marketer Edisi Desember 2014 – Januari 2015

Tinggalkan komentar