Gerakan Masif Dari Industri Kreatif

Dalam beberapa tahun terakhir istilah industri kreatif sudah sangat familiar di benak kita. Ini dikarenakan pemerintah kita dikala ini sedang gencar-gencarnya untuk menggalakan ekonomi di industri kreatif. Pemerintah kita sendiri sangat yakin dengan potensi yang dimiliki oleh industri kreatif ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan industri kreatif ? Industri kreatif sanggup didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan penciptaan dan penggunaan ilmu pengetahuan dan informasi. Ada kombinasi antara informasi (data) dan ilmu pengetahuan (riset).

Indonesia sendiri telah menyiapkan tubuh khusus untuk menangani industri ini. Badan Ekonomi Kreatif atau lebih dikenal dengan nama lebih singkat, Bekraf. Badan khusus ini di dirikan pada tahun 2015. Melalui Peraturan Presiden (PERPRES) nomer 6 tahun 2015.

Ketua Bekraf dikala ini yaitu Triawan Munaf. Yang di kenal sebagai pelaku di industri musik dan juga merupakan ayah dari aktris terkenal, Sherina Munaf. Bekraf sekarang sudah berjalan lebih dari tiga tahun. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh bekraf untuk mendorong berkembangnya industri di tanah air.

Mulai dari workshop, inkubasi bisnis, conference, dan eksibisi industri kreatif telah diadakan oleh Bekraf. Kegiatan Bekraf sendiri tidak hanya diselenggarakan di ibu kota. Lebih dari puluhan kota telah menggelar event untuk mendorong majunya industri kreatif.

Bekraf sendiri membagi industri kreatif menjadi enam belas subsektor untuk lebih memudahkan arah pengembangannya. Berikut yaitu daftar subsektor industri kreatif oleh Bekraf :

Aplikasi dan Game Developer

Bidang ini berkaitan dengan semua proses riset, pembuatan, dan pendistribusian aplikasi dan game. Baik untuk aplikasi atau game di smartphone maupun software untuk penunjang kegiatan di desktop.

Arsitektur

Kegiatan dalam sektor ini berkaitan dengan proses perancangan desain dari sebuah bentuk bangunan. Bekraf mempunyai visi untuk memajukan dunia perarsitekkan dengan bermacam-macam programnya.

Desain Interior

Jika arsitek berkaitan dengan desain luar bagunan, desain interior ini berkaitan dengan desain dari dalam sebuah bangunan atau ruangan.

Desain Komunikasi Visual

Bidang ini terkait dengan kegiatan desain grafis. Bekraf berusaha mendorong tumbuhnya karya-karya andal visual dengan mengadakan banyak sekali jadwal di subsektor ini.

Desain Produk

Subsektor ini menjadi salah satu perhatian Bekraf. Dengan impian kedepan banyak sekali produk-produk menfaat dan kreatif mampu lahir dari karya anak bangsa.

Fashion

Sektor ini memang tidak ada matinya. Fashion cuilan tak terpisah dari life style dominan orang. Sektor ini juga terbukti menjadi bisnis yang tetap berjaya dalam puluhan tahun.

Film, Animasi, dan Video

Jangan remehkan industri perfilman. Jika kita lihat, di Amerika telah menjadi industri yang sangat maju dan terbukti telah menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi.

Fotografi

Semenjak hadirnya media umum, masyarakat kita lebih sanggup sadar untuk mengabadikan setiap moment pentingnya melalui fotografi. Hal ini lah yang mendorong pesatnya pertumbuhan industri fotografi dengan munculnya banyak sekali studio foto.

Kriya

Peminat kriya mulai banyak, baik dari masyarakat luar negeri maupun domestik. Nilai keunikan dan seni menjadi dari daya tarik banyak orang.

Kuliner

Saat ini bermunculan masakan yang unik di berbagai daerah. Ini ialah bukti bahwa penemuan di bidang masakan perlu dan terbukti bisa berjalan. Dari inovasi masakan lah muncul jajanan dan camilan cantik baru dengan rasa unik dan branding ciamik.

Musik

Industri musik sudah ada puluhan tahun di Indonesia. Subsektor ini tetap didorong pemerintah untuk sanggup terus berkembang.

Penerbitan

Subsektor ini berkaitan dengan penerbitan karya tulis. Mulai dari proses percetakan, desain sampul, hingga pendistribusian.

Periklanan

Subsektor ini mencakup fase riset sebelum pembuatan iklan, kemudian proses pembuatan iklan sampai penayangan iklan.

Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan kesenian dari kebudayaan lokal. Mulai dari wayang, tari, theater, dan aneka macam pentas seni dari tradisi nusantara.

Seni Rupa

Bekraf juga terlibat aktif untuk mendorong seniman dibidang ini. Bekraf juga telah mengadakan aneka macam eksebisi untuk menampilkan karya seni dari seniman lokal berbakat.

Televisi dan Radio

Sektor ini selalu didukung untuk dapat menghasilkan konten-konten yang lebih kreatif dan edukatif serta dapat menjadi nilai lebih dari segi ekonomi.

16 Sub Sektor di atas menjadi penggalan dari industri kreatif. Silahkan untuk mencoba salah satu sektor.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Bisnis Kulinermu Stagnan Lakukan Ini

Tiga Kunci Sukses Bisnis Keluarga

Ketika Tidak Fokus, Lakukan Hal ini

Tinggalkan komentar