Faktanya, Marketing Tidak Melulu Berhubungan Dengan Sosial Media

Mengapa di judul saja sudah tertuliskan bahwa marketing tidak selalu berhubungan dengan sosial media? Karena yang seperti kita tahu bahwa dalam era digital saat ini sosial media mengambil peranan penting dalam keberhasilan marketing. Memang seperti itulah yang kita ketahui bersama, akan tetapi faktanya ternyata ada pebisnis yang menunjukkan mampu sukses tanpa melibatkan sosial media. Sebelum Anda mengalami rasa penasaran yang lebih dalam, berikut adalah 5 jenis marketing yang dilakukan pebisnis dan dihimpun dalam enterpreneur.com.

1. Melakukan program ambassador

Program berupa perekrutan sahabat akrab atau kenalan sebagai ambasador bisnis ternyata efektif dilakukan. Selain lantaran hanya membutuhkan budget yang kecil, produk mampu tersebar dari ekspresi ke ekspresi dengan cepat. Memilih seorang brand ambasador yang tepat ialah dengan melihat kesesuaian calon ambassador dengan produk dan seberapa aktif calon ambasador dalam suatu komunitas.

2. Mengikuti suatu pekan raya perdagangan

Mengikuti sebuah festival perdagangan sanggup menumbuhkan hubungan langsung dengan pelanggan dan menjalin koneksi dengan pelanggan lain.

3. Menjadi blogger

Blogger yang dimaksud disini yaitu yang benarbenar blogger tanpa me-link-kan blog nya ke sosial media. Dengan mencari tahu dari pelanggan mengenai apa yang mereka sukai kemudian membentuk kolaborasi dengan blogger lain, akan semakin meningkatkan merk produk.

4. Memberikan donasi

Pernah kah Anda secara sukarela mengirimkan konten ke blog lain dan meminta mereka menyertakan bio dan hiperlink ke blog Anda? Jika iya dan mungkin banyak waktu yang Anda curahkan disini mampu memperlihatkan hasil positif berupa pelanggan gres.

5. Sebagai pembicara di acara-kegiatan

Banyak pebisnis yang ketika ini juga merangkap sebagai pembicara disuatu jadwal. Dengan tidak melewatkan kesempatan tersebut, mereka pun menyelipkan beberapa promosi usaha mereka. Selain dapat lebih mengenalkan diri pada orang lain, menjadi seorang pembicara tentu akan semakin menggaet banyak hubungan dan koneksi.

 

Demikianlah lima langkah untuk melakukan marketing tanpa memakai sosial media. Dalam proses pelaksanannya kita pasti akan menemui jalan terjal nan berliku. Namun kalau kita bisa melakoninya dengan tekun dan konsisten, jalan setapak menuju kesuksesan mungkin pada balasannya bisa kita singgahi.

Tinggalkan komentar