Email Marketing: Strategi Jitu Untuk Bisnis

Email Marketing – Strategi ini bisa menjadi strategi jitu untuk marketing bisnis Anda. Mengapa demikian? Lalu, bagaimanakah cara menggunakannya dengan tepat?

Mengenal lebih dengan seni administrasi email marketing

Pemasaran bisnis bisa dilakukan dengan berbagai strategi, termasuk dengan mengirimkan pesan komersial melalui surel (surat elektronik) kepada calon pelanggan. Strategi tersebut dikenal dengan sebutan e mail marketing.

Pesan komersial yang dikirim bisa bermacam-macam isinya, misalnya saja pemberitahuan promosi, newsletter, katalog produk terbaru, penawaran membership, dan sebagainya. Ada banyak berbagai rujukan ilham konten untuk isi email yang menarik.

Dengan seni administrasi ini, Anda sanggup menjangkau pelanggan dengan lebih cepat. Pesan yang Anda kirimkan pribadi tertuju kepada calon pelanggan. Selain itu, masih banyak manfaat yang sanggup Anda dapatkan lewat taktik pemasaran dengan email. Hmm, kira-kira, apa sajakah itu?

Inilah beberapa manfaat yang sanggup Anda dapatkan dari taktik email marketing

1. Kini orang-orang bisa mengakses email dengan praktis

Zaman sekarang, hampir semua orang telah menggunakan smartphone. Smartphone memudahkan kita melaksanakan berbagai acara, termasuk membuka email. Dengan satu kali klik, kita sanggup membuka pesan. Oleh jadinya, dikala perusahaan Anda mengirimkan email promosi, orang-orang bisa membukanya dengan cepat.

2. Murah dalam hal biaya

Manfaat lainnya yang mampu didapat dari melaksanakan taktik ini ialah manfaat dari segi ekonomi. Selain irit waktu alasannya pesan promosi bisa terkirim dengan cepat, seni manajemen ini juga irit biaya. Biaya strategi marketing via email terhitung lebih murah dibandingkan dengan mengirim surat secara fisik atau membagikan brosur dan pamflet, di mana Anda perlu menganggarkan biaya cetak.

3. Lebih simpel, Anda tidak usah pusing memikirkan algoritma

Kini, salah satu strategi marketing yaitu dengan memanfaatkan medsos alias media umum. Penggunaan medsos memang sangat luas, sehingga bisa menjadi sarana ampuh untuk promosi produk.

Namun, mengandalkan kekuatan medsos pun berisiko. Medsos selalu berkembang, termasuk dalam algoritmanya. Hal ini bisa berdampak kepada jadwal marketing Anda di medsos. Bisa saja, postingan promosi yang Anda buat tidak muncul pada halaman Home medsos calon pelanggan, karena perubahan algoritma.

Oleh karenanya, Anda perlu terus update akan peraturan dan algoritma dari masing-masing medsos. Dengan demikian, Anda bisa memposting dan mendapat engagement sesuai target ideal.

Nah, dikala menggunakan taktik marketing via email, Anda tak perlu pening memikirkan algoritma. Ketika Anda mengirimkan pesan via email, itu akan langsung terkirim ke penerima. Calon pelanggan pun akan eksklusif mendapatkannya dan tidak tertinggal promosi. Mudah sekali, bukan?

4. Bisa menjalin kekerabatan yang baik dengan pelanggan Anda

Salah satu kelebihan dari marketing menggunakan email yaitu kita sanggup membuatnya hingga terasa lebih personal. Email yang dikirimkan ditujukan langsung untuk sang calon pelanggan. Hal ini mampu menciptakan calon pelanggan merasa lebih nyaman.

Ada hal lain yang bisa meningkatkan rasa nyaman dan rasa personal bagi pelanggan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan rutin mengirimi pelanggan pesan menarik. Tidak hanya melulu informasi promosi atau diskon, sesekali Anda bisa mengirimkan tips atau informasi penting lainnya.

Ketika sudah nyaman, Anda pun akan semakin praktis menaklukan hati pelanggan. Mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal untuk brand Anda.

Kumpulan tools ini membuat pengiriman email marketing lebih gampang

Mengirim email sebagai strategi marketing ini bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai tools canggih yang bisa membantu pekerjaan Anda, lho. Berikut yaitu di antaranya:

  • KIRIM.EMAIL. Aplikasi lokal ini konon banyak digunakan para pebisnis di Indonesia, lho. Mudah digunakan, terintegrasi dengan banyak platform, serta biaya berlangganannya cukup terjangkau.
  • Constant Contact. Layanan ini memberikan uji coba gratis selama 60 hari, lho.
  • HubSpot. Software ini menawarkan banyak fitur. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan software ini adalah SEO dan conversion rate.
  • MailChimp. Untuk 2000 subscribers, Anda tidak dikenakan biaya alias gratis! Namun, jika daftar email Anda lebih banyak serta ingin menambah fitur, Anda perlu meng-upgrade untuk versi berbayar.

Hati-hati, hal penting ini dilarang Anda lewatkan dalam melakukan taktik marketing via email!

Ada hal yang harus benar-benar Anda perhatikan dalam melakukan strategi email. Hal ini sangat krusial dan menyangkut nama baik merk atau perusahaan Anda. Hal tersebut yaitu tidak lupa meminta izin kepada calon pelanggan, sebelum mengirimkan email. Tanyakan dengan sopan yaitu kunci!

Consent atau izin calon pelanggan sangatlah penting. Jangan sampai mereka merasa kurang nyaman atau bahkan terganggu dengan cara kita berpromosi. Jelaskanlah pesan yang akan mereka terima dari email marketing. Jika mereka tidak keberatan, lanjutkan.

Selain itu, jangan lakukan juga hal-hal kurang pantas lainnya. Jangan membeli daftar email untuk menambah daftar email calon pelanggan, hal tersebut memang simpel namun kurang etis. Hal kurang pantas lainnya adalah menambahkan daftar email calon pelanggan dari daftar kontak orang lain.

Selain via email, tentunya masih banyak taktik marketing lainnya untuk bisnis yang bisa Anda dapatkan. Simak saja berbagai artikel menarik persembahan Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Tinggalkan komentar