Cek 8 Parameter Ini Untuk Menentukan Iklan Facebook Anda Berhasil Atau Tidak

Siap seru-seruan lagi bahas FB Ads? Kita diskusi terkait metriks pengukuran yang disediakan FB untuk mengecek iklan kita sudah maksimal atau belum yuk. Simak hingga final ya..

Tahapan selanjutnya sesudah sahabat-sobat memasang FB Ads ialah UKUR performa iklan tersebut. Pliss banget jangan cuma pasang iklan terus ‘ditinggal’ hingga budgetnya habis terus gak menghasilkan apa-apa terus abis itu nyalahin FB Ads alasannya yakni bikin boncos (re : rugi). FB udah nyediain banyak sekali parameter untuk mengukur iklan yang kita pasang performanya cantik atau tidak loh, tinggal kitanya mau ngecek atau gak..

Ini saya coba rangkum 8 parameter yang bisa digunakan, sebenernya parameternya ada banyak ya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cuma saya bagikan 8 ini dulu saja agar lebih simpel dipahami.

1. Impression => menawarkan berapa banyak iklan yang kita pasang sudah ditayangkan oleh FB.

2. Reach => jumlah akun yang sudah melihat iklan kita (hanya dihitung 1x)

3. Frequency => berapa kali tiap akun sudah melihat iklan kita. Usahakan jangan melebihi 5x khususnya untuk produk-produk yang responnya kurang baik.

4. CPE. Cost Per Engagement => dipakai dikala kita pakai PPE yaitu biaya yang dicharge tiap ada engagement yang terjadi (likes, comment, share)

5. CTR. Click Through Rate => biasanya digunakan dikala pakai CTW, mudahnya ialah berapa banyak link yang diklik. Contoh misal CTR 1% maksudnya dari 100x tayang, iklan kita diklik 1x.

6. CPC. Cost Per Click => biasanya digunakan juga saat pakai CTW yaitu biaya yang dicharge tiap ada link iklan yang diklik.

7. Relevance Score (RS) => Kesesuaian iklan kita dengan market yang melihat iklan kita. Digambarkan dengan angka 1-10. 10 ialah yang paling sesuai.

8. PENJUALAN YANG TERJADI => Ini yaitu ULTIMATE GOAL yang harus Anda kejar saat memasang iklan. Berapa besar ROI (Return On Investment) yang dihasilkan. Contoh : bila budget iklan Anda Rp 10.000 maka Anda harus sanggup penjualan paling tidak Rp 20.000 atau Rp 30.000.

Beberapa tips yang sanggup dilakukan :

1. Jangan melihat parameter secara terpisah tapi ukurlah sebagai sebuah kesatuan

2. Khusus parameter penjualan, jikalau parameter risikonya kurang bagus tapi penjualan tetap baik maka lanjutkan saja iklannya. Kalo saya, ini ialah ULTIMATE GOAL yang harus dicapai.

3. Ukurlah hasil yang didapat SETIAP HARI. Saya biasanya memakai Excel untuk mengukur berapa budget yang saya habiskan, closing yang terjadi, leads yang saya sanggup. Ingat, semuanya HARUS TERUKUR.

Tapi ini versi yang biasa saya lakukan ya, mungkin Anda punya style sendiri saat memasang FB Ads, gak salah juga asalkan akibatnya tetap maksimal.

Serukah bahasannya? 🙂

Semoga mudah dimengerti komen ya supaya kita mampu diskusi..

 

 

By: Niky Nathaniel

Sumber: Belajar Jualan di Facebook Bareng Niky dan Hermas

 

Tinggalkan komentar