Bisnis Pariwasata Sedang Naik Daun, Coba Lima Ide Binsis Ini

Pariwisata memang tiada matinya. Bisnis di bidang ini dipredikisi akan meningkat terus dalam beberapa tahun ke depan. Selain pemerintah yang sedang gencar-gencarnya meningkatkan potensi di bidang pariwisata dengan membangun aneka macam kemudahan penunjang ibarat bandara, saluran ke tempat wisata, dan banyak sekali kemudahan pendukung.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2015 dan 2016 saja tercatat ada 256 juta dan 264 juta wisatawan domestik yang berkunjung di banyak sekali tempat wisata di Indonesia. Bali, Jogja, Bandung, Lombok, dan Malang merupakan beberapa tempat favorit liburan para pelancong nusantara.

Industri dibidang ini mempunyai banyak potensi yang bisa dimanfaatkan mengingat beberapa tahun kedepan tingkat berlibur masyarakat lokal akan terus meningkat. Kali ini tim mebiso telah memdaftar beberpa wangsit bisnis yang bisa kau coba di bidang pariwisata. Simak.

Rent Room

Source : unsplash.com

Jika dulu banyak yang one day tripi, Saat ini bisa dibilang mulai banyak masyarakat yang berwisata lebih dari dua hari atau bahkan lebih. Selain banyak long weekend di tahun ini. Kelihatannya tidak puas jikalau hanya berada beberapa jam di suatu tempat.Wisatawan ingin stay lebih lama untuk bisa menikmati secara utuh keindahan alam kawasan wisata.

Untuk itu banyak wisatawan lokal yang mencari penginapan di sekitar kawasan wisata. Ini bisa menjadi peluang bagi kau yang dikala ini mempunyai kamar kosong kau bisa menyewakan melalui Airbnb. Atau kau yang mempunyai rumah dekat lokasi wisata bisa merubahnya menjadi home stay atau villa.

Persewaan Kendaraan

Source : unsplash.com

Selain tempat tinggal para wisatawan juga butuh transportasi untuk berpindah dari satu objek wisata ke tempat yang lain. Ini menjadi peluang besar, mengingat dikala ini dibeberapa destinasi wisata Indonesia tidak didukung dengan sarana transportasi yang baik.

Menyewakan kendaraan bisa bermacam-macam kamu sanggup menyewakan motor, mobil, bahkan kamu juga bisa menyewakan sepeda untuk para wisatawan. Untuk megenalkan bisnis ini kau sanggup melalui media umum atau bekerja sama dengan pihak penginapan. Praktis bukan ?.

Travel Bag

Source : unsplash.com

Untuk bepergian ke destinasi tujuan wisatawan selalu membawa barang-barangnya. Entah dengan jumlah banyak atau sedikit, setiap wisatwan selalu membawa barang pribadinya. Agar semua barang yang kita butuhkan mampu dibawa saat liburan maka wisatawan butuh tas khusus.

Travel Bag ini bisa berupa koper mulai kecil atau besar, kemudian tas jinjing anke ukuran, atau tas ransel yang simpel. Semua tergantung dari kebutuhan, bila stay lebih usang di lokasi liburan, maka wisatawan perlu membawa dengan ukuran lebih besar. Nah kebutuhan Travel Bag ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kau coba.

Open Trip

Source : unsplash.com

Era kini menuntut semuanya serba mudah dan cepat. Kebanyakan orang sudah tak mau diribetkan dengan aneka macam urusan apalagi dibikin pusing soal liburan. Kalau sanggup semua sudah siapkan di awal tanpa harus ribet untuk booking, sewa kendaraan, beli tiket masuk dan lainnya.

Untuk itu para wisatawan banyak yang minat dengan penyedia jasa open trip atau private trip. Penyedia jasa ini membantu merancang kegiatan liburan selama di destinasi wisata. Mulai dari penjemputan di bandara, penginapan, transportasi, tiket, makan, sampai diantarkan lagi ke bandara.

Oleh-oleh

Source : unsplash.com

Seperti ada yang kurang bila mengunjungi tempat wisata tanpa memberi produk khas daerah tersebut. Oleh-oleh tak cenderung soal masakan. Wisatawan banyak juga yang bahagia dengan kerajinan tangan dari lokal seolah-olah kain, gantungan kunci, hiasan, dan lainnya.

Industri oleh-oleh juga saat ini sedang naik daun, terbukti dengan banyaknya kudapan manis-camilan manis lokal yang di branding  dengan para artis nasional. Pangsa pasar di industri ini sangat besar, kau sanggup memulainya dengan menciptakan produk oleh-oleh khas daerahmu.

 

Baiklah, itu tadi yaitu lima ilham bisnis pariwisata yang dapat kau coba di tahun ini. Sekali lagi, industri pariwisata tidak akan ada matinya, terlebih kita tinggal di Indonesia yang dianugrahi sejuta kekayaan alam.

 

Baca artikel menarik lainnya

Mau Bisnis Minuman, Coba 9 Ide Bisnis Ini

Belajar dari 8 Brand Coffee Shop Terkenal

Kampus Terbaik Belajar Bisnis

 

 

Tinggalkan komentar