Biografi Singkat Jack Ma: Pebisnis Sukses Bermental Baja

Biografi singkat Jack Ma – Jack Ma adalah seorang wirausahawan sukses dari Tiongkok dan juga pendiri Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China. Di tahun 2015, Jack Ma dinobatkan sebagai salah satu milyarder kuat di dunia nomor 22 oleh majalah Forbes.

Meskipun dikala ini Jack Ma ialah orang kaya, dulu Jack Ma lahir dan tumbuh di lingkungan yang pas-pasan.

Kesuksesan yang ia rasakan ketika ini tentunya bukan hasil instan tetapi perjuangan panjang yang telah Jack Ma lalui selama bertahun-tahun.

pendiri alibaba adalah seorang yang giat belajar
Sumber gambar: ejinsight.com

Rajin mencar ilmu sejak masa kanak-kanak

Meskipun terlahir dari keluarga sederhana, Jack Ma memiliki kemauan keras untuk mencar ilmu.

Sejak usia 12 tahun, Jack Ma mencar ilmu bahasa Inggris selama delapan tahun dengan menjadi pemandu wisata di sebuah hotel akrab Danau Hangzhou. Pekerjaan sebagai pemandu wisata ini membuka wawasan Jack Ma akan dunia melampaui belum dewasa seusianya.

jack ma pendiri alibaba group
Sumber gambar: bloomberg.com

Tak patah arang ketika mendapat banyak penolakan

Memasuki usia remaja Jack Ma berkeinginan untuk kuliah, tetapi ia mendapat penolakan berkali-kali dari universitas yang daerah ia mendaftar.

Akhirnya Jack Ma sanggup berkuliah di Universitas Keguruan Hangzhou, dimana ia mencar ilmu menjadi guru SMA mata pelajaran bahasa Inggris.

Setelah lulus kuliah pun Jack Ma sempat ditolak berkali-kali untuk pekerjaan yang dilamarnya. Bahkan, dikala melamar pekerjaan karyawan di KFC pun ia tak diterima. Dari 24 calon karyawan, 23 diterima, menyisakan ia seorang diri yang ditolak.

Jack Ma mengaku sempat frustasi kala itu. Namun, balasannya Jack Ma mendapat pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris.

pendiri alibaba.com
Sumber gambar: asia.nikkei.com

Kenekatan Jack Ma memulai bisnis Alibaba

Tak puas dengan gajinya yang tak cukup, Jack Ma mencoba peruntungan dengan melamar pekerjaan lain.

Ia kesannya diterima sebagai sekretaris general manager KFC. Pekerjaan tersebut membuat Jack Ma berurusan dengan komputer dan internet.

Takjub dengan teknologi kala itu, Jack Ma melaksanakan pencarian untuk kata kunci “beer” (terjemahan: bir atau minuman beralkohol) di mesin pencari Yahoo. Jack Ma terkejut karena ia mendapati tak ada satupun halaman website yang berasal dari China.

Dari pengalaman pahit itu, Jack Ma menggagas ide untuk membuat bisnis internet yang ketika itu hanya menunjukkan jasa terjemahan bahasa China.

Itulah cikal bakal perusahaan Alibaba yang Jack Ma dirikan empat tahun kemudian.

jack ma pendiri alibaba
Sumber gambar: beritasatu.com

Diprediksi gagal, Jack Ma Konsisten membesarkan Alibaba

Proses pendirian perusahaan Alibaba tidak semulus yang orang kira. Dalam perjalananya, Jack Ma seringkali dicemooh oleh orang-orang.

Banyak yang menganggap ide Jack Ma gila dan tidak akan berhasil. Tak hanya itu, Jack Ma juga mengaku bahwa pada mulanya investor-investor juga ragu akan model bisnis Alibaba dan menolak berinvestasi.

Namun, Jack Ma tidak mengeluhkan hal-hal tersebut. Ia tetap yakin akan visi dan misi yang diusung oleh Alibaba.

Lambat laun, Jack Ma sanggup meyakinkan investor untuk berinvestasi di Alibaba.

Di tahun 1999, Jack Ma berhasil mengumpulkan 5 juta USD dari Goldman Sachs dan 20 juta USD dari SoftBank untuk dipakai Alibaba.

Selain itu, di tahun 2005, Yahoo turut menyumbangkan dana segar senilai 1 miliar USD untuk Alibaba. Para pengamat menganggap keputusan Yahoo ini ialah kemenangan besar bagi mereka karena dari investasi tersebut Yahoo berhasil mengumpulkan 10 miliar USD ketika Alibaba melaksanakan IPO.

jack ma pendiri alibaba
Sumber gambar: sportspromedia.com

Kesuksesan Alibaba menimbulkan Jack Ma seorang miliarder

Berkat usahanya membesarkan Alibaba, Jack Ma kini hidup berkecukupan. Di tahun 2014, Jack Ma memberikan saham Alibaba kepada publik lewat IPO di Amerika Serikat.

Lewat IPO itu, Alibaba mendapatkan kucuran dana sebesar 25 milyar USD dan dinilai sebagai IPO dengan nilai tertinggi sepanjang masa. Kala itu valuasi pasar Alibaba bernilai 231 miliar USD.

Berkat IPO tersebut, Jack Ma memiliki harta kekayaan (dihitung dari 38% saham Alibaba) sebesar 26,5 miliar USD menimbulkan Ma orang terkaya di China dan terkaya nomor 23 sedunia.

jack ma alibaba
Sumber gambar: sportspromedia.com

Selalu menginspirasi di banyak sekali kesempatan

Menjadi seorang milyarder membuat Jack Ma diundang di banyak sekali kegiatan-jadwal penting.

Dalam setiap kesempatan tersebut, Ma selalu berpesan kepada generasi muda untuk ulet bekerja dan jangan mengeluh.

Bagi Jack Ma kita semua mempunyai satu aset yang sangat berharga yang kadang jarang disadari yakni waktu. Ma selalu menganjurkan kepada kita semua untuk memakai waktu sebaik mungkin.

Baca juga artikel menarik lainnya:

3 Cara Mudah Menemukan Inspirasi Konten

5 Hal yang Penting yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membuat dan Mengeksekusi Strategi Media Sosial

6 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Menulis Listicle

Tinggalkan komentar