Bagaimana Caranya Supaya Biar Tidak Minder? Ini Dia Teknik Mudah Biar Kamu Jadi Percaya Diri Dan Berani

Minder yaitu sebuah perasaan emosi yang muncul saat kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Dalam proses pembandingan itu, saat apa yang dimiliki orang lain atau saat apa yang dicapai oleh orang lain ternyata lebih baik dari yang kita miliki sekarang, muncullah perasaan minder tersebut. Namun sebaliknya, bila kita yang lebih baik maka kita merasa lebih percaya diri dan sebagainya. Maka perasaan minder itu biasanya muncul pada ketika seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain.

Justru yang menjadi duduk duduk masalah yaitu bukan bagaimana menghilangkan rasa minder itu alasannya seringkali seseorang itu berkutat dengan membandingkan yang seharusnya tidak perlu dibandingkan. Misalnya, mungkin Anda punya seorang teman yang kemudian beliau membeli hand phone baru, padahal dia sudah memiliki handphone yang selama ini belum rusak dan masih sanggup digunakan. Ternyata, dia menetapkan untuk membeli hand phone gres tersebut bukan alasannya ialah fitur yang diharapkan, bukan alasannya fasilitas yang diharapkan secara fungsional, tapi lebih alasannya sedang nge-trend dan itu yang membuat dia merasa lebih keren. Dia mempersepsikan dirinya bahwa “saya akan terlihat lebih keren kalau saya memakai hand phone itu.” Maka dia membandingkan dirinya dengan orang lain melalui menggunakan hand phone.

Sering kali itu yang terjadi di masyarakat. Sering kali orang membandingkan segala sesuatu dengan apa yang dimiliki atau apa yang ingin dicapai orang lain. Lantas, muncul sebuah pertanyaan, “bagaimana caranya supaya tidak minder?” Cara sesungguhnya yakni bukan dengan cara kita mempunyai apa yang dimiliki oleh orang lain atau kita mencapai apa yang dicapai orang lain. Akhirnya, bila itu tidak terjadi, kita akan merasa tidak nyaman dan muncul rasa yang negatif.

Kunci biar tidak minder yaitu jangan membandingkan. Kita dengan orang lain ialah dua eksklusif yang berbeda, hidup yang berbeda, tumbuh di daerah yang berbeda, rezeki yang berbeda. Saat kita membandingkan diri kita dengan orang lain, dikala itulah perasaan itu tidak dapat kita kelola. Justru, jikalau kita ingin memotivasi kita semoga tidak minder yakni dengan membandingkan diri kita dengan kualitas diri kita sebelumnya. Misalnya ialah apakah kualitas kita hari ini, tidak lebih baik daripada hari sebelumnya atau kualitas di masa depan tidak lebih baik daripada hari ini, maka itu yang harus kita pikirkan. Karena sejatinya insan justru harus membandingkan dirinya dengan kualitas diri sebelumnya.

Praktis-mudahan kita semua tidak lagi minder yaa 🙂

Tinggalkan komentar