9 Trik Memotivasi Diri Sendiri Untuk Mencapai Goals Luar Biasa

Tanpa perlu buang waktu lagi, Anda pasti sadar kesuksesa terbesar seseorang berasal dari motivasi yang ia ciptakan sendiri. Sebesar apapun motivasi yang diberikan orang lain, tidak akan bernilai ketika diri kita menolak dan tidak mendengarkannya. Akan berbeda ketika diri kita sendiri yang memotivasi diri sendiri.

Ini sangat penting untuk Anda yang saat ini sedang memiliki mimpi dan tujuan terhadap sesuatu yang besar. Termasuk untuk Anda yang sedang mendirikan sebuah bisnis kecil. Tanpa ada motivasi dari diri sendiri, bisnis yang Anda bangun hanya sebatas “ada” bukan terus “ada”.

Lalu apa yang harus dilakukan supaya diri kita bisa menciptakan motivasi untuk diri sendiri? Cobalah hal berikut ini…..

1. Jadilah seorang pencari kesuksesan

Tanpa Anda sadari ketika Anda berbicara dengan diri sendiri sekalipun bahwa Anda akan melaksanakan sesuatu yang besar, reframing itu akan membentuk diri Anda untuk mau melakukannya. Jadilah seseorang yang merindukan dan terus mencari kesuksesan. Sukses memang mempunyai arti berbeda setiap orang. Namun apapun itu, ajak diri sendiri untuk terbiasa mendengarkan kata motivasi dari diri kita sendiri.

2. STOP! Membandingkan diri dengan orang lain

Siapapun Anda, cobalah untuk bangga dengan apa yang Anda lakukan dan Anda hasilkan. Tentu saja selama itu benar dan tidak merugikan siapapun. Ketika Anda merasa lebih buruk dari orang lain, seringkali terpikir bahwa mereka jauh lebih berhak untuk sukses ketimbang diri Anda. Tapi hal ini cenderung bukan memotivasi kita tapi lebih akan membuat kita lebih tidak percaya diri lagi. Kemampuan yang kita miliki untuk sukses, hanyalah kita yang tahu. Lakukan apapun tanpa membandingkan diri dengan orang lain. Percaya dirilah!

3. Pahami apa sesungguhnya tujuan Anda

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri “apa bersama-sama yang saya cari?”, “apa bekerjsama yang sedang saya ingin capai?”

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang lebih mudah mencapai kesuksesan ketika mereka tahu apa yang ingin mereka capai dan apa yang harus mereka lakukan. Dengan kata lain, kita harus mau berguru dan mencari tahu apa yang membuat kita sampai mau berusaha sekeras ini.

4. Rekam setiap hasil harian

Jangan malu punya buku harian atau diary! Siapapun berhak merekam kesuksesan dan keberhasil mereka, sekalipun hanya sebatas keberhasilan kecil. Gerard Danford menyebutkan penilitian yang dilakukan oleh Teresa Amabile, Ph.D., seorang profesor di Harvard Business School, yang menemukan bahwa menciptakan buku harian dapat meningkatkan motivasi bagi pekerjanya. Dengan buku ini kita bisa tahu apa yang sudah kita lakukan dan hal apa yang menciptakan kita berhasil.

5. Ingat bagaimana Anda memulainya

Berjuang tidak jarang membuat kita lelah dan terpikir untuk mengalah. Tapi ketika kita benar-benar ingin menyerah cobalah untuk mengingat kembali apa yang ingin kita capai, dan bagaimana kita memulainya. Ini akan sangat memotivasi kita, terlebih ketika sudah banyak jalan yang kita ambil untuk bisa sampai di “titik” ini.

6. Jangan takut dengan kritikan

Tidak ada orang sukses yang tidak penuh dengan kritikan pedas. Mereka bukan terlahir dengan banyak pujian dan tanpa sindiran. Kata-kata kritik bukan hanya sebagai materi perbaikan kita, tapi juga bahan untuk memotivasi diri supaya menjadi lebih baik lagi. Kita memang berhak menetapkan untuk mendengarkan atau hanya sekedar bergumam “hmm”. Tapi ingatlah ada banyak orang yang ingin melihat Anda sukses dengan cara yang baik, sehingga mereka memperlihatkan Anda kritik dan masukan.

7. Tentukan waktu berhenti

Lelah sudah niscaya akan menghampiri Anda. Tapi ingatlah itu bukan tanda bahwa Anda sudah harus berhenti. Anda hanya harus memilih kapan waktu yang sempurna untuk mengambil istirahat. Penting untuk Anda menentukan kapan Anda merasa “cukup” dan kapan harus kembali lagi.

8. Luangkan waktu untuk mengembangkan ilmu dan pengalaman

Luangkanlah waktu Anda untuk membuatkan ilmu dan pengalaman dengan banyak orang baru. Tidak jarang kita merasa “kecil” ketika berada diantara mereka yang sudah berpengalaman. Tapi orang super seperti mereka bukan untuk ditakuti, tapi justru untuk diambil peluang sebesar mungkin. Ini akan mendorong Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ingin Anda capai.

9. Andalkan kebiasaan Anda

Cobalah pahami bahwa diri Anda sangatlah UNIK. Kebiasan yang Anda lakukan bukan hanya menciptakan abjad di dalam diri Anda, tapi tentu juga akan membantu Anda untuk menggapai sukses. Contohnya saja Anda terbiasa berdiri pagi dan berolahraga sebelum pergi beraktivitas. Anda bisa terus melakukannya, karena kalau Anda sudah menyukai kebiasaan itu maka tidak akan sulit untuk memotivasi diri Anda untuk menyukai hal yang lain.

Tidak mudah memang menjadi seorang pebisnis yang sukses. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan bisnis dengan sedikit motivasi dari dalam diri Anda sendiri bukan?

Anda pun bisa memulainya dengan mencari sumber ilham untuk mengembangkan bisnis kecil Anda sendiri. Seperti mengikuti seminar, workshop atau pelatihan UMKM misalnya. Melalui seminar ini, Anda bisa bertemu dengan rekan sesama pengusaha kecil lainnya. Bukan pesaing Anda, melainkan rekan yang akan sukses bersama Anda.

Jualan-Online-Lebih-Laris

Nah, jika Anda ingin mencapai GOALS penjualan bisnis online di akhir tahun, Anda bisa mencaritahu caranya di E-Book Mebiso Terbaru ini. Dengan mempelajari dan menerapkannya, Anda bisa mencapai target penjualan luar biasa yang Anda miliki di akhir tahun ini. Segera Download E-Booknya, lantaran E-Book ini tidak akan beredar selamanya. 🙂

Tinggalkan komentar