9 Cara Membuat Home Office Menjadi Produktif Untuk Anda

Bekerja dari rumah memang menyenangkan. Kita mempunyai waktu dan daerah yang fleksibel untuk merampungkan semua peran kita. Kita pun sanggup melakukan apa saja ketika kita lelah dan bosan bekerja. Tapi justru inilah yang membuat rasa malas lebih besar dikala kita bekerja di rumah.

Kita memiliki cita-cita untuk istirahat lebih lama atau lebih sering, atau bahkan tidur di waktu yang tidak tepat. Bahkan ada kalanya kita akan terganggu dengan kondisi atau keadaan rumah yang tidak aman.

Ada baiknya kita melakukan penataan untuk kawasan kerja kita. Sekalipun di rumah, tempat kerja kita harus mendukung produktivitas kita. Bahkan kita wajib memiliki tempat yang pasti untuk sekedar meletakkan laptop, buku ataupun barang-barang lainnya.

Nah, untuk membantu Anda memulai, Entrepreneur.com menuliskan tips yang pas untuk mendesain rumah Anda biar sesuai dengan keadaan kantor atau kawasan kerja yang kau inginkan. Bahkan penataan yang baik akan membantu Anda untuk meningkatkan mood yang sudah hilang sebab terlalu lelah atau bosan.

MENGATUR MOOD

Ini bukan hanya tentang apa yang ada di kantor Anda, mengatur bunyi atau nada yang tepat sanggup mengembalikan suasana menjadi lebih produktif. Dan stress pun akan berkurang saat kita menikmatinya.

1. Memoderasi musik

Jika Anda merasa terganggu dengan bunyi-bunyi atau musik yang sedang diputar di dalam ruangan, sebaiknya jangan mematikannya. Hanya kurangi sedikit volumenya. Suara yang lembut akan membawa sebuah gelombang ke otak kita untuk merangsang ketenangan dan konsentrasi. Buatlah volume bunyi sebesar 70db saja, ini setara dengan percakapan seseorang atau sama dengan ketika seseorang bermain piano.

2. DIM lampu

Ruangan yang cukup redup sanggup membebaskan kita dari banyak gangguan. Seperti kreativitas yang sanggup meningkat alasannya yakni efek pencahayaan yang redup(University of Stuttgart, 2013).

3. Naikkan suhu udara

Anda mampu menjaga suhu ruangan supaya tetap hangat atau sejuk. Misalnya dikisaran suhu 20-25 derajat celcius. Suhu mirip ini sanggup membantu kita mengurangi konsumsi energi(mengurangi penggunaan AC), Mengurangi kesalahan sebesar 44%(Cornell, 2004) dan meningkatkan output sebesar 150%.

PEMILIHAN WARNA SESUAI DENGAN ILMU PSIKOLOGI

Jika Anda ingin meningkatkan kreativitas dalam pekerjaan, Anda bisa menentukan warna yang tepat untuk diterapkan di kantor Anda untuk meningkatkan kreativitas kerja Anda.

4. Biru

Bekerja sendiri mampu membuat Anda merasa tertekan, sehingga Anda perlu mempunyai suntkan semangat dengan sentuhan warna biru di kantor Anda. Biru memperlihatkan efek menenangkan dan santai, alasannya yakni hubungannya yang besar lengan berkuasa dengan langit cerah dan air yang higienis(University of British Columbia, 2009). Biru juga meningkatkan kerja terhadap kiprah-kiprah yang membutuhkan kreativitas tinggi.

5. Merah

Anda perlu juga menambahkan kesan semangat dan tegas dengan warna merah di ruangan Anda. Merah juga membantu Anda untuk bisa meningkatkan kinerja terhadap kiprah-kiprah yang detail dan membutuhkan banyak perhatian Anda. Dan latar belakang desktop berwarna merah akan menciptakan orang lebih tegas dikala negosiasi harga dan penawaran(Virgina Tech, 2013)

6. Hijau

Ketika kreativitas Anda semakin menurun, Anda bisa memakai warna hijau. Hijau meningkatkan kinerja kreatif. Pasangkan dengan warna biru maka tim Anda akan menjadi lebih kreatif.(University of Rochester, 2012). Hijau yakni warna yang nyata. Dalam study tahun 2004, 96% dari akseptor yang memilih warna hijau akan menggambarkan perasaan positifnya.

PILIHLAH PERABOT YANG TEPAT

Anda bisa menempelkan berbagai gambar atau foto keluarga di belakang tempat duduk Anda, ataupun di salah satu sudut ruang kerja ANda. Ini untuk merangsang dan meningkatkan kreativitasnya, Anda bisa menggunakan pendekatan ilmiah melalui perabot yang mengisi ruangan Anda.

7. Produk berbentuk kurva

Barang berbentuk kurva atau sedikit melengkung akan membangkitkan perasaan aktual, mirip merasa santai, hening dan tenang(Oregan State, 2012)

8. Jangan salahkan kekacauan yang Anda ciptakan

Beberapa dari kita tentu tidak perduli dengan kerapian daerah kerja. Namun ini memperlihatkan kita ilham dan ide yang briliant. Kreativitas sanggup didorong dengan menjaga kekacauan kecil di meja kerja kita(University of Minnesota, 2013)

9. Tambahkan flora bonsai yang menyegarkan

Banyak penelitian memperlihatkan bahwa tumbuhan yang diletakkan di dalam ruangan akan membantu kita:

– Mencegah kelelahan

– Mengurangi stres

– Memulihkan konsentrasi

– Menghapus radiasi dan polutan udara lainnya.

Nah, begitulah setidaknya tips yang bisa diterapkan untuk Anda yang lebih senang bekerja di rumah. 🙂

Tinggalkan komentar