8 Tips Menjadi Lebih Produktif Dengan Cara Yang Berbeda Dari Biasanya

Selamat hari Senin semuanya. Menjadi orang yang mempunyai kesibukan yang cukup padat dan menguras energi dihentikan sekalipun menciptakan kita praktis mengalah hanya alasannya adalah lelah. Produktivitas yang harusnya kita miliki akan membantu kita mengatur waktu dan pekerjaan yang sudah sangat banyak. Bahkan untuk yang bekerja selama 24 jam sehari.

Beberapa orang dianugerahi kemampuan luar biasa untuk merampungkan sesuatu pada waktu yang sudah ditentukan. Bahkan ketika Anda memiliki sebuah proyek yang harus segera diselesaikan, mereka bisa mencapai tujuan dengan baik tanpa gagal.

“Waktu yakni satu-satunya modal yang dimiliki bagi setiap insan untuk bisa bekerja dengan baik dan tidak bisa untuk kehilangannya.” Thomas Edison

Kita tahu semua orang pasti berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik dari setiap pekerjaan dan kehidupan mereka. Untuk itu mereka sangat memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk menuntaskan semua kiprah dan pekerjaan ketika berada di kantor. Sampai tidak sedikitpun yang mereka lewatkan dan mengganggu waktu istirahat di luar kantor.

Karena bagi orang yang produktif, waktu bekerja akan mereka pisahkan dengan sangat terperinci dengan waktu langsung mereka. Dan berikut ini ialah 12 cara cerdas supaya tetap produktif selama bekerja di kantor.

1. Tidak melaksanakan suatu pekerjaan secara berulang

Orang yang produktivitas tinggi memiliki waktu yang sangat berharga. Mereka mempunyai pola pekerjaan yang teratur, dan tidak akan melaksanakan pekerjaan yang sama berulangkali. Bagi mereka hal ini sangatlah membuang waktu. Ketika Anda mempunyai sesuatu yang sangat mendesak, Anda harus menjadi orang yang tegas memutuskan ingin mengerjakannya atau mendelegasikannya atau bahkan menghapusnya dari jadwal Anda.

2. Mereka mempunyai planning sehari sebelum bekerja

Memiliki planning kerja atau tetapkan to do list dalam praktek kerja yakni hal yang harus benar-benar dilakukan. Praktek ini akan membantu Anda dalam 2 hal sekaligus, mulai dari memperkuat apa yang telah Anda capai hari ini dan memastikan apa yang akan Anda lakukan besok. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menuliskan rencana kerja untuk hari besok.

“Untuk setiap menit waktu yang dihabiskan untuk mengorganisir pekerjaan, maka kita akan memperoleh satu jam untuk waktu paling produktif kita” Benjamin Franklin

3. Memiliki batasan ketika melaksanakan rapat

Orang-orang yang produktif akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, termasuk ketika mereka menghadiri rapat. Mereka tidak akan membuang banyak waktu untuk ngobrol dan membicarakan hal yang tidak penting ketika rapat. Mereka mempunyai kegiatan yang PAS untuk meeting dan pekerjaan mereka. Jadwal ini akan memotivasi setiap orang agar lebih fokus dan efisien dikala rapat dan bekerja.

4. Berani berkata “Tidak”

Tidak ialah kata yang snagat sulit dikeluarkan ketika kita diminta pertolongan atau melaksanakan sesuatu yang diluar kegiatan dan to do list kita. Apalagi bagi orang Indonesia yang mempunyai rasa sungkan atau tidak lezat hati ketika menolak. Alhasil waktu yang seharusnya kita miliki untuk mengerjakan sesuatu dengan produktif dan efisien malah dipakai untuk melaksanakan pekerjaan yang lainnya. Tapi ada baiknya kita berkomitmen untuk mengatakan TIDAK dan melakukan pekerjaan yang memang kita harus kerjakan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California di San Francisco memberikan bahwa lebih banyak kesulitan yang kita alami ketika kita tidak berani memberikan TIDAK. Semakin besar kemungkinna Anda untuk mengalami stres, kelelahan dan bahkan depresi. Belajarlah untuk tidak menggunakan waktu melaksanakan pekerjaan yang bukan seharusny Anda kerjakan.

5. Memeriksa email di waktu yang sempurna

Orang yang sangat produktif bahkan mempunyai waktu tersendiri untuk mengusut, mengirim dan membaca email yang ia terima. Mereka tidak akan membuang waktu untuk sekedar mengusut email di luar jadwal yang sudah dibuatnya. Beberapa orang juga membuat autoresponder untuk membantu mereka menyelidiki email.

6. Tidak multitasking

Mereka tahu bahwa multitasking bukanlah solusi untuk sanggup menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Ada kalanya kita hanya bisa fokus dan konsentrasi mengerjakan 1 pekerjaan saja dalam 1 waktu. Tidak banyak pekerjaan dengan tujuan supaya semua pekerjaan cepat simpulan. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Stanford menegaskan bahwa multitasking kurang produktif daripada hanya melaksanakan 1 hal dalam 1 waktu. Para peneliti ini menemukan bahwa orang yang secara teratur memborbardir pekerjaan tidak akan bekerja dengan maksimal. Mereka akan memaksakan diri untuk mendapat gosip, memprosesnya dan mengingatnya. Mereka juga akan sangat bingung menuntaskan pekerjaan yang satu dengan yang lainnya.

7. Mereka mendelegasikan pekerjaan

Untuk beberapa pekerjaan mereka mempercayakannya untuk dikerjakan oleh orang lain. Sebab bagi mereka mendelegasikan tugas tidak akan membuat mereka rugi justru akan sangat membantu. Mereka percaya orang yang bisa melaksanakan pekerjaan dengan baik sanggup menciptakan mereka fokus pada diri mereka sendiri.

8. Mereka memakai teknologi terbaru untuk membantu pekerjaan mereka

Selain memiliki trik untuk mengatur waktu agar lebih produktif, kita juga bisa memanfaatkan teknologi terbaru untuk membantu pekerjaan kita. Seperti aplikasi yang bisa digunakan untuk menuliskan to do list atau memanagemen pekerjaan kita. Aplikasi mirip ini juga sudah ada di perangkat apapun yang kita gunakan, seperti desktop dan juga mobile. Sehingga kita lebih mudah dalam menggunakan dan memanfaatkannya.

Dari sini apakah Anda termasuk orang yang produktif dalam pekerjaan? Apakah Anda bisa mengatur waktu dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik? 🙂

Tinggalkan komentar