7 Rahasia Berfikir Seperti Seorang Pengusaha Sukses

Tentu kita berfikir kenapa seseorang yang awalnya biasa saja bisa menjadi pengusaha sukses, layaknya Bill Gates, Mark Zuckerberg dan bahkan Bob Sadino. Tentu saja mereka mempunyai cara berfikir dan bertindak yang berbeda dari orang kebanyakan. Kabar baiknya yaitu setiap orang bisa mencar ilmu untuk berfikir seolah-olah seorang pengusaha sukses. Lalu bagaimana caranya?

1. Mengubah mind set

Seorang yang sukses yakni mereka yang bisa dan mau membuka pikirannya. Ketika mereka bisa mengubah mind set menjadi lebih baik, maka mereka juga gampang untuk mengubah jalan hidup mereka. Seorang pengusaha sukses tidak akan gampang puas atas satu pencapaian dalam hidupnya. Ia akan kembali membuka pikiran dan mengolah kemampuan menjadi lebih baik lagi. Steve Jobs pernah berkata “Satu – satunya cara untuk melaksanakan pekerjaan besar yaitu dengan menyayangi apa yang kita lakukan. Jika kita belum menemukannya, terusla mencari. Jangan puas dengan satu yang sudah ditemukan”.

2. Tekad yang kuat

Seorang yang sukses akan dilihat dikala ia memiliki tekad yang besar. Bukan hanya itu ia juga harus mempunyai kekuatan, ketabahan dan ketekunan dalam bergerak maju melawan rintangan. Mereka juga harus mempunyai strategi untuk dipakai dalam pertempuran. Kita juga harus bersikap tegas dalam membuat keputusan dan siap untuk bekerja keras dalam melakukan setiap peran. Menurut seorang Paul Graham “Kualitas yang paling penting dari seorang pengusaha bukan lagi hanya kecerdasannya tapi juga tekadnya”.

3. Memiliki kekerabatan yang solid

Berbicara tentang sebuah bisnis, maka tidak akan lepas dari adanya hubungan. Membangun hubungan yang berpengaruh yaitu jalan menuju sukses dalam bisnis dan kehidupan. Kata Taulbert, “Kemampuan untuk membangun kekerabatan yang berpengaruh sangat peting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan seseorang”. Bagaimana tidak kita hidup bermasyarakat, tentu saja kita harus mempunyai hubungan yang baik dengan banyak orang. Pengusaha sukses sangat jago membangun sebuah hubungan. Dan mereka terampil menjaga dan tumbuh bersama dalam jangka waktu yang panjang.

4. Menghargai pandangan baru – ide orang lain

Siapa bilang menjadi seorang pengusaha dan pemimpin tidak membutuhkan santunan dari orang lain. Pengusaha sukses yakni mereka yang mau mendengar banyak pendapat, masukan dan wangsit dari orang lain. Ada baiknya kita mengambil waktu untuk fokus melaksanakan hal – hal yang paling penting untuk keberhasilan kita. Secara khusus, itu berarti mengakui dan menghargai orang – oang yang akan membantu kita menumbuhkan bisnis dan kehidupan pribadi. Seperti yang dikatakan Richard Branson, “Orang lain mempunyai inspirasi – ide juga”.

Baca juga: [10 Tips Untuk Sukses dari Richard Branson]

5. Pengusaha sukses selalu berusaha peka

Pengusaha sukses ahu persis apa yang menciptakan organisasi mereka menjadi baik. Mereka terus pasang mata untuk menjadi sangat peka terhadap perubahan lingkungan, kebutuhan dan cita-cita pasar. Ketika sudah mulai mencari tahu apa yang berubah, mereka akan dengan cepat melaksanakan koreksi dan perbaikan terhadap cara yang sudah dipakai. Mencari cara gres jika memang diperlukan.

6. Bersiap untuk selalu mencoba banyak hal

Tidak ada yang bilang menemukan keberhasilan dalam bisnis itu yaitu hal yang praktis. Mungkin ada saat – ketika dimana kita bisa mengikui arus, tetapi kita akan lebih sering melawan arus dan membuat hal – hal besar. Tidak hanya itu, kita bahkan harus mengubah arah berkali – kali sepanjang hidup kita. Mengubah seni administrasi, pekerjaan bahkan merubah nyawa. Tidak pernah berhenti, terus berjuang seolah-olah yang Nelson Mandela katakan, “Selalu tampak simpulan, tapi gotong royong tidak mungkin sampai simpulan”.

7. Memiliki keputusan untuk berhasil

Ketahuilah seorang yang sukses ialah mereka yang menentukan dan menetapkan untuk sukses. Dan kemudian menempatkan semua energi ke dalamnya. Setelah tahu apa yang kita inginkan, tekad akan memperlihatkan semangat untuk melaksanakan banyak hal. Dan tentu saja harapan untuk sukses ialah kunci dari setiap usaha dan upaya yang kita lakukan. Memahami diam-membisu ini akan menciptakan kita menemukan keberhasilan yang kita cari.

Baca juga:

10 Langkah Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil

5 Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga

Memahami Cara Sukses “Berjualan” dengan Menggunakan Karakter

Tinggalkan komentar