7 Pelajaran Tentang Branding Yang Harus Pebisnis Ketahui

Brand dan branding merupakan dua hal yang berbeda. Brand merupakan merk suatu produk sedangkan branding merupakan kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand. Branding sangat dibutuhkan agar pelanggan di luar sana aware akan adanya produk dari Anda.

Hampir semua startup membutuhkan branding untuk mengenalkan produk mereka. Banyak tokoh dunia yang juga melaksanakan branding terhadap produknya sehingga bisa digunakan sebagai pembelajaran bagi para pebisnis gres. Kesepuluh pembelajaran itu yakni.

1. Menjadi cerdik saja tidak cukup untuk membuat brand besar

Sebagai pemilik sekaligus pemimpin suatu bisnis, niscaya ingin membangun perusahaan menjadi besar. Untuk itu diharapkan pengetahuan yang luas dalam membantu pengambilan keputusan nantinya. Mengembangkan pengetahuan sanggup dilakukan dengan membaca maupun mencari seorang mentor yang berkompeten.

2. Membangun kultur bukan perusahaan

Apple yaitu salah satu brand terkenal di dunia dan yang memiliki banyak pelanggan loyal. Hal ini dikarenakan apple mampu menciptakan brand daripada produknya. Anda sanggup fokus membuat produk berlandaskan brand.

3. Mulai dengan “mengapa”

Mengintip  sekali lagi dari Apple , yang mulai membangun produk dengan pertanyaan –mengapa, bagaimana, apa-. Apa alasan produk itu ada?

4. Simpan rencana bisnis Anda

Rencana bisnis dibuat untuk membantu dan menuntun dalam jalannya pengembangan bisnis, akan tetapi Anda selalu membutuhkannya. Ketika terjadi persaingan pasar, Anda hanya harus mengandalkan ide-ide, menjalankan serta mengawasinya. Sedangkan untuk rancangan bisnis, masih sanggup Anda buat dikemudian hari.

5. Buat pasarmu sendiri

Satu-satunya cara untuk memastikan kesuksesan Anda yaitu dengan membuat pasar baru sendiri. Misalnya saja, Amazon yang sukses membuat pasarnya sendiri.

6. Mengubah brand

Memiliki banyak lini produk dapat mengakibatkan kebingungan pelanggan akan suatu brand, hal ini dipicu alasannya nama brand dan nama produk tidak sama. Hal ini terjadi pada Formspring, sehingga tetapkan untuk mengubah brand mereka.

7. Pelanggan bukanlah siapa yang kamu pikirkan

Banyak perusahaan yang mulai membangun produk dengan melihat sahabat atau keluarga. Sehingga dalam menjalankan bisnis, mereka tahu siapa sasaran mereka bekerjsama.Hal ini terjadi pada Vans. Cobalah untuk tidak mengeset bahwa Anda mengetahui siapa pelanggan Anda.

 

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Ketujuh pelajaran branding oleh beberapa perusahaan kelas dunia di atas mungkin menjadi suatu inspirasi tersendiri bagi Anda. Belajar kepada pengusaha yang telah lebih dahulu sukses memang merupakan cara tercepat menuju kesuksesan karena dapat mengurangi trial error pada bisnis. Dapatkan rahasia bagaimana mencapai sukses pada bisnis pertama Anda dengan mendownload Ebook The Billionaires Blueprint berikut.

Tinggalkan komentar