7 Inspirasi Peluang Untuk Pemula Bisnis Online

Siapa diantara kau yang belum sekalipun berbelanja online? Ah pasti jawabannya 1 diantara 1000 orang yang belum pernah melakukan ini.  Yap, membeli produk secara online kini sudah semakin menjadi ekspresi dominan di masyarakat. Mereka yang doyan belanja tapi malas untuk pergi ke mall, pasti memilih untuk membeli barang secara online. Selain pilihan yang banyak, kita juga tidak perlu takut lelah berkeliling kesana kemari demi mendapat barang yang kita inginkan. Cukup duduk, pegang gadget, browsing, pilih dan bayar. Beberapa waktu kemudian barang sudah di tangan. Bener gak?

Sampai ketika ini membeli produk secara online kian banyak, itulah yang menjadi peluang bagi para pebisnis di Indonesia. Dari yang awalnya hanya berjualan offline, kini mulai mencoba peruntungan berbisnis di rana online. Mereka memang harus mau berguru mencoba menjual barang secara online. Tujuannya terang supaya tidak gampang ketinggalan zaman dan tidak gampang tergeser oleh pesaing yang menggunakan bisnis online sebagai upaya pengembangan bisnis mereka.

Lalu apa saja sih sesungguhnya barang yang bisa dijual secara online? Pasti kau tahu banyak kan? Tapi ketika kau berniat untuk ikutan berjualan online, tim Mebiso akan membagikan referensi jenis barang yang menjadi lisan mayoritas dan menguasai pasar bisnis online.

Dari 100 orang pemilik toko online yang kami wawancarai, kami mendapat warta barang apa saja yang paling populer dijual secara online. Berikut ini penjabarannya 🙂

1. Produk fashion(pakaian, accesories)

Tidak salah memang bila produk fashion menempati urutan pertama dari 10 kategori produk yang dijual secara online. Hampir setiap hari dikala kita browsing di internet, melaksanakan program di sosial media, akan ada saja iklan yang mempromosikan produk fashion di internet. Mulai dari pakaian hingga accessoriesnya.

Dari 100 orang responden, sebanyak 20 orang memiliki dan mengembangkan toko online yang menjual pakaian baik pakaian anak-anak, remaja, pakaian formal, casual dan lain sebagainya. Contohnya, Mamahamil.com, Pakaianwanitamu.com, Hailadies.com, Sopahola.com dan masih banyak lagi.

Sedangkan 18 pemilik toko online menjual accesories pemanis untuk kebutuhan masyarakat akan produk fashion. Mulai dari sepatu, tas, jam tangan, kalung, cincin dan lain sebagainya. Misalnya Belikulit.com, Bro.do, Aksesorispengantin.com, Arsignature.com, dan lain sebagainya.

2. Produk kesehatan

Selain produk fashion, ternyata produk kesehatan pun juga kini mudah dijumpai di beberapa toko online. Beberapa orang memilih menjual produk seakan-akan obat, jamu dan produk kesehatan lainnya melalui media online. Sebanyak 6 orang dari 100 responden yang kami wawancarai menjual produk kesehatan ini.

Bagi sebagian masyarakat membeli beberapa obat yang tidak tersedia di apotek memang sangat sulit. Seperti obat untuk membentuk tubuh atau pendamping di saat kita sudah berolahraga. Contohnya saja Suplemenfitnessmurah.com yang menjual obat pendamping bagi mereka yang sudah berolahraga dan ingin membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

3. Gadget dan Accessories

Siapa bilang kalau membeli gadget dan accessoriesnya hanya bisa dilakukan di outlet di mall atau sentra perbelanjaan besar? Kini siapapun kita, kapan dan dimanapun kita, dikala ada gadget atau accessories terbaru, kita niscaya sudah mendapat informasi dengan cepat. Membelipun semakin mudah dan cepat.

Sebanyak 5 toko menjual produk berupa gadget dan accessoriesnya. Mereka mampu melihat peluang bisnis online besar diantara perkembangan dunia gadget yang terus meningkat. Seperti halnya Lazada.co.id yang menjual aneka macam produk gadget murah dan accessoriesnya.

Selain itu ada juga produk elektronik yang dijual. Seperti Ufoelektronika.com yang menjual produk elektronik secara online. 2 toko online dari 100 yang kami wawancarai menjual produk elektronik secara online. Kebanyakan dari toko online yang menjual produk elektronik ini bahwasanya sudah memiliki toko fisik, tapi mereka tidak ragu untuk masuk dan memasarkan produknya secara online.

4. Produk Kecantikan

Sebanyak 5,26% dari 100 orang responden mempunyai sebuah toko online yang menjual produk kecantikan. Seperti peralatan dan perlengkapan make up bagi wanita maupun laki-laki. Biasanya produk yang dijual secara online memang tidak dijual bebas di toko-toko di pusat perbelanjaan. Produk make up import juga masih mendominasi toko online produk kecantikan di Indonesia.

Headtotoe.asia yakni salah satu teladan toko online yang menjual produk kecantikan bagi perempuan. Dengan harga yang terjangkau, biasanya masyarakat lebih menentukan berbelanja produk kecantikan secara online. Lagi-lagi lantaran rasa malah untuk pergi mencari produk kecantikan ini di luar rumah. Dan mereka balasannya memilih untuk membelinya secara online.

5. Produk Kebutuhan sehari-hari (rumah tangga, masakan minuman)

Bukan lagi kebutuhan sekunder yang dijual secara online oleh para pemilik bisnis online ini. Kebutuhan pokok masyarakat ibarat masakan, minuman dan kebutuhan rumah tangga lainnya juga banyak yang dijual secara online. Mulai dari perabot rumah tangga, perlengkapan dapur, masakan siap saji, hingga dengan masakan ringan kini bisa kita jumpai di internet.

Mudah dan murah adalah alasan yang lagi-lagi diutarakan oleh penjual dan pembeli produk kebutuhan sehari-hari di internet. Seperti halnya perlengkapan rumah tangga yang dijual oleh 4 orang dari 100 orang responden. Sedangkan produk makanan dan minuman dijual oleh 3 orang dari 100 pemilik toko online. Ada juga produk perawatan bayi yang dijual oleh 3 toko online dari 100 yang kami teliti, contohnya babytafel.com.

Peluang menjual produk kebutuhan sehari-hari masih sangat besar. Karena kini banyak orang yang gundah dikala berbelanja kebutuhan sehari – hari tapi tidak mempunyai waktu untuk keluar rumah. Dan berbelanja online ialah menjadi pilihannya.

6. Produk unik dan khas

Ada kalanya dikala kita ingin membeli cinderamata, souvenir atau bahkan kado untuk seseorang tapi kita bingung mau membeli apa dan dimana, membeli secara online bisa menjadi pilihan kita. Kini banyak orang yang menjual produk – produk unik dan khas dijual secara online. Ini solusi bagi kita yang ingin mencari hadiah untuk orang Istimewa.

Sebanyak 5 toko online dari 100 toko online menjual produk – produk unik ini. Biasanya para penjual ini memiliki hobi mengoleksi produk unik, sebelum pada akhirnya mereka menjual produk yang biasa mereka beli. Contohnya saja Souvenirmurahsurabaya.com, lukisanbatik.com, dan masih banyak lagi.

7. Pelengkap hobi

Selain produk unik dan khas yang biasa dicari sebagai hadiah, ada juga perlengkapan hobi yang biasanya dijual secara online. Mulai dari produk otomotif, film, musik, game, perlengkapan fotografi hingga dengan olahraga.

Untuk toko online yang menjual produk otomotif sendiri berjumlah 5 buah toko dari 100 toko online yang kami wawancarai. Untuk Film, musik dan game sendiri masih cukup terkenal menjadi peluang bisnis online, yaitu sebanyak 4 buah toko online.

Sedangkan produk mainan dan hobi juga memiliki jumlah yang sama, yaitu 4 buah toko online. Selain itu, 3 buat toko menjual produk perlengkapan fotografi dan video. Perlengkapan olahraga dan juga buku bacaan mempunyai posisi yang sama yaitu dijual oleh 2 toko online dari total 100 toko online yang ada.

Perlengkapan hobi ini menjadi peluang yang sangat besar jikalau dijual secara online. Karena selain memperlihatkan fasilitas dalam berbelanja, pilihan yang ditawarkan juga tidak kalah banyak dari outlet yang ada di pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Sehingga produk perlengkapan hobi masih mendominasi peluang perjuangan bisnis online di Indonesia.

Nah, begitulah sekilas perihal penelitian yang sempat kami adakan speutar peluang usaha online apa saja yang bisa kita ambil. Dengan sisa 11 toko online, mereka rata – rata menjual produk kebutuhan harian yang tidak terlalu mendesak. Seperti produk materi bangunan, Alat tulis menulis dan perlengkapan kantor, dan lain sebagainya.

Kini tergantung kau, apa sih bisnis yang kira – kira membuat kau ingin tau dan membuat kamu ingin juga berjualan online? 🙂 Share yuk di sini 🙂

 

Tinggalkan komentar