6 Teknik Yang Harus Anda Lakukan Agar Bisnis Online Anda Lebih Banyak Penjualan Di Instagram

Memasuki 2016, pasar bisnis online semakin berkembang. Benar memang berdasarkan berbagai survey dan juga ramalan seputar bisnis online yang akan semakin booming. Teknologi yang tidak henti berkembang, seni manajemen bisnis yang terus bermacam-macam, serta media yang terus bisa dipakai membuat siapa saja kini bisa menjadi seorang entrepreneur online.

Bahkan dengan bermodal smartphone serta akun sosial media, Instagram misalnya. Selain menjadi daerah berbagi foto dan menemukan akun tokoh yang kita sukai, Instagram mempunyai tugas penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis online seseorang.

Peg Fitzpatrick, Best selling author, Director of Digital Media, sekaligus social media marketer menuturkan beberapa fakta dan peluang bisnis yang bisa kita jalankan di Instagram.

Menurut slide yang ia berikan di slideshare.net, statistik inilah yang akan membantu kita. Karena…..

85% dari merek ternama di seluruh dunia sudah menginvestasikan bisnis mereka di Instagram. Mereka membuat sekitar 4.21% keterlibatan di Instagram. Ini berarti keterlibatan pengguna Instagram sudah 58(0,07%) kali lebih tinggi dari pengguna Facebook dan 120(0,03%) kali lebih tinggi dari Twitter.

Dan ini membuat Instagram dianugerahi KING OF ENGAGEMENT.

Menggunakan Instagram juga membutuhkan beberapa teknik, tentu saja agar apa yang sudah kita tampilkan memperlihatkan dampak yang besar untuk bisnis kita. Mulai dari…..

 

1. Melakukan pengukuran

Analisis pengguna Instagram, konten yang paling populer, sampai dengan hashtags apa saja yang sedang menjadi trending topic saat ini, harus Anda kuasai. Banyak tools yang bisa Anda gunakan, seperti Sprout social, Iconosquare, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mulai mengukur, seberapa besar pengikut Anda, keterlibatan atau engagement apa saja yang sedang menjadi ulasan, bagaimana pesaing Anda melakukan kampanye mereka.

 

2. Kemudian lakukan monitoring

Anda tidak perlu menjadi seorang pebisnis yang terus fokus dan terobsesi pada angka. Fokuslah pada cara yang cerdas, bahkan berbeda dari yang lain. Gunakan statistik yang Anda miliki untk membantu Anda tumbuh. Pelajai setiap data dan lakukan perubahan bila memang Anda merasa harus ada yang dirubah dalam cara Anda selama ini.

 

3. Perhatikan juga peta bisnis Anda

Tidak banyak yang tahu, kalau menambahkan data lokasi dalam postingan kita mengatakan dampak yang sangatlah luar biasa. Keterlibatan Anda akan menjadi 79% lebih tinggi, jikalau Anda memposting konten atau foto yang disertai lokasi. Hanya sebuah foto dengan lokasi, Anda bisa mendapat banyak laba.

 

4. Gunakan metode yang pasti

Tanpa seni manajemen, cara dan taktik yang berbeda dari yang lain, bisnis Anda tentu akan biasa-biasa saja. Mulailah dengan membuat checklist harian, mingguan dan bahkan bulanan.

Checklist harian:

– melakukan posting di Instagram

– terlibat dalam setiap komentar yang diberikan followers Anda

– ikutilah beberapa orang atau akun yang cukup terkenal

Checklist mingguan:

– buatlah jadwal terbaik untuk memposting di Instagram

– perbarui hashtag yang kamu pakai

– perbanyaklah media sosial

– terlibat dengan influencer

Checklist bulanan:

– buatlah laporan bulanan

– ciptakan strategi terbaik untuk bulan selanjutnya

 

5. Pastikan alur kerja

Nah, jangan hingga kegiatan Anda selama ini tidak tercatat dengan baik. Anda harus membuat catatan untuk setiap perencanaan, hasil, bahkan hal-hal yang berhasil ataupun yang gagal Anda lakukan.

 

6. Fokus

Yang terakhir yaitu FOKUS. Tahukah Anda kalau memposting wajah manusia sanggup menghasilkan 38% lebih banyak likes dalam postingan Anda, daripada 11 hashtag untuk foto di bawah follower 1K, dan 5 hashtag di atas follower 1K.

Wow!!! Menakjubkan sekali kan dampak dan manfaat dari Instagram untuk bisnis online Anda. Selain mudah dan murah, Instagram memberikan kita kesempatan untuk mendapat banyak pengikut yang mempunyai hobi dan ketertarikan yang sama dengan kita. Tentu saja ini sangat berimbas bagi bisnis online Anda.

Tapi tahukah Anda, bila mempunyai Instagram saja tidak cukup untuk membuat bisnis online Anda sesukses lazada, zalora bahkan amazon. Karena apa? Jika Anda berniat membuat bisnis Anda mendunia, Anda tentu membutuhkan sebuah nama atau merek atau merk, Anda juga membutuhkan logo, Anda membutuhkan website ASLI bisnis online Anda, dan bahkan Anda membutuhkan kawasan dimana Anda bisa memajang foto produk secara bebas, menyampaikan fasilitas untuk transaksi customer Anda, bahkan membuat bisnis online Anda mudah untuk dipromosikan.

Yap, website menawarkan imbas yang jauh lebih besar sekedar sosial media apapun. Website bisnis online bisa membuat Anda jauh lebih efektif dalam berjualan. Bahkan Anda tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk membuat website toko online yang sangat bagus dan menjual. Seperti halnya Jagoanstore.com, yang memperlihatkan fasilitas untuk Anda dalam mempunyai website toko online yang sangat menjual. Tidak perlu keahlian programming, desainer, bahkan Anda hanya butuh keahlian menjual, produk yang Anda pajang di website pun sanggup terjual lebih dari target Anda.

Selain Jagoanstore.com yang memudahkan Anda untuk pribadi mempunyai website toko online, Anda yang sebelumnya sudah memiliki website ini pun bisa membuatnya tampil dan diakses dengan sangat baik. Cukup dengan menentukan penyedia layanan hosting yang sesuai dengan website Anda. Contohnya bila Anda memakai WordPress sebagai CMSnya, tidak perlu repot dan gundah. Sebab WordPress Hosting dari Beon memberikan Anda kemudahan untuk memiliki website toko online yang kondusif, cepat dan mendukung setiap kebutuhan Anda untuk berjualan online.

Hmm, sangat simpel bukan mempunyai bisnis online yang Anda inginkan? Tidak perlu usang-usang lagi menunggu. Karena dikala ini, apapun yang Anda butuhkan untuk bisnis online sudah tersedia dengan simpel. Cobalah sekarang juga!

Tinggalkan komentar