6 Panduan Mudah Dalam Menentukan Target Facebook Marketing

Sebelum menggunakan facebook sebagai media promosi berarti Anda harus mengetahui mengenai target terlebih dahulu. Persona pelanggan yakni yang Anda butuhkan untuk mendefinisikan tarjet market Anda ketika ini. Akan tetapi masih banyak pebisnis di luar sana yang belum mengidentifikasi persona dalam bisnisnya. Bahkan tidak sedikit pula yang masih bertanya-tanya wacana apa itu persona. Persona lebih ke arah siapa bekerjsama target market kita. Orang ibarat apa yang membutuhkan produk kita.

Facebook memiliki pilihan sasaran yang cocok dipakai untuk setiap bisnis Anda. Facebook sanggup mentarget menurut lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, demografi, kebiasaan dan ketertarikan. Sebelum melangkah lebih jauh, tahukah Anda mengenai panduan membuat sasaran market Anda? Berikut panduan membuat sasaran market berdasarkan fitur yang diberikan facebook dan sanggup Anda terapkan eksklusif pada bisnis.

1. Berdasarkan lokasi

Dimana kah kebanyakan pelanggan Anda tinggal? Dapat berupa kota, provinsi ataupun negara.

2. Berdasarkan umur

Rentang umur berapakah pelanggan Anda selama ini? Bisa menggunakan rentang kurang dari 20 tahun.

3. Berdasarkan jenis kelamin

Berjenis kelamin apakah pelanggan Anda? Perempuan ataukah laki-laki?

4. Berdasarkan demografi

Apakah status pelanggan ketika ini? Sudah menikah atau masih lajang? Apakah level pendidikan terakhir pelanggan Anda? Apa pekerjaannya? Di industri apakah mereka berkerja? Apakah masih pelajar? Dan sebagainya.

5. Berdasarkan Ketertarikan

Bisa berupa buku atau majalah apa yang disukai pelanggan? Acara apa yang sering mereka datangi?

6. Kebiasaan

Apa acara yang mereka lakukan dalam dunia digital? Bagaimana keuangan mereka? Apakah mereka seorang fasionista, gamers atau yang lain?

Anda mungkin lebih menyukai mendapatkan data diatas melalui survey atau mencari tahu sendiri di facebook masing-masing pelanggan. Yang terpenting adalah menemukan pola seperti apakah pelanggan Anda sebenarnya. Semakin spesifik sasaran market yang Anda dapatkan maka semakin mendekati sasaran iklan yang Anda buat nantinya. Ke enam cara di atas tentu akan sangat membantu Anda dalam menerapkan facebook sebagai taktik marketing.

 

 

Tinggalkan komentar