6 Kebutuhan Penting Sebuah Startup

Startup memang menjadi salah satu proses bisnis yang gres berada pada titik bawah. Ada banyak yang membuat banyak orang ingin mendirikan sebuah startup. Tapi mereka kadang lupa perihal apa itu startup, apa saja yang diperlukan untuk membangun sebuah startup dan bagaimana startup itu berjalan. Startup memang menjadi verbal secara umum dikuasai dikala ini, banyak orang yang berkata bahwa mereka mendirikan atau mempunyai sebuah startup. Tapi apakah mereka sudah memenuhi kebutuhan penting dari startup mereka sendiri? Jika dirasa belum, coba cek disini apa saja kebutuhan startup itu.

1. Customer

 

Sebagai sebuah startup hal yang paling penting dalam proses pemasaran ialah customer. Sebenarna ini berlaku bagi semua jenis bisnis. Customer menjadi nyawa bagi jalannya sebuah bisnis dan perusahaan. Tidak ada bisnis yang bisa sukses menjual apa yang mereka hasilkan, ketika mereka tidak memiliki customer. Customer didapatkan dari proses promosi atau pengenalan kepada masyarakat. Siapa yang akan menjadi pelanggan atau hanya menjadi calon pelanggan, itu ialah jawaban dari usaha promosi yang dilakukan. Startup tidak akan bisa bertahan saat ia tidak mempunyai customer yang dituju.

2. Product

 

Berbisnis tanpa menghasilkan sesuatu tentu tidak ada artinya. Produk yaitu sesuatu yang akan dihasilkan oleh sebuah bisnis yang lalu akan dijual ke pasaran. Untuk sebuah startup kebutuhan akan sebuah produk tentu sangat besar. Bagaimana tidak, mana bisa sebuah startup berjualan tanpa mempunyai sebuah produk yang ia hasilkan. Saat produk saja tidak bisa dihasilkan, maka bagaimana dengan customer? Itu tentu akan sulit untuk kita dapatkan. Untuk menghasilkan sebuah produk bagi startup, ada banyak yang harus dipelajari. Mulai dari ingin menciptakan apa, untuk siapa. dijual berapa, dan lain sebagainya.

3. Timing

 

Ketika kita ingin membangun sebuah bisnis atau startup, yang kita niscaya butuhkan yaitu waktu. Waktu menjadi potongan terpenting ketika kita melaksanakan sebuah proses untuk menghasilkan product, mendapat customer dan mencapai sebuah laba. Kita membutuhkan waktu untuk membuat sebuah perencanaan bisnis, mengatur sebuah organisasi dalam perusahaan, memproduksi sebuah karya, menjual produk yang dihasilkan, sampai mendapat keuntungan. Waktu memang menjadi bab terpenting ketika kita juga sedang belajar untuk memulai semua dari nol.

4. Competition

 

Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya sebuah kompetisi. Kompetisi memang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis atau startup. Kita tidak akan bisa mencar ilmu, berkaca dan mengasah kemampuan kita, dikala kita tidak melakukan sebuah kompetisi dengan orang lain. Kompetisi jugalah yang mengajak kita untuk bersemangat dalam menghasilkan sesuatu. Startup akan suskes jika ia bisa berkompetisi dengan pemilik startup lainnya dan juga berkompetisi dengan dirinya sendiri.

5. Finance

 

Apalagi yang paling dibutuhkan oleh semua bisnis selain persoalan finance. Sebuah startup juga pastinya sangat memikirkan bagaimana dengan kebutuhan yang satu ini. Dari mana mereka memulai, dengan apa dan bagaimana. Sebenarnya ini bukan hal yang sulit. Untuk sebuah startup cobalah untuk mencari investor yang akan membantu Anda dalam memproduksi wangsit – wangsit yang Anda miliki. Tapi lebih dari itu, bantu-membantu sebuah startup bukan hanya dilema invest saja. Startup lebih pada bagaimana kita sanggup menerapkan dan mewujudkan ide – pandangan gres kita menjadi nyata. Untuk dilema finance ini sendiri, ada banyak cara kita untuk mendapatkannya, salah satunya yaitu dengan meminjam modal. Dengan rasa tanggungjawab yang kita miliki, maka apa yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar.

6. Team

 

Yang terakhir yaitu sebuah team. Bisnis startup tidak akan bisa berdiri ketika hanya ada satu orang didalamnya. Anda harus tahu bagaimana pentingnya sebuah kerja sama dan kerjasama tim untuk bisa membentuk sebuah startup yang hebat. Anda tidak bias bekerja sendiri menciptakan sebuah perusahaan dengan keahlian yang terbatas. Bisa saja memang Anda mempunyai keahlian terhadap satu bidang, seakan-akan pemrograman. Dan Anda berencana mendirikan sebuah startup yang berhubungan dengan bisnis digital atau aplikasi. Tapi apakah itu bisa berhasil dikala Anda tidak mahir dalam menjual dan membutuhkan orang lain untuk menjualnya. Ini arti penting sebuah tim. Sebuah bisnis, terutama startup tidak bisa berdiri hanya dengan satu kekuatan yang belum tentu bisa menguasai semuanya.

Baca juga:

11 Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Startup Bisa Sukses

8 Tips Membentuk Budaya Perusahaan dari Pengusaha Dunia

5 Tips Memiliki Gaya Hidup Sehat untuk Pelaku Bisnis Start Up

Tinggalkan komentar