50 Aturan Menjadi Pemimpin Hebat Dan Besar

Menjadi seorang pemimpin besar bukanlah sesuatu yang bisa terjadi hanya dalam waktu semalam. Melalui kebiasaan, disiplin dtinggi, kerja keras dan juga akad akan membantu memperbaiki dan membuat pengalaman terbaik. Sebab, pemimpin besar tidak lahir dengan cara yang instan. Mereka dibentuk dan dibangun dengan sikap yang tegas dari waktu ke waktu. Bukankah itu artinya menjadi pemimpin besar ialah hal yang sulit?

Tentu tidak kalau Anda berkomitmen tinggi untuk mau menjadi pemimpin yang besar. Bukan hanya untuk organisasi, anggota tim, perusahaan, tapi juga untuk diri Anda sendiri. Dan berikut ini yaitu 50 aturan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang besar.

1. Dengarkanlah tim Anda. Anda memang menjadi pemimpin yang bisa memerintah, tapi Anda pun harus mau mendengarkan apa yang tim Anda katakan, bahkan bila Anda tidak menyukainya.

2. Berkomunikasi seefisien mungkin. Anda boleh saja berkomunikasi dengan tujuan yang terang. Tentu saja dengan memakai media yang tepat sesering Anda lakukan.

3. Kurangi berbicara. Terkadang menyampaikan tidak menawarkan dampak yang baik untuk diri kita, ketimbang memaksakan diri berkata ya pada apapun yang ada untuk sekedar menghilangkan pikiran negatif.

4. Jadilah teladan. Jadilah jenis orang yang diinginkan dan dicontoh oleh seluruh anggota tim Anda.

5. Teruslah bersemangat. Jika Anda tidak bersemangat dikala bekerja, itu artinya Anda bekerja di kawasan di di bidang yang salah.

6. Konsisten. Jadilah orang yang mempunyai konsistensi tinggi dalam sikap dan sikap. Sehingga tim Anda tahu apa yang bisa mereka harapkan dari Anda.

7. Tegaslah dalam mempunyai keputusan. Jangan pernah menjadi orang yang ragu-ragu untuk meninggalkan hal-hal yang sudah pernah terjadi, dan jangan simpel goyah ihwal keputusan yang sudah berhasil Anda capai.

8. Carilah mentor dan panutan. Carilah orang yang mampu membantu Anda mencar ilmu dan berlatih menjadi pemimpin yang besar.

9. Jangan mengganggu pekerjaan orang lain. Hal ini berlaku juga dikala Anda percaya bahwa semua anggota tim Anda bekerja dengan baik. Maka Anda tidak akan mengganggu mereka kecuali benar-benar dibutuhkan.

10. Anda tahu batasan Anda. Jangan memaksakan diri untuk melaksanakan sesuatu di luar batas kemampuan Anda.

11. Anda tahu kekuatan Anda. Dengan kekuatan yang Anda miliki, tentu banyak hal yang bisa Anda selesaikan dengan baik dan bahkan Anda bisa menuntaskan pekerjaan yang sulit sekalipun.

12. Anda pun tahu apa kelemahan Anda. Anda bukanlah orang yang berpengaruh di aneka macam hal. Anda pun mempunyai kelemahan dan kekurangan untuk melaksanakan sesuatu. Akui saja apa itu, dan cobalah bekerja sebaik mungkin di dalam lingkungan tersebut.

13. Jangan pernah membuat alasan. Jika Anda membuat kesalahan, Anda harus mau mengakui dan mengambil tanggungjawab dengan tulus terhadap kesalahan. Serta tidak menyalahkan orang lain.

14. Anda harus siap dengan segala hal yang tidak terduga. Karena Anda tidak dapat mengontrol atau memprediksi segala sesuatu yang akan terjadi.

15. Pilihlah kawan kerja dengan penuh kehati-hatian. Sebab bekerja dengan orang yang tepat akan membuat Anda bida mempercayai dan mengandalkan mereka dalam banyak hal.

16. Berkomitmen untuk menjadi seseorang yang baik. Siapapun orangnya tentu ingin menerima sikap yang baik dari orang lain. Untuk itu, Anda perlu memperbaiki sikap dan sikap menjadi orang yang baik terlebih dahulu.

17. Bertemulah dengan orang baru setiap harinya. Dengan ini Anda akan mengambil banyak kesempatan untuk memperluas jaringan dan mengekspos diri untuk membangun pengalaman dan perspektif gres.

18. Lakukan semuanya dengan emosi yang Anda miliki. Anda bukan robot kan, untuk itu biarkan diri Anda mencicipi apa yang Anda lakukan dan apa yang ingin Anda kerjakan.

19. Tahan setiap reaksi yang Anda ingin berikan. Anda harus bisa memperjelas pikiran internal dan perasaan yang Anda miliki.

20. Bersenang-senanglah. Anda mempunyai waktu untuk diri Anda sendiri, untuk bersenang-senang dengan tim Anda dan juga diri Anda sendiri.

21. Cari tahu banyak hal. Sebelum membuat keputusan, Anda harus mencari tahu apa pro dan kontra dari pekerjaan yang akan Anda kerjakan. Ini akan membantu Anda mengurangi resiko.

22. Anda harus bisa menyeimbangkan antara pikiran, percaya terhadap naluri dan juga reaksi yang akan Anda berikan.

23. Pilihlah anggota tim Anda dengan hati-hati. Anda bisa menyewa hanya mereka yang mampu Anda percaya, dapat bekerja dengan baik dan bergaul dengan baik dengan orang lain.

24. Prioritaskan tim Anda. Yakini jikalau tim Anda ialah segalanya. Beri mereka apapun yang mereka butuhkan untuk berhasil.

25. Tetaplah rendah hati. Anda memang menjadi seorang pemimpin, tapi jangan pernah angkuh tentang apa yang Anda miliki dan apa yang sudah Anda kerjakan. Ini akan mempengaruhi posisi Anda sebagai pemimpin.

26. Terus saling memaafkan kesalahan. Anda tahu bahwa semua orang pasti membuat kesalahan, termasuk Anda. Kaprikornus, tidak akan rugi dikala Anda memaafkan mereka.

27. Anda juga harus memaafkan diri Anda sendiri. Ini sangat mempengaruhi sikap dan sikap Anda di kemudian hari. Anda tidak boleh menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi.

28. Anda harus bisa berpikir rasional. Mengambil keputusan bukan hanya sebab harapan, tapi juga dengan pikiran yang logis.

29. Bijaksana. Anda harus mau mendengarkan setiap pendapat, mendapat setiap perbedaan pendapat dan juga adil dalam mengambil keputusan.

30. Luangkan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang penting. Tidak ada kata “tidak punya waktu” untuk benar-benar melaksanakan hal yang penting dalam hidup. Tidak ada kata membuang-buang waktu.

31. Teruslah mencar ilmu. Anda harus mau membaca sebanyak yang Anda bisa, mengambil banyak kelas untuk mendapatkan ilmu embel-embel, dan ambil kesempatan untuk melakukan hal yang gres setiap harinya.

32. Tingkatkan keterampilan Anda. Bekerja bukan hanya butuh ilmu, tapi juga butuhk keterampilan yang banyak. Anda harus terus-menerus melatih dan meningkatkan keterampila.

33. Jangan pernah mengalah. Anda boleh mengeluh, tapi jangan pernah berpikir untuk mengalah. Terlebih ketika Anda mempunyai ketekunan yang ekstra dalam melakukan pekerjaan Anda.

34. Update metode kerja yang Anda gunakan. Bahkan dikala sesuatu yang Anda kerjakan tidak bekerja, maka Anda bisa mengubah pendekatan dan cara Anda.

35. Jangan ragu untuk mengambil rugi. Jika Anda kalah dalam sebuah perjuangan, Anda harus mau mengakui dan mundur bahkan memulainya di tempat yang lain atau dengan cara yang gres.

36. Belajarlah dari kesalahan Anda. Cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Anda harus tahu, bukan orang sukses namanya ketika melaksanakan hal yang sama berkali-kali dan mengharapkan sesuatu yang berbeda.

37. Simpan semua data dengan baik. Anda harus bisa membackup semua keputusan dan data yang Anda miliki.

38. Jangan pernah mengabaikan gejala stres. Stres yakni sesuatu yang wajar dimiliki oleh setiap orang yang mempunyai banyak pikiran, banyak tanggungan dan tanggungjawab yang harus diselesaikan segera. Tapi Anda harus tahu apa saja tanda-tanda yang muncul, sehingga Anda bisa mengurangi dan menghilangi stres itu.

39. Berikan tanggapan. Biarkan tim Anda melaksanakan apapun yang ingin mereka lakukan, dan berikan tanggapan atas apa yang sudah mereka capai.

40. TRUST, tapi tetaplah menyelidiki. Anda bisa mempercayai kemampuan tim Anda, tapi untuk menuntaskan sesuatu, Anda perlu memastikan pekerjaan mereka sampai akibat.

41. Fleksibel. Anda perlu membiarkan orang tahu bahwa mereka bisa mempercayai Anda. Dan Anda juga bisa membuka pintu bagi siapa saja yang membutuhkan pinjaman Anda.

42. Berikan perlakuan yang sama untuk semua orang. Bukan hanya mendekati orang yang satu hobbi dengan Anda, tapi cobalah dewasa dengan berkumpul bersama banyak orang-orang yang berbeda.

43. Jangan mengejar kekerabatan pribadi yang dekat dengan tim. Bagaimanapun Anda yaitu pemimpin, pertama dan terutama. Dengan begitu sekalipun Anda mencoba erat dengan orang banyak, tapi anda tidak menjadi teman terbaik untuk banyak orang.

44. Luangkan waktu untuk tim Anda. Anda perlu membangun kerjasama dan kekompakan tim dengan banyak latihan dan berbicara satu dengan yang lain. Serta bersenang-senang bersama.

45. Syukuri apa yang sudah Anda dapatkan. Tolong menolong yaitu hal yang masuk akal di dalam kehidupan kita. Bahkan kalau seseorang membantu Anda, Anda wajib membalas kebijaksanaan mereka.

46. Jangan memutuskan kekerabatan. Anda harus tetap membuat orang yang ada di hidup Anda terus saling berhubungan.

47. Jagalah komunikasi dengan semua orang. Termasuk dengan anggota tim yang meninggalkan atau telah mengubah perannya. Anda tinggal menghubungi mereka kembali.

48. Jangan mengorbankan kehidupan pribadi Anda. Sebab kehidupan pribadi dan kehidupan sosial Anda harus benar-benar berjalan dengan seimbang. Makara jangan pernah mengorbankan kehidupan langsung demi kepemimpinan atau tanggungjawab profesionalitas kerja.

49. Anda harus menikmati kepemimpinan. Menjadi pemimpin memang bukan kasus mudah, tapi cobalah untuk tidak stres terlalu banyak dikala menjadi seorang pemimpin. Justru sebaliknya, Anda harus menikmati semua manfaat yang sudah Anda dapatkan.

50. Lakukan saja. Sebab bahkan dengan 50 aturan ini, kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi sehabis ini. Untuk itu tidak ada nasehat yang baik dikala tidak kita lakukan dan tidak dimanfaatkan untuk semua situasi.

Dengan rasa percaya diri, kerja keras, disiplin tinggi, menjadi seorang pemimpin yang besar bukanlah hal yang mustahil. Dengan pengalaman yang dibuat dan usaha Anda pun akan membuat Anda menjadi pemimpin yang hebat. 🙂

Tinggalkan komentar