5 Tips Untuk Memulai Menjadi Sociopreneur

Mungkin jarang kita mengenal istilah “sociopreneur”. Yang sering kita kenal adalah entrepreneur, pengusaha atau wirausahawan. Nah, sociopreneur  bisa dibilang sebagai istilah yang baru berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Namun, saat ini banyak orang, khususnya anak muda, yang memilih menjadi sociopreneur.

Apa itu Sociopreneur

Sociopreneur adalah seorang wirausaha yang menciptakan bisnis yang diujukan tidak hanya untuk mencari profit semata, tetapi mempertimbangkan dampak dari bisnis tersebut. Sociopreneur dikenal juga dengan sebutan social entrepreneurship dan socialpreneur.

Hingga saat ini sociopreneur banyak menarik para anak muda yang ingin menjadi wirausaha. Mereka meyakini bahwa sociopreneur adalah jawaban dari mereka yang ingin berbisnis dan ingin melakukan aktivitas sosial untuk membantu sesam atau menyelamatkan lingkungan tempat tinggalnya.

Bagi kamu yang ingin menjadi sociopreneur, mebiso akan membantumu dengan beberapa tips untuk membuat bisnis yang berjiwa sosial. Simak

Berangkat dengan Masalah

Kamu sanggup memulainya semua dengan menemukan permasalahan yang ada. Masalah yang terdapat di negaramu atau dari yang terkecil yang ada disekitarmu. Namun permasalahan yang kau temukan merupakan permasalahan yang memang memiliki imbas buruk, bukan hanya sekedar kasus saja.

Ibaratnya jika masalah itu tidak segera ditanggulangi akan menimbulkan dampak yang buruk kedepannya. Seperti masalah tentang kemiskinan, pengangguran, kelaparan, dan sebagainnya

Perhatikan Dampak Negatif Masalah

Masalah yang coba kamu selesaikan, harus kamu validasi terlebih dahulu. Untuk benar-benar memastikan masalah itu benar-benar masalah. Kamu bisa mendapatkan informasinya berdasarkan data-data yang ada di internet atau dari sumber lain yang terpercaya.

Kamu bisa menilai berapa kerugian yang akan didapat, berapa materi yang akan hilang, dampak sosial apa yang akan timbul dari masalah tersebut.

Solusi dengan Produk Terkini

Selanjutnya yakni menentukan solusi yang sempurna untuk mengatasi kasus tersebut. Solusi yang harus dipakai solusi yang mempunyai nilai bisnis dan dapat diterima oleh masyarakat. Dan juga solusi tersebut jikalau menjadi sebuah produk dan jasa harus mempunyai tingkat ajakan yang tinggi.

Misalnya pada apa yang dilakukan Go-Jek, ketika ingin mengatasi permasalahan pengangguran dengan menciptakan pekerjaan melalau berbagai service-on demand melalui aplikasinya. Seperti jasa transportasi, jasa bersih, jasa antar makanan, dan banyak lagi.

Bisnis Model yang Teruji

Selain menemukan solusinya, kamu juga harus menguji bisnis modelnya. Bisnis model ini merupakan cara dari sebuah bisnis untuk menjalankan proses bisnisnya secara menyeluruh

Jadi kamu juga harus memikirkan bagaimana bisnis sosialmu dapat memperoleh pemasukan, bagaimana caranya konsumen mau membeli produkmu dan mengeluarkan uang untuk itu. Setelah kamu menemukan kamu harus mengujinya dan setelah itu bisa kamu kembangkan

Cari Tim yang Memiliki Visi Sama

Kelima, dan yang terakhir adalah mencari tim yang memiliki tujuan yang sama. Jadi temukan orang-orang yang memiliki passion yang sama untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sekaligus meraka yang berjiwa bisnis dan sosial.

Tim yang mempunyai visi yang sama, membuat timmu solid. Sehingga setiap tantangan apapun yang kau hadapi dikala mewujudkan bisnis sosialmu.

Nah itu tadi kelima tips untuk menjadi sociopreneur, saatnya kau mencoba. semangat.

Baca Juga Artikel Menarik ini

Empat Ide Bisnis Dibidang Pendidikan

3 Komunitas Bisnis Bisa Bantu Kamu untuk Makara Pengusaha

6 Poin Penting Sebagai Seorang Pemimpin

Tinggalkan komentar