5 Tips Mendesain 1 Minggu Yang Produktif

Mengakulah, bahwa di hari Senin ini ada sebagian dari Anda yang merasa malas untuk pergi kuliah atau bekerja. Anda ingin mengurangi banyak pekerjaan yang selama ini membuat Anda bosan dan lelah. Salah satu cara yang Anda tahu yaitu dengan bekerja cerdas. Ini membuat Anda lebih simpel menikmatinya. Anda ingin mempunyai banyak waktu untuk belajar, untuk menikmati karir Anda dan untuk lebih berkembang lagi.

Entah Anda bekerja di sebuah perusahaan swasta, industri kreatif atau bahkan isntansi pemerintah, Anda tahu bahwa Anda harus sanggup produktif dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Tentu hal itu bukanlah kasus mudah. Anda butuh perencanaan, konsistensi dan kerjasama tim.

Dan berikut ini yakni tips dimana Anda bisa menciptakan 1 minggu kedepan menjadi lebih produktif dan Anda mempunyai banyak waktu untuk diri Anda sendiri.

1. Senin pagi: Mulai Fokus

Di awal Minggu, cobalah mengumpulkan semua anggota tim Anda di sebuah ruangan, dimana Anda dan mereka akan menghabiskan sekitar 20 menit untuk meninjau apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan di ahad ini. Mintalah masing-masing orang untuk menulis 3 tantangan bagi diri mereka selama seminggu kemarin, tempelkan post it ke tembok dan membacanya keras. Tantangan ini harus bertujuan untuk mencari penyelesaiannya. Entah masalah pribadi atau dilema dalam tim dan pekerjaan. Dari sini, masing-masing harus berkomitmen untuk menuntaskan masalah mereka, dan menjaga semoga pekerjaan dan juga tim dapat bekerja dengan baik.

2. Rabu pagi: Berbagilah dengan orang lain

Dalam Base Design, kita menyebutnya pertemuan kreatif. Ketika semua orang hadir, dari management, tim keuangan bahkan tim kreatif pun berkumpul. Di sini akan dibahas ide, penemuan, penelitian dan juga persentasi tentang rencana bisnis dan masalah yang muncul di dalamnya. Semua orang akan bersama-sama mencari solusi dan bekerjasama menyelesaikannya.

Dalam pertemuan ini, kita memulainya dengan inklusi. Memberikan pertanyaan yang sama kepada semua yang hadir. Seperti:

  • Bagaimana suasana hati saya hari ini?
  • Apa cita-cita saya untuk pertemuan kali ini?
  • Apa yang akan saya bawa ke pertemuan ini?

Semua orang mendapatkan hak yang sama untuk menawarkan suara mereka perihal diskusi yang sedang dilaksanakan.

3. Kamis siang: Lupakan sejenak pekerjaan

Di tengah minggu, cobalah untuk mengurangi pekerjaan di hari ini. Tidak ada pekerjaan, tidak ada kegiatan dan hanya ada waktu untuk menikmati masakan di siang hari bersama dengan semua anggota tim. Anggota tim saling mengenal anggota lainnya dengan baik. Lakukan hal ini seolah-olah berkolaborasi dengan anggota tim.

4. Jumat sore: Lihatlah kembali

Gunakan Jumat sore untuk mereview seminggu yang sudah berlalu. Kumpulkan anggota tim untuk menuliskan bagaimana ihwal tantangan mereka selama seminggu yang sudah dilalui. Memuaskan atau tidak cukup untuk menjadi bahan perbaikan di minggu selanjutnya. Ingatlah! tujuannya yakni untuk bekerja menjadi lebih baik lagi.

5. Sisa Minggu? Hari Anda

Nah, di Hari Minggu Anda sanggup memanfaatkan waktu yang Anda miliki untuk bersenang-bahagia dengan diri Anda sendiri. Menikmati liburan dan tidak menyentuh pekerjaan sedikitpun. Anda perlu tahu bahwa tubuh dan jiwa Anda juga butuh istirahat. Setelah cukup lelah bekerja selama seminggu, Anda sanggup beristirahat dan melaksanakan apapun yang Anda suka.

Nah, kalau satu minggu ini sanggup Anda buat dengan lebih maksimal, sanggup dipastikan waktu bekerja Anda tidak akan menghabiskan banyak tenaga Anda. Anda akan menikmati pekerjaan. 🙂

Tinggalkan komentar