5 Tips Jualan Online Yang Tepat Dan Mudah Bagi Pemula. Wajib Dicoba!

Saat ini, banyak sekali muncul para pengusaha online gres yang sukses. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya susukan menjadi seorang pengusaha. Jika dahulu orang yang ingin berjualan harus ke pasar atau membuka sebuah toko. Kini, dengan modal sedikitpun Anda sudah bisa berjualan. Jualan ala modal murah salah satunya bisa Anda dapatkan melalui bisnis online.

Untuk Anda yang masih awam mengenai jualan online, jangan takut untuk memulai suatu bisnis. Terutama bisnis online, bisnis ini bisa Anda mulai dengan biaya seminimum mungkin. Tips jualan online yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah perencanaan, misalnya:

1. Jumlah modal yang akan dikeluarkan (tentukan budget)

2. Pasar atau target market

3. Produk yang ingin dijual

4. Bagaimana strategi pemasaran Anda

5. Bagaimana prospek bisnis dalam jangka pendek dan panjang

Dan berikut adalah tips jualan online yang sempurna dan mudah:

1. Memulai dengan Niat yang Sungguh – Sungguh

Mungkin ini terdengar klise, memulai sesuatu tentu harus dengan niat lurus dan sunguh –sungguh. Bulatkan tekad bahwa Anda harus fokus menjalaninya. Tidak hanya itu, niat yang kuat akan mempengaruhi semangat Anda karena semangat yang kuat tentu akan memberikan dorogan lebih ketika Anda hendak melakukan sesuatu.

Memulai dengan niat yang sungguh – sungguh juga berarti bahwa Anda tetap akan bertahan saat kondisi jenuh melanda serta tetap akan mencar ilmu mencari tahu apabila prospek dari bisnis yang Anda geluti ini memiliki tren yang negatif di pasaran. Jika Anda sudah sungguh – sungguh, seharusnya angin puting-beliung yang datang tidak akan menggoyahkan semangat Anda.

2. Mau Berpikir dan Memiliki Perencanaan

Setelah membulatkan tekad. Anda juga perlu merancang bagaimana tujuan penjualan Anda. Apakah hanya iseng – iseng berjualan atau ingin fokus. Anda juga perlu berpikir ke manakah pasar tempat tujuan Anda, apakah sasaran penjualan Anda untuk jenis kelamin tertentu, untuk perempuan saja, untuk anak sekolahan atau untuk orang kantoran. Anda harus melihat potensi. Misalnya mengenai apa yang sekiranya laku di kalangan anak muda, untuk yang berusia sampaumur atau untuk semua jenis kelamin dan banyak sekali usia. Tetapkan, Anda mau fokus ke sasaran yang seolah-olah apa.

Cara mudahnya Anda melihat pasaran yakni dengan melihat apa yang sedang diharapkan di sekeliling Anda. Misalnya, Anda tinggal di kawasan sedikit pedalaman (bukan kawasan kota dan jauh dari kota), maka tawarkanlah jenis produk yang sekiranya hanya ada di perkotaan atau bahasa lainnya juallah produk yang sulit dicapai calon pembeli, sehingga nantinya mereka akan langsung menentukan Anda sebagai mediator pembelian barang tersebut.

3. Memutuskan Produk Seperti Apa yang Akan Dijual

Setelah Anda sudah tahu siapa sasaran pasar Anda. Hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah mencari produk apa yang sedang digemari oleh sasaran Anda. Misalnya, Anda memilih mahasiswa atau remaja wanita sebagai sasaran pasar. Nah, carilah apa yang sedang diminati kaum ini. Contohnya, penjualan skin care merupakan salah satu yang sedang banyak dibutuhkan para mahasiswa dan juga remaja wanita, mengingat produk Korea semakin diminati. Cobalah untuk memulai jualan produk skin care.

Mungkin agak sedikit sulit kalau pasar Anda hanya satu yakni perempuan dengan usia remaja dan beranjak arif balig cukup kebijaksanaan. Mereka sedang dalam tahap usia yang uangnya pas – pasan sehingga akan sulit nantinya bagi mereka untuk berbelanja secara kontinyu. Oleh akhirnya, pilihlah juga produk yang sekiranya sanggup dipakai dan juga diharapkan oleh berbagai usia.

4. Membuat Website Khusus Jualan

Nah, bab ini termasuk cuilan yang pentingnya. Website ini bisa Anda gunakan sebagai ajang promosi. Biasanya, website ini dipakai untuk memperkenalkan produk apa yang ingin Anda jual. Tapi, dengan berkembanganya teknologi digital, cobalah pergunakan media sosial dalam mempromosikan produk Anda. Berjualan di sosial media mengatakan Anda banyak sekali keuntungan. Yang pertama yaitu, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk sewa lapak atau sekedar membeli domain website (Ingat, website yang domainnya dibayar lebih elok dan terlihat lebih terpercaya bagi calon pembeli dibanding yang memakai domain situs yang gratisan). Yang kedua, Anda bisa pribadi keep in touch kepada para calon pembeli Anda. Anda bisa mempromosikannya secara eksklusif, contohnya lewat memperlihatkan komentar pada postingan orang, pasti sekitar satu dua-an orang akan melirik Anda. Khususnya instagram, jangan private account ya, di awal berjualan hindari kesombongan. Private account itu khusus untuk orang – orang tertentu yang merasa siapapun yang ingin lihat postingannya harus follow terlebih dahulu (biasanya dilakukan oleh akun jualan yang sudah terkenal). Nah, untuk Anda yang masih pemula, jangan coba – coba private account, yang ada nantinya tidak ada satupun yang melihat isi produk yang Anda post di Instagram.

5. Mencari Mentor dan Terus Belajar

Ada masanya ketika kita merasa jenuh. Terutama bagi Anda yang akan berjualan. Nantinya akan muncul satu titik dimana Anda sudah mulai tidak merasa kasar dan ingin berhenti saja. Nah, disinilah tugas mentor untuk senantiasa memperlihatkan semangat serta solusi kalau ternyata bisnis online yang Anda geluti tidak terdapat prospek yang baik. Pilihlah mentor yang sekiranya dapat membuatmu bertahan melalui sarannya dan juga jangan cepat menyerah. Teruslah berguru baik itu dari pengalaman pribadi mu maupun pengalaman pribadi orang lain.

Mentor yang dimaksud juga bisa diartikan sebagai mentor dalam artian bergotong-royong. Misalnya seakan-akan Ipho Santosa atau para pengusaha lainnya yang bahan motivasinya ada di internet atau di buku – buku. Cobalah untuk mencar ilmu dari orang yang berpengalaman. Jangan pelit uang untuk membeli buku ya. Ini penting untuk men-charge ulang niat sungguh – sungguh Anda.

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.Selamat mencoba ya! Jika Anda memiliki pengalaman tentang tips jualan online yang sempurna dan mudah, silakan tinggalkan komentar di kolom bawah ini!

 

Baca artikel menarik lainnya:

3 Menit Cara Memulai Bisnis Online Melalui Marketplace, Simak Ulasannya!

5 Cara Usaha Online Yang Menguntungkan, Simak Di Sini Caranya!

3 Cara Praktis Cari Uang Online Yang Lagi Hits

Tinggalkan komentar